Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatan Rasa Empati Peserta Didik Kelas X Sma Swasta Eria Medan T.A 2019/2020

Sriayu Diah Fitaloka

Abstract


Berbicara tentang rasa empati tidak akan lepas dari rasa peduli terhadap sesama dan orang lain, karena rasa empati merupakan rasa kepedulian terhadap orang lain, rasa ikut merasakan apa yang dirasakan dan dialami oleh orang lain, baik suka, duka, senang dan susah yang ditunjukkan atau diperlihatkan dengan bahasa verbal maupun non verbal seseorang. Sebagai upaya dalam peningkatan rasa empati siswa, dalam penelitian kali ini akan digunakan salah satu layanan bimbingan dan konseling yaitu layanan bimbingan kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti bekerjasama dengan guru BK disekolah, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 SMA Swasta Eria Medan yang berjumlah 8 orang yang memiliki empati rendah. Pengumpulan data ini dalah observasi, wawancara, google form dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan terjadi peningkatan rasa empati siswa kelas X IPS 1 dari siklus 1 ke siklus 2.


Full Text:

PDF

References


Artha, D. J. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penguasaan Keterampilan Korespondesi Pada Mahasiswa Matakuliah English For Secretary Program Studi Bahasa Inggris Umsu. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 4(1).

Artha, D. J. (2021). A Study of Syntactic Functions of More in English. English Teaching and Linguistics Journal, 2(2), 198-203.

Artha, D. J., Sitompul, D. N., & Hariani, P. P. (2020). Pelatihan Usaha Quilling Paper Bagi Guru Dalam Rangka Meningkatkan Sumber Daya Manusia Unggul Dan Kreatif. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 15-20.

Budiningsih, C. Asri. 2004. Pembelajaran Moral. Jakarta. Rineka Cipta. Goleman, Daniel. 2003. Emotional Intelligence (Terjemahan T Hermaya).

Dewi, R. S., Harisma, R., & Siregar, A. (2017). IbM PELATIHAN GURU-GURU PAUD MELALUI BUKU FLANEL DALAM BAHASA INGGRIS. KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA, 8(10).

Ferbriyana, M., Artha, D. J., & Sitompul, D. N. (2020). Pelatihan Penyusunan Individualized Education Program (IEP) untuk Peningkatan Profesionalisme Guru-Guru Sekolah Sahabat Al Quran Binjai. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 179-186.

Ginting, P., Hasnah, Y., & Hasibuan, S. H. (2021). Pkm Pelatihan Tindakan Kelas (Ptk) Berbasis Student Centered Learning (Scl) Bagi Guru Smp Di Kecamatan Medan Deli. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 58-72.

Hariani, P. P., & Siregar, A. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran PBL Untuk Mengembangkan Karakter Belajar Melalui Jurnal Ilmiah. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(1), 14-25.

Iskandar. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial ( Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Press.

Lubis, H. Z., Syahputri, D., Adelia, N. D., & Maherza, W. (2019, October). Tingkatkan Kesadaran Siswa Melalui Budaya Menabung Sejak Dini di Desa Sidourip Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 194-199).

Luddin, Abu Bakar M. 2012. Konseling Individual dan Kelompok. Bandung: Citapusaka Media Perintis.

Manurung, I. D., Hasibuan, S. H., & Yusriati, Y. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) bagi Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 36-42.

Manurung, Y. H., & Artha, D. J. (2018). PENERAPAN ECLICTIC METHOD UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBICARA MAHASISWA SEMESTER II PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Moleong, L,J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nasution, I. S., Batubara, I. H., & Sriwahyuni, S. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Software Geogebra Bagi Guru SMP Muhammadiyah Kota Medan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 47-51.

Prayitno dan Amti. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta

Prayitno. 2004. Seri Layanan Konseling L1-L9. Padang: Universitas Negeri Padang.

Priyoto. 2015. Komunikasi dan Sikap Empati Dalam Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rasimin dan Hamdi. 2018. Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.

Saragih, M. (2021). Desain Model Pembelajaran 4Cs (Creativity, Critical Thinking, Collaboration, Communication) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Mahasiswa. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 7(2).

Saragih, M., & Arika, A. (2020). Critical Discourse Analysis on the Politicians' Social Media Posts. English Teaching and Linguistics Journal, 1(1), 1-4.

Saragih, M., & Dewi, R. S. (2018). Efektifitas Musyawarah Guru Mata Pelajaran Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Bahasa Inggris Di Kota Binjai. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Saragih, M., & Nasution, H. S. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dan Penilaian Berbasis Hots. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 40-47.

Saragih, M., & Novimariono, N. (2020). An Experimental Study of The Effectiveness PEOW MODEL Through Applying Quartet Card in Teaching English Writing. Indonesian Journal of Education, Social Sciences and Research (IJESSR), 1(1), 32-40.

Siregar, A., & Manurung, I. D. (2021). Aplikasi M-Learning Pada Dongle Melalui Nilai-Nilai Islam. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 13(1), 40-53.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syahputri, D. (2020). The Ellipsis on the Main Character's Utterances in the Trolls Movie. English Teaching and Linguistics Journal, 1(2), 60-67.

Syahputri, D., & Masita, S. (2018). Ananalysis Of The Students Error In Writing Descriptive Text. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 4(1).

Taufik. 2017. Empati Pendekatan Psikologi Sosial. Depok: Rajagrafindo Persada.

Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Pendidikan Dasar FKIP UMSU. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 5(1).

Wahyuni, S. (2021). External and Internal Conjunction in The Health News of The Jakarta Post (Doctoral dissertation, UMSU).

Wahyuni, S., & Batubara, I. H. (2021). Efektivitas Penerapan Literasi Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 2(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats