Efektivitas Model Pembelajaran Aktif Tipe Group To Group Exchange Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Sma Al-Hikmah Medan T.A 2020/2021
Abstract
Kata Kunci: Efektivitas, Model Group To Group Exchange , Hasil Belajar Matematika
Full Text:
PDFReferences
Ahmad zaky Mubarak.2018. Efektifitas Metode Pembelajaran Tipe Group To Group Exchange Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemupukan Di SMK 4 Jeneponto
Arifin, M. (2017). Pengaruh Kompensasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja (Studi terhadap Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2).
Arifin, M. (2017). Penyalahgunaan Keadaan Sebagai Faktor Pembatas Kebebasan Berkontrak. Jurnal Notarius, 3(2), 61-75.
Arifin, M. (2018). Manajemen Pendidikan Masa Kini. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).
Arifin, M. (2020). (BUKU) Buku Nilaiku Tergantung Jaringan. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.
Arifin, M. (2020). (buku) Manajemen Pembelajaran Pendidikan Jarak Jauh untuk Millenial. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.
Arifin, M. (2020). (HAKI) HKI Manajemen Pendidikan Masa Kini. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.
Ayuningrum,Syindi,dkk.2015.Efektivitas Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Presentasi Belajar Ppkn Pada Siswa
Deliati, D., & Muharmi, T. (2019). Implementasi Assertive Training untuk Meningkatkan Kecerdasaan Emosional Mahasiswa pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 2(1), 1-13.
Deliati, D., Yusnandar, W., & Muslih, M. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Menggunakan Pipa Paralon Sebagai Tempat Tanaman Hidrofonik Sayur-Mayur Didesa Kotangan Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 66-78.
Dewi Purwati dan Muhammad Hajarul Aswad.2015. Efektifitas metode pembelajaran aktif tipe Group To Group Exchange terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Pesantren Modren Datok Sulaiman Putri Palopo
Dyah Oki Darmayanti.2015. Efektifitas Group To Group Exchange terhadap hasil belajar Matematika ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa kelas X Akutansi SMK Negri 1Bawang, Banjarnegara
Ekayati, R., & Arifin, M. (2018). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BLENDED-LEARNING BERBASIS APLIKASI EDMODO DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP UMSU. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Fadhli, T., & Siregar, I. K. (2020). Solution Focused Brief Counseling Teknik Thought Stoping Untuk Mengatasi Kecamasan Diri Terhadap Isu Virus Corona-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(1), 1-9.
Febriyana, M., Amalia, N., & Deliati, D. (2018). The Management of School Libraries Muhammadiyah.
Hariani, P. P., & Wastuti, S. N. Y. (2020). Pemanfaatan e-learning pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(2), 41-49.
Hasibuan, M. F. (2019). Pemanfaatan ICT sebagai media atau teknologi terhadap pelaku industri rumahan untuk memajukan usahanya melalui layanan bimbingan dan konseling. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(2), 72-77.
Hasibuan, M. F., & Jamila, J. (2021). Modul Bimbingan dan Konseling Untuk Mencegah Stres Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 4(1), 21-26.
Hasibuan, M. F., & Jamila, J. (2021). Modul Bimbingan dan Konseling Untuk Mencegah Stres Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 4(1), 21-26.
Helen Rahayu,dkk.2018. Pengaruh Model Pembelajaran Group To Group Berbantuan Kembar Kerja Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi
Impati, G., & Jamila, J. (2018). Pengaruh Strategi Everyone Is A Teacher Here terhadap Motivasi Belajar Siswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(1), 12-16.
Isjoni.2012.Cooperatif Learning.Efektifitas Pembelajaran Kelompok
Istirani & Intan Pulungan. 2018. Ensiklopedia Pendidikan Jilid I
Istirani.2011.58 Model Pembelajaran Inovatif
Jamila, J. (2019). Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbasis Kolaboratif (Studi Pada Pengawas Smp Dinas Pendidikan Kota Medan). Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 1(1).
Journal, Hanan Sundari. Model Model Pembelajaran Dan Pemofolehan Bahasa Kedua/Asing
Journal.Ismail Hanif Batubara.Putri Maysarah Ammy.Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa.2018.Vol:1.No2
Lubis, H. Z., & Jamila, J. (2018). INOVASI PEMBELAJARAN AKUNTANSI MELALUI MODEL ADDIE PADA UNIVERSITAS SWASTA DI KOTA MEDAN. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Manurung, I. D., & Tussadiah, H. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS PADA REMAJA USIA PRODUKTIF DI KECAMATAN BERINGIN KABUPATEN DELI SERDANG. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).
Manurung, I. D., Hasibuan, S. H., & Yusriati, Y. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) bagi Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 36-42.
Minarni, S., & Nur, Z. (2018). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Siswa yang Klepto. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(1), 17-21.
Priyambodo,Sudi.2016.Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Metode Pembelajaran Personalized System Of Intruction
Priyambodo,Sudi.2016.Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Metode Pembelajaran Personalized System Of Intruction
Putri, S. R. (2018). PENGARUH PENERIMAAN OLEH TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP DAN SMA MUHAMMADIYAH SE-KOTA BINJAI. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(3), 105-111
Putri, S. R., & Siregar, I. K. (2019). Motivational Achievement Relationship and Procrastination Academic. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(3), 105-108.
Putri, S. R., & Siregar, I. K. (2019). Motivational Achievement Relationship and Procrastination Academic. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(3), 105-108.
Putri, S. R., Mushlihuddin, R., Siregar, I. K., & Irvan, I. (2020). PKM Pelatihan Siaga Bencana Angkatan Muda Muhammadiyah di Kota Binjai. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 35-38.
Rohmawati,Afiatul.2016.Efektifitas pembelajan Skripsi, Penerapan Metode Belajar Aktif Tipe GGE Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika siswa Kelas VIII Tsanawiyah Negeri Dalu dalu
Rostinadan Hoding.2017. Pengaruh Strategi Group To Group Exchange berbasis Eksperimen terhadap hasil belajar fisika
Sari, A. W., Deliati, D., & Tussadiah, H. (2020). Vocab Bagi Ibu Warga Pkk Di Kecamatan Binjai Utara. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 59-65.
Siregar, A., & Manurung, I. D. (2021). Aplikasi M-Learning Pada Dongle Melalui Nilai-Nilai Islam. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 13(1), 40-53.
Siregar, E. Y., & Manurung, I. D. (2020). The Effect Of Using Authentic Material As Media On The Students Achievement In Listening. English Teaching and Linguistics Journal, 1(1), 5-15.
Siregar, I. K. (2018). Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(3), 97-104.
Siregar, I. K. (2018). Kecerdasan Emosional Dan Hasil Belajar Siswa. Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Wastuti, S. N. Y. (2018). Efikasi Diri terhadap Kinerja Karyawan PDAM Tirtanadi Unit Instalasi Pengolahan Air Sunggal. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(2), 35-42.
Wastuti, S. N. Y., & Haryati, F. (2019). PENGARUH SELF-EFFICACY DAN COPING TERHADAP PERILAKU ASSERTIF MAHASISWA. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(1), 54-60.
Yunita Vita dan Eko Wahjudi.2019. Penerapan model pembelajaran Group To Group Exchangeuntuk meningkatkan hasil belajar siswa X Akutansi dasar di SMK Negeri 4 Surabaya
Yusnandar, W., Deliati, D., & Jufrizen, J. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Keterampilan Wirausahan olahan Tahun Didesa Kotangan Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 39-51.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats