Efektivitas Model Pembelajaran Aktif Tipe Group To Group Exchange Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Sma Al-Hikmah Medan T.A 2020/2021

Ammi Sentya

Abstract


Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini Apakah model pembelajaran aktif tipe Group To Group Exchangeefektif dalam meningkatkan hasi belajar matematika pada siswa SMA Al-Himah Medan Tahun Ajaran 2020/2021.Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah model pembelajaran aktif tipe Group To Group Exchange efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMA Al-Hikmah Tahun Ajaran 2020/2021.Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang terdiri dari pre-test dan pos-test. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Al-Hikmah yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 60 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil seluruh siswa karena populasinya kurang dari 118 orang.Pada uji normalitas menunjukkan data pre-test kelas kontrol diperoleh L_o (0,142)< L_(tabel ) (0,161) dan kelas eksperimen L_o (0,138)< L_(tabel ) (0,161). Data post-test dari kelas kontrol diperoleh L_o (0,149)< L_(tabel ) (0,161) dan data post-test kelas eksperimen diperoleh L_o (0,124)< L_(tabel ) (0,161). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa data pre-test dan post-test pada kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas untuk data hasil belajar matematikakedua kelas, diperoleh nilai pre-test hasil belajar matematika kelas kontrol dan eksperimen yaitu Fhitung (1,042) < Ftabel (1,86) dan hasil uji homogenitas post-test hasil belajar matematika kelas kontrol dan eksperimen diperoleh Fhitung (1,186) < Ftabel (1,85). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pre-test dan post-test hasil belajar matematika kelas kontrol dan kelas eksperimen homogen. Setelah data telah dipenuhi sehingga dapat dilanjutkan dengan pengujian hipotesis.Pengujian hipotesis uji t untuk post-test hasil yang diperoleh adalah thitung (12,07) > ttabel (2,00) maka dapat dilihat bahwa Ho ditolak artinya tingkat hasil belajar matematika pada kelas eksperimen lebih tinggi dari tingkat hasil belajar matematika pada kelas kontrol sehingga kegiatan pembelajaran menggunakan model Group To Group Exchange lebih efektif dibandingkan kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung pada pokok bahasan Nilai Mutlak pada siswa SMA Al-Hikmah Medan.Berdasarkan pengujian statistik dengan menggunakan uji peningkatan (N Gain), kualitas peningkatan hasil belajar matematika pada siswa kelas kontrol sebesar 0,401 maka keefektifan dalam kategori sedang dan kelas eksperimen sebesar 0,727 maka keefektifan dalam kategori tinggi. Maka lebih tinggi peningkatan hasil belajar matematika pada kelas eksperimen dibandingkan peningkatan hasil belajar matematika dikelas kontrol.

Kata Kunci: Efektivitas, Model Group To Group Exchange , Hasil Belajar Matematika


Full Text:

PDF

References


Ahmad zaky Mubarak.2018. Efektifitas Metode Pembelajaran Tipe Group To Group Exchange Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemupukan Di SMK 4 Jeneponto

Arifin, M. (2017). Pengaruh Kompensasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja (Studi terhadap Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2).

Arifin, M. (2017). Penyalahgunaan Keadaan Sebagai Faktor Pembatas Kebebasan Berkontrak. Jurnal Notarius, 3(2), 61-75.

Arifin, M. (2018). Manajemen Pendidikan Masa Kini. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Arifin, M. (2020). (BUKU) Buku Nilaiku Tergantung Jaringan. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Arifin, M. (2020). (buku) Manajemen Pembelajaran Pendidikan Jarak Jauh untuk Millenial. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Arifin, M. (2020). (HAKI) HKI Manajemen Pendidikan Masa Kini. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Ayuningrum,Syindi,dkk.2015.Efektivitas Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Presentasi Belajar Ppkn Pada Siswa

Deliati, D., & Muharmi, T. (2019). Implementasi Assertive Training untuk Meningkatkan Kecerdasaan Emosional Mahasiswa pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 2(1), 1-13.

Deliati, D., Yusnandar, W., & Muslih, M. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Menggunakan Pipa Paralon Sebagai Tempat Tanaman Hidrofonik Sayur-Mayur Didesa Kotangan Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 66-78.

Dewi Purwati dan Muhammad Hajarul Aswad.2015. Efektifitas metode pembelajaran aktif tipe Group To Group Exchange terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Pesantren Modren Datok Sulaiman Putri Palopo

Dyah Oki Darmayanti.2015. Efektifitas Group To Group Exchange terhadap hasil belajar Matematika ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa kelas X Akutansi SMK Negri 1Bawang, Banjarnegara

Ekayati, R., & Arifin, M. (2018). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BLENDED-LEARNING BERBASIS APLIKASI EDMODO DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP UMSU. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Fadhli, T., & Siregar, I. K. (2020). Solution Focused Brief Counseling Teknik Thought Stoping Untuk Mengatasi Kecamasan Diri Terhadap Isu Virus Corona-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(1), 1-9.

Febriyana, M., Amalia, N., & Deliati, D. (2018). The Management of School Libraries Muhammadiyah.

Hariani, P. P., & Wastuti, S. N. Y. (2020). Pemanfaatan e-learning pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(2), 41-49.

Hasibuan, M. F. (2019). Pemanfaatan ICT sebagai media atau teknologi terhadap pelaku industri rumahan untuk memajukan usahanya melalui layanan bimbingan dan konseling. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(2), 72-77.

Hasibuan, M. F., & Jamila, J. (2021). Modul Bimbingan dan Konseling Untuk Mencegah Stres Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 4(1), 21-26.

Hasibuan, M. F., & Jamila, J. (2021). Modul Bimbingan dan Konseling Untuk Mencegah Stres Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 4(1), 21-26.

Helen Rahayu,dkk.2018. Pengaruh Model Pembelajaran Group To Group Berbantuan Kembar Kerja Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi

Impati, G., & Jamila, J. (2018). Pengaruh Strategi Everyone Is A Teacher Here terhadap Motivasi Belajar Siswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(1), 12-16.

Isjoni.2012.Cooperatif Learning.Efektifitas Pembelajaran Kelompok

Istirani & Intan Pulungan. 2018. Ensiklopedia Pendidikan Jilid I

Istirani.2011.58 Model Pembelajaran Inovatif

Jamila, J. (2019). Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbasis Kolaboratif (Studi Pada Pengawas Smp Dinas Pendidikan Kota Medan). Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 1(1).

Journal, Hanan Sundari. Model Model Pembelajaran Dan Pemofolehan Bahasa Kedua/Asing

Journal.Ismail Hanif Batubara.Putri Maysarah Ammy.Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa.2018.Vol:1.No2

Lubis, H. Z., & Jamila, J. (2018). INOVASI PEMBELAJARAN AKUNTANSI MELALUI MODEL ADDIE PADA UNIVERSITAS SWASTA DI KOTA MEDAN. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Manurung, I. D., & Tussadiah, H. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS PADA REMAJA USIA PRODUKTIF DI KECAMATAN BERINGIN KABUPATEN DELI SERDANG. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Manurung, I. D., Hasibuan, S. H., & Yusriati, Y. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) bagi Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 36-42.

Minarni, S., & Nur, Z. (2018). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Siswa yang Klepto. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(1), 17-21.

Priyambodo,Sudi.2016.Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Metode Pembelajaran Personalized System Of Intruction

Priyambodo,Sudi.2016.Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Metode Pembelajaran Personalized System Of Intruction

Putri, S. R. (2018). PENGARUH PENERIMAAN OLEH TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP DAN SMA MUHAMMADIYAH SE-KOTA BINJAI. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(3), 105-111

Putri, S. R., & Siregar, I. K. (2019). Motivational Achievement Relationship and Procrastination Academic. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(3), 105-108.

Putri, S. R., & Siregar, I. K. (2019). Motivational Achievement Relationship and Procrastination Academic. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(3), 105-108.

Putri, S. R., Mushlihuddin, R., Siregar, I. K., & Irvan, I. (2020). PKM Pelatihan Siaga Bencana Angkatan Muda Muhammadiyah di Kota Binjai. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 35-38.

Rohmawati,Afiatul.2016.Efektifitas pembelajan Skripsi, Penerapan Metode Belajar Aktif Tipe GGE Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika siswa Kelas VIII Tsanawiyah Negeri Dalu dalu

Rostinadan Hoding.2017. Pengaruh Strategi Group To Group Exchange berbasis Eksperimen terhadap hasil belajar fisika

Sari, A. W., Deliati, D., & Tussadiah, H. (2020). Vocab Bagi Ibu Warga Pkk Di Kecamatan Binjai Utara. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 59-65.

Siregar, A., & Manurung, I. D. (2021). Aplikasi M-Learning Pada Dongle Melalui Nilai-Nilai Islam. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 13(1), 40-53.

Siregar, E. Y., & Manurung, I. D. (2020). The Effect Of Using Authentic Material As Media On The Students Achievement In Listening. English Teaching and Linguistics Journal, 1(1), 5-15.

Siregar, I. K. (2018). Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(3), 97-104.

Siregar, I. K. (2018). Kecerdasan Emosional Dan Hasil Belajar Siswa. Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Wastuti, S. N. Y. (2018). Efikasi Diri terhadap Kinerja Karyawan PDAM Tirtanadi Unit Instalasi Pengolahan Air Sunggal. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(2), 35-42.

Wastuti, S. N. Y., & Haryati, F. (2019). PENGARUH SELF-EFFICACY DAN COPING TERHADAP PERILAKU ASSERTIF MAHASISWA. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(1), 54-60.

Yunita Vita dan Eko Wahjudi.2019. Penerapan model pembelajaran Group To Group Exchangeuntuk meningkatkan hasil belajar siswa X Akutansi dasar di SMK Negeri 4 Surabaya

Yusnandar, W., Deliati, D., & Jufrizen, J. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Keterampilan Wirausahan olahan Tahun Didesa Kotangan Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 39-51.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats