Dampak Tax Avoidance Terhadap Mutu Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Ridha Tri Handayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menganalisa pengaruh tax avoidance terhadap nilai perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Tax avoidance pada penelitian ini diukur dengan menggunakan Effective Tax Rate (ETR) dan Book Tax Difference (BTD), sedangkan nilai perusahaan diukur dengan menggunakan Price Book Value (PBV). Pada pendekatan penelitian ini penulis menggunakan pendekatan asosiatif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh sebab akibat variabel yang akan diteliti dan data yang ditampilkan berupa angka dan dianalisis menggunakan statistik. Sampel pada penelitian ini sebanyak 8 perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Berdasarkan hasil pengujian diketahui bahwa tax avoidance yang diukur dengan ETR dan BTD tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi sebesar 0,087 atau 8,7% dari nilai perusahaan ditentukan oleh peran dari variasi nilai tax avoidance.


Full Text:

PDF

References


Dalle, J., Hayat, A., Karim, A., Tirtayasa, S., Sulasmi, E., & Prasetia, I. (2021). The influence of accounting information system and energy consumption on carbon emission in the textile industry of Indonesia: Mediating role of the supply chain process. International Journal of Energy Economics and Policy, 11(1), 536-543.

Rahmayati, R. (2021). Competition Strategy In The Islamic Banking Industry: An Empirical Review. International Journal Of Business, Economics, And Social Development, 2(2), 65-71.

Trianto, B., Rahmayati, R., Yuliaty, T., & Sabiu, T. T. (2021). Determinant factor of Islamic financial inclusiveness at MSMEs: Evidence from Pekanbaru, Indonesia. Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam, 105-122.

Wahyuni, T., Siregar, P. A., & Bancin, K. (2020). Faktor Makroekonomi dan Mikroekonomi dalam Pembiayaan Bermasalah Bank Syariah di Indonesia. Equilibrium, 8(1), 89-108.

Butar-Butar, A. J. R. (2019). Historiografi Ilmu Falak di Nusantara: Sejarah, Motivasi dan Tokoh Awal. Journal of Contemporary Islam and Muslim Societies, 2(2), 156-173.

Raisal, A. Y., Hidayat, M., Hermawan, L., & Rakhmadi, A. J. (2021). The Effect of the Installation Angle of the Sky Quality Meter on the Night Sky Brightness and the Beginning of the Fajr Prayer Time. Indonesian Review of Physics, 3(2), 35-39.

Hidayat, M., Rakhmadi, A. J., & Raisal, A. Y. (2020). Measuring the Apparent Magnitude of Planet Mars on August 1st and October 2nd, 2018 at the Falak Observatory at Muhammadiyah University of North Sumatera. Indonesian Review of Physics (IRiP), 3(1), 6-10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ridha Tri Handayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats