Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Aplikasi Berbasis Wa Group Terhadap Motivasi Belajar Siswa Smk Di Kecamatan Percut Sei Tuan

Syafitri Anjani Siregar

Abstract


Judul penelitian ini adalah pengaruh pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi berbasis WA group terhadap motivasi belajar siswa SMK di Kecamatan Percut Sei Tuan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi berbasis WA group terhadap motivasi belajar siswa SMK. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah Apakah ada pengaruh pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi berbasis WA Group terhadap motivasi belajar pada siswa SMK di Kecamatan Percut Sei Tuan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMK kelas XI yang berjumlah 33 orang. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan penyebaran angket. Uji yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji validitas, uji reabilitas dan uji hipotesis (uji regresi linier sederhana dan uji-t). Berdasarkan hasil penelitian data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi berbasis WA group terhadap motivasi belajar siswa SMK di kecamatan Percut Sei Tuan.


References


Anggriani, T. U., & Effendi, S. (2019). PENGGUNAAN MEDIA KOMISI (KOTAK MISTERI AKUNTANSI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA AKUNTANSI. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 2(1), 53-67.

Artha, D. J., Sitompul, D. N., & Hariani, P. P. (2020). Pelatihan Usaha Quilling Paper Bagi Guru Dalam Rangka Meningkatkan Sumber Daya Manusia Unggul Dan Kreatif. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 15-20.

Aunurrahman.2013.belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta

A.Muri Yusuf.2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia group.

Citra, s. (2018). 5 alasan kenapa orang Indonesia,mungkin juga seluruh Dunia jatuh cinta pada WhatsAppdi banding media chat lainnya.

Dewirsyah, A. R., & Hariani, P. P. (2018). PENGARUH METODE PENYELESAIAN MASALAH (Problem Solving) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN DI FKIP UMSU. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Effendi, S., & Siregar, S. A. (2018). Penerapan Strategi Giving Question And Getting Answer Sebagai Upaya Peningkatkan Hasil Belajar Akuntansi. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 1(2), 125-137.

Hariani, P. P., & Sihotang, I. M. (2021). Excel Mempermudah Penyusunan Laporan Keuangan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 50-57.

Hariani, P. P., Wiranda, A., & Sihotang, I. M. (2021). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Media Pembelajaran Ular Tangga Terhadap Minat Belajar. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 4(1), 38-49.

Hariani, P. P., & Sihotang, I. M. (2021). Excel Mempermudah Penyusunan Laporan Keuangan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 50-57.

HANI, S., MARIATI, M., & HARAHAP, R. U. (2018). MODEL LAPORAN KEUANGAN SYARIAH BAGI UKM. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).Mariati, M. (2021). Penerapan Alat Evaluasi Pembelajaran Bertingkat Berdasarkan Taksonomi Bloom Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Mahasiswa Pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Akuntansi FKIP UMSU. Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen.

Sari, S. P. (2020). PENGGUNAAN METODE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD. EJoES (Educational Journal of Elementary School), 1(1), 26-33.

Sepudin zuhri.(2014).ini sejarah WhatsApp.didirikan 2 orang Jebolan Yahoo.

Setyosari, punaji.2010. metode penelitian dan pendidikan dan pengembangan. Jakarta:kencana.

Sihotang, I. M., & Fatmawarni, F. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Model Tutorial Program Macro Media Flash Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyusun Laporan Keuangan Pada Siswa Smk Bm Di Kota Medan. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Sihotang, I. M., & Lestari, L. (2018). Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Pada PTPN III Kebun Sei Silau Kabupaten Asahan. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 1(1), 57-64.

Sugiyono.(2016).metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D.Bandung:PT.Alfabet.

Sugionno. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta. Metode penelitian kuantitaf,kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats