Pengaruh Video Youtube Terhadap Aktivitas Belajar Online Peserta Didik Pada Tema Indahnya Kebersamaan Di Kelas IV SD Negeri 101751 T.P 2020/2021

Vita Juniarti Rahayu

Abstract


Hasil belajar merupakan tujuan akhir dalam suatu pembelajaran yang erat kaitannya dengan pelaksanaan proses pembelajaran. Hasil observasi di kelas IVA dan IVB SD Negeri 101751 Klambir lima kebun, diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, perlu adanya suatu kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar online pada peserta didik. Salah satunya dengan menggunakan Media Video youtube. Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih kurangnya perhatian orangtua dan rendahnya kemampuan dalam belajar peserta didik terhadap masalah pendidikan, tidak adanya tanggung jawab peserta didik dalam menyelesaikan tugas dan tidak perduli terhadap tugas online yang diberikan oleh guru. Secara menunjukkan bahwa variabel video youtube (X1) mempengaruhi secara positif dan signifikan. Artinya video youtube tersebut memiliki pengaruh secara langsung terhadap aktivitas belajar online (Y1) pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Video youtube dalam meningkatkan aktivitas belajar online pada peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Aprilia, Eka. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berupa Kotak Pop-Up Pada Materi Bangun Ruang Untuk Anak Autisme [Skripsi]. Lampung: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Ayuningrum, fiskha. 2012. Pengembangan Media Video Pembelajaran Untuk Siswa Kelas X Pada Kompetensi Mengolah Soup Kontinental Di SMK N 2 Godean [Skripsi]. Jogyakarta : Fakultas Teknik Boga Busana.

Baskoro, Adi (2018). Panduan Prakatis Searching Di Internet. Jakarta: Trans Media.

Darmawan, D. (2014). Pembelajaran E-Learning Teori Dan Desain. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Depdiknas, 2003. Undang undang RI No.20 tahun 2003. Tentang sistem pendidikan nasional.

Fuchs, C. (2014). Sosial Media A Critical Introduction. Los Angeles: Sage Publication.

Amelia, C., & Pratiwi, I. (2020). PKM Pojok Baca Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Di UPT Sekolah Dasar. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 146-151.

Aprilia, Eka. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berupa Kotak Pop-Up Pada Materi Bangun Ruang Untuk Anak Autisme [Skripsi]. Lampung: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Ayuningrum, fiskha. 2012. Pengembangan Media Video Pembelajaran Untuk Siswa Kelas X Pada Kompetensi Mengolah Soup Kontinental Di SMK N 2 Godean [Skripsi]. Jogyakarta : Fakultas Teknik Boga Busana.

Baskoro, Adi (2018). Panduan Prakatis Searching Di Internet. Jakarta: Trans Media.

Darmawan, D. (2014). Pembelajaran E-Learning Teori Dan Desain. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Depdiknas, 2003. Undang undang RI No.20 tahun 2003. Tentang sistem pendidikan nasional.

Fuchs, C. (2014). Sosial Media A Critical Introduction. Los Angeles: Sage Publication.

Huwaidah, Isnaini, Anisa. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Youtube Terhadap Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya (Sbdp) Di Sdn Nologaten Ponogoro T.A 2018/2019. Ponogoro: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponogoro. Universitas Iain.

Istirani. Dkk. 2019. Ensiklopedi Pendidikan. Medan: Media Persada.

Nasution, I. S., Batubara, I. H., & Sriwahyuni, S. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Software Geogebra Bagi Guru SMP Muhammadiyah Kota Medan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 47-51.

Nasution, I. S., & NurAfifah, N. A. (2021). Peningkatan Kualitas Pengajaran Melalui Software Cabri 3D. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1-6.

Nasution, I. S., & Siregar, E. F. S. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Aplikasi Ujian Dalam Jaringan Berbasis Web bagi Guru SMP Muhammadiyah di Kota Medan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 87-94.

Pratiwi, I., Amelia, C., & Pasaribu, O. L. (2020). PKPM Wisata Baca Pada TK Aisyiah Medan. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 170-178.

Pratiwi, I., Amelia, C., & Pasaribu, O. L. (2020). PKPM Wisata Baca Pada TK Aisyiah Medan. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 170-178.

Pratiwi, I. (2019). The Effect Of Applying Collaborative Strategy Reading (Csr) To The Students Reading Comprehension Assisted By Pop Up Book Story (Doctoral dissertation).

PRATIWI, I. (2018). Process and Circumstances in The Katy Perrys Songs Lyrics.

PRATIWI, I. PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA KARYAWAN PADA PT PLN (PERSERO) UNIT INDUK WILAYAH SUMATERA UTARA.

PRATIWI, R. STUDENTSERROR IN PRONOUNCING THE WORDS CONTAINING SILENT LETTERS.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats