Penggunaan Metode Pembelajaran di Masa Covid-19 Dalam Pembelajaran PAI SMP Dinda Hafidzah

Srihartati Srihartati

Abstract


Pandemi covid-19 memberikan dampak dalam kehidupan di indonesia, salah satu dampaknya ialah dalam aspek pendidikan dan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk :(1) mengetahui apa saja penggunaan metode pembelajaran pada masa covid-19 dalam pembelajaran PAI di SMP Dinda Hafidzah (2)bagaimana penerapan metode pembelajaran pada masa covid-19 dalam pembelajaran PAI di SMP Dinda Hafidzah (3) bagaimana Problematika penggunaan metode pembelajaran pada masa covid-19 dalam pembelajaran PAI di SMP Dinda Hafidzah. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data yaitu: Wawancara, observasi, dokumentasi. Subjek penelitian kelas VII SMP Dinda Hafidzah. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu SMP Dinda Hafidzah menggunakan Metode luring dengan aktivitas layanan luring dengan bersekolah tatap muka dengan kurun waktu yang cukup singkat, Selama masa pandemi ini guru Pendidikan agama Islam sangat terbatas dalam menggunakan metode pembelajaran yang mana di masa sekarang ini guru Pendidikan Agama islam dalam pembelajaran hanya menggunakan tiga metode pembelajaran saja di setiap pembelajaran pendidikan agama islam yang hanya menggunakan metode pembelajaran Ceramah, Metode penugasan dan metode tanya jawab, Penerapan metode yang digunakan guru pendidikan agama Islam di SMP Dinda Hafidzah di masa pandemi covid-19 ini ialah dengan cara mengikuti rancangan pelaksanaan pembelajaran.

Keywords


metode; penggunaan metode pembelajaran, covid-19

Full Text:

PDF

References


Abrianto, D., Setiawan, H. R., & Fuadi, A. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Alquran Hadits Di Mts. Swasta Teladan Gebang Kab. Langkat. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(2), 283-298.

Akrim, A., & Adhani, A. (2021). Interactive Effects Of Stoicism And Religious Coping On Psychological Distress, Fatigue And Intercultural Communication: Muslim Health Workers In Bali. Journal Of Ethnic And Cultural Studies, 8(4), 214-237.

Akrim, A., Nurzannah, N., & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru Sd Muhammadiyah Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Akrim, A., Nurzannah, N., & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru Sd Muhammadiyah Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Akrim, A., Zainal, Z., & Munawir, M. (2016). Developing Model And Textbook Integrated To Spiritual And Social Competence Of Math Subject For Grade Vii In State Junior High School Of Medan. Proceeding Of Icmse, 3(1), M-97.

Akrim, M., & Harfiani, R. (2019). Daily Learning Flow Of Inclusive Education For Early Childhood. Utopia Y Praxis Latinoamericana, 24(6), 132-141.

Amiruddin, A., Qorib, M., & Zailani, Z. (2021). A Study Of The Role Of Islamic Spirituality In Happiness Of Muslim Citizens. Hts Teologiese Studies/Theological Studies, 77(4), 5.

Darwis, A. (2014). Metode penelitian pendidikan Islam, Jakarta :Pt.rajagrafindo persada.

Darwis, D.M. (2017). Belajar dan pembelajaran, Jurnal Kajian Ilmuilmu Keislaman, 3 (2).

Dianto, D. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Di Madarasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 12(1), 34-44.

Djamarah, S.B Dan Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pt Reneka Cipta..

Fanreza, R. (2019, October). The Formation Of Students Akhlakul Karimah And Al-Islam And Muhammadiyah Studies At The Muhammadiyah University Of Sumatera Utara. In 6th International Conference On Community Development (Iccd 2019) (Pp. 455-457). Atlantis Press.

Fanreza, R. (2020, October). The Implementation Of Character Values Through Al-Islam And Kemuhammadiyahan At Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 01 Medan. In International Conference On Community Development (Iccd 2020) (Pp. 272-274). Atlantis Press.

Ginting, N., & Hasanuddin, H. (2020). Implementasi Konsep Pendidikan Islam Terpadu Di Sekolah Islam Terpadu Ulul Ilmi Islamic School Kota Medan. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5(2), 293-304.

Gunawan, G., & Fanrenza, R. (2018, November). Motivation To Educate Lecturers In The Islamic Religion Faculty Of Muhammadiyah University Of Sumatera Utara. In Proceedings International Conference Bksptis 2018.

Hamalik, O. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Pt Bumi Aksara.

Hamdayama, J. (2016). Metodologi pengajaran.Jakarta: bumi aksara.

Hanafiah, N Dan Suhada, C. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Pt Refika Aditama.

Harfiani, R. (2019, October). Preparation Of Learning Implementation Plan Islamic Education For Early Childhood Based On Inclusive Education. In 6th International Conference On Community Development (Iccd 2019) (Vol. 349, Pp. 451-454). Atlantis Press.

Harfiani, R., Mavianti, M., & Tanjung, E. F. (2020, January). Practical Application Of Inclusive Education Programs In Raudhatul Athfal. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 333-339).

Harfiani, R., Setiawan, H. R., Mavianti, M., & Zailani, Z. (2021). Efektivitas Sistem Pembelajaran Daring Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Di Smp Muhammadiyah 47 Sunggal. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(001), 49-72.

Hoimin, A. (2019). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Huberman, A. Michel and B Miles Mathew. (1992). Analisa Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Pelajar.

Irianto, A. Statistik: Konsep Dasar, Aplikasi Dan Pengembangannya. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Irianty. (2013). Model-Model Pembelajaran Inovatif Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Juliani, J., & Pasaribu, M. (2021, February). Learning In The Covid Era And The Changes In Teaching And Learning Methods At Mts Nii Medan. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 638-644).

Mansyur, R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran di Indonesia Education and Learning Journal, 1(2).

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2018). Pembuatan Media Pembelajaran Melalui Seni Decaupage Pada Guru Raudhatul Athfal Kecamatan Medan Area. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Mavianti, M., & Harfiani, R. (2020). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus: Slb Aisyiyah Tembung). Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats