Penerapan Nilai-Nilai Kemuhammadiyahan Melalui Mata Pelajaran Kemuhammadiyah Di Smp Swasta Muhammadiyah 15 Kutacane

Amelia Putri Absani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi nilai-nilai Kemuhammadiyahan siswa melalui mata pelajaran Kemuhammadiyahan di SMP Swasta Muhammadiyah 15 Kutacane. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi nilai-nilai Kemuhammadiyahan melalui mata pelajaran Kemuhammadiyahan di SMP Swasta Muhammadiyah 15 Kutacane dan apa faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai kemuhammadiyahan melalui mata pelajaran Kemuhammadiyahan di SMP Swasta Muhammadiyah 15 Kutacane. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknis analisi data yang digunakan peneliti adalah analisis deskriptif yaitu analisis data bukan dalam bentuk angka-angka melainkan dalam bentuk kata-kata, kalimat atau paragraf yang dinyatakan dalam bentuk deskriptif dengan menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, uraian singkat dan penarikan kesimpulan. Sumber datanya yaitu kepala sekolah, guru mata pelajaran Kemuhammadiyahan dan siswa SMP Swasta Muhammadiyah 15 Kutacane. Serta teknik pengumpulan datanya adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahawa bahwa Implementasi nilai-nilai Kemuhammadiyahan melalui mata pelajaran Kemuhammadiyahan di SMP Swasta Muhammadiyah 15 Kutacane adalah nilai ibadah, nilai aqidah dan nilai akhlak, pembelajaran menggunakan metode historis dan metode deskriptif . faktor pendukung nya yaitu pendidik/guru, sarana prasarana, organisasi Kemuhammadiyahan dan evaluasi. Faktor penghambat yaitu kurangnya pemahaman siswa, kurangnya fasilitas dan keterbatasan materi.

Kata Kunci: Nilai-nilai Kemuhammadiyahan, Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan

Full Text:

PDF

References


Amiq, M. 2016: Pengaruh Pembelajaran Kemuhammadiyahan Terhadap Religiusitas Aspek Amal Siswa dalam Organisasi Ikatan Pelajar. Yogyakarta: UIN SUNAN KALI JAGA

Anggriani, T. U., & Effendi, S. (2019). PENGGUNAAN MEDIA KOMISI (KOTAK MISTERI AKUNTANSI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA AKUNTANSI. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 2(1), 53-67.

Darma, M. B., Effendi, S., & Juari, A. A. T. (2018). Pengaruh citra merek dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan kosmetik. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(1), 1-8.

Effendi, S. (1982). [The influence of processing conditions on the quality of cocoa bean (Theobroma cacao L.) at Bunisari Estate (in Indonesia)].[Indonesian].

Effendi, S. (1983). The effect of the processing conditions on the quality of cocoa beans. Menara Perkebunan (Indonesia).

Effendi, S. (1988). [Determination of optimal fermentation time of cacao beans base on fermentation index].[Indonesian]. In Seminar Penelitian Pasca Panen Pertanian. Bogor (Indonesia). 1-2 Feb 1988..

Effendi, S. (1989). Determination of optimum duration of cacao bean fermentation based on fermentation index. Menara Perkebunan (Indonesia).

Effendi, S. (1995). Utilization of Cacao Sweatings for Nata Production Using Acetobacter Xylinum. Menara Perkebunan, 63(1), 23-26.

Effendi, S. (2012). Teknologi Pengolahan Pangan dan Pengawetan Pangan. Bandung (ID): Alfabeta.

Effendi, S. (2015). Hubungan tingkat kecerdasan emosional dan intelektual dengan keberhasilan belajar. Jurnal Aksioma Ad-Diniyyah: The Indonesian Journal of Islamic Studies, 1(2).

Effendi, S., & Hardjosuwito, B. (1988). Measurements of cacao bean fermentation by fermentation index and organoleptic test. Menara Perkebunan (Indonesia) v. 56 (3) p. 76-69.

Effendi, S., & Siregar, S. A. (2018). Penerapan Strategi Giving Question And Getting Answer Sebagai Upaya Peningkatkan Hasil Belajar Akuntansi. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 1(2), 125-137.

Effendi, S., Winarno, F. G., Nur, M. A., & Hardjo, S. (1983). Pengaruh kondisi pengolahan trhadap mutu biji cokelat (Theobroma cacao L.) di Perkebunan Bunisari. Menara perkebunan.

Hamonangan, S. D., Marbun, D. S., Siregar, S. A., & Effendi, S. (2020, September). Panel: The Problem of Pandemic Economics and the Solution of Constitutional Macroeconomics. In IF 2020.

Hedar, Nashir. 2006: Meneguhkan Ideologi Gerakan Muhammadiyah. Malang: UMM Press

Hidayat, Syamsul dkk. 2012: Studi Kemuhammadiyahan kajian Historis Ideologi dan Organisasi. Surakarta: LPID UMS

Isna, Mansur. 2001: Diskursus Pendidikan Islam. Yogyakarta: Global Pustaka Utama

Kamus Besar Bahasa Indonesia Hal. 264

Khozin. 2000: Pembaharuan Islam, Konsep, Pemikiran dan Gerakan. Malang: Pengajaran AIK

Lubis, H. Z., Effendi, S., & Fatmawarni, F. (2021, November). Online Accounting Learning Problems Analysis During the Covid-19 Pandemic. In Journal of International Conference Proceedings (JICP) (Vol. 4, No. 2, pp. 447-454).

Lubis, H. Z., Effendi, S., & Fatmawarni, F. (2021, November). Online Accounting Learning Problems Analysis During the Covid-19 Pandemic. In Journal of International Conference Proceedings (JICP) (Vol. 4, No. 2, pp. 447-454).

Marbun, D. S., Effendi, S., Lubis, H. Z., & Pratama, I. (2020). Role of education management to expediate supply chain management: a case of Indonesian Higher Educational Institutions. Int. J Sup. Chain. Mgt Vol, 9(1), 89-96.

Marbun, D. S., Juliandi, A., & Effendi, S. (2020). The Effect of Social Media Culture and Knowledge Transfer on Performance. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal) Vol, 3(3), 2513-2520.

Moleong, L.J, 1992: Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Moleong, L.J, 2005: Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Moleong, L.J, 2011: Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosda karya

Mudyaharjo, Redja. 2002: Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Mulato, S., Amir, E. J., Effendi, S., & Sariyanto, T. (1991). Effect of drying temperature of solar tunnel dryer on drying rate of cocoa bean. Menara Perkebunan (Indonesia).

Pahri, Arief Lukman Hakim. 2013: Pendidikan Kemuhammadiyahan. Surabaya: Majelis Dikdasmen PWM jatim

Rita, dan Leni Nalalia. 2012: Implementasi E-Arsip Pada Kanwil Kementrian Agama Provinsi Bengkulu. Jurnal Media Infotama Volume 8 No 1

Setiawan, Farid. 2015: Geologi dan Modernisasi Sistem Pendidikan Muhammadiyah. Yogyakarta:Semesta Ilmu

Sholeh, Rosyad. 2005: Manajemen dakwah Muhammadiyah Mengimplementasikan Prinsip Manajerial dalam Meraih Kesuksesan dakwa. Yokyakarta: Global Pustaka Utama

Siregar, Hotma. 2016: Penerapan Belajar Mandiri Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Pada Materi Ilmu Hukum Dalam Mata Kuliah PIH dan PHI. Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan. ISBN: 978-602-361-102-7

Sugiyono. 2015: Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitati dan RND). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2017: Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sukmadinanta, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suparlan, 2005: Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikayat Publishing

Tim Pedoman Pendidikan Al-islam dan Kemuhammadiyahan. 2013: Pendidikan Islam dan Kemuhammadiyahan. Yogyakarta: Majelis Pendidikan Tinggi PP Muhammadiyah

Usman, Nurdin. 2002: konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Bandung: CV Sinar Baru

Winarti, W., Febriyana, M., & Rahayu, E. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Audiovisual Dan Nonaudiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Dongeng. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 61-67.

Zamroni. 2014: Pemikiran Muhammadiyah. Yogyakarta: Penerbit Ombak


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats