Efek Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (Air) Berbasis Media Video Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Smp Tahun Pelajaran 2020/2021

Suri Anggraini

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar matematika sebelum digunakan model pembelajaran AIR (Auditory Intellectualy Repetition) pada siswa Kelas VIII SMP Swasta Budi Agung.Adapun masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah Siswa masih mengalami kesulitan dalam belajarmatematika. Penggunaan metode pembelajaran yang monoton sehingga siswa menjadi pasif. Kurangnya bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru kepada siswa. Kurangnya minat siswa dalam pelajaranmatematika. Guru tidak menggunakan model pembelajaran yang bervariatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Swasta Budi Agung Medan yang beralamatkan di Jl.Platina Raya No.7, Rengas Pulau, Kec Medan Marelan, Kota Medan, Sumatera Utara 20255. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran auditory intellectualy repetition (AIR) menggunakan media video yang berjumlah 25 siswa, dan VIII-3 Sebagai kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran dengan metode Konvensional yang berjumlah 25 siswa. Berdasarkan data distribusi tes model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dapat disimpulakan bahwa dari responden menyatakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dengan menggunakan media video berada pada skala 35-41 yaitu 59,52% dikategorikan setuju, berarti berdasarkan data tes model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) setuju diterapkan. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh harga thitung = 15,043 dan ttabel = 1,677, karena thitung > ttabel maka terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR)terhadap minat belajar siswa.


Full Text:

PDF PDF

References


Agung Rahmadhan, Tien Aminatun. 2019 Efektivitas Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Dipandu Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa.http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/12208

Ainley, M., Hidi, S., & Berndorff, D. (2002). Interest, Learning, and thePsychological Processes that Mediate their Relationship. Journal of Educational Psychology, 93(3), 545561. https://doi.org/10.1037//0022-0663.94.3.545

Amri, Z., & Harahap, T. H. (2017). Pelabelan Graceful dan Pelabelan Rho Topi Pada Graf 8-Bintang dengan C3 untuk n Genap. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2).

Annisa, N., Akrim, A., & Manurung, A. A. (2020). Development Of Teacher's Professional Competency In Realizing Quality Of Human Resources In The Basic School. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(2), 91-95.

Aris, shoimin. 2014. 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media

Daskalovska, N., Koleva, L., & Ivanovska, B. (2012). Learner Motivation and Interest. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 11871191. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.05.272

Halamon, T. (2019). PENERAPAN MODEL SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY (SAVI) UNTUK MENINGKATKANN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 57 MODERN TP 2017/2018. Jurnal Dimensi Matematika, 2(02), 118-124.

Halomoan Harahap, T. (2017). Penerapan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC, 1(2), 152-161.

Halomoan, T., & Panggabean, S. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Classwide Peer Tutoring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. In Prosiding SiManTap: Seminar Nasional Matematika Dan Terapan (pp. 95-98).

Harahap, T. H. (2013). PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII-2 SMP NURHASANAH MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Harahap, T. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(1), 31-39.

Harahap, T. H.(2015). Penerapan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Dan Representasi Matematika Siswa Kelas VII-2 SMP NURHASANAH MEDAN TA 2012/2013. Jurnal EduTech, 1(1).

Harahap, T. H., & Khairunnisa, K. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Muhammadiyah 1 Medan TP 2018/2019. JURNAL PDS UNP, 1(1), 271-278.

Harahap, T. H., & Manurung, A. A. (2019). The Influence of Three Stage Fishbowl Decision Learning Method On Mathematical Learning Ability.

Maisyarah, M., Afriyanti, D., & Manurung, A. A. (2021). PENERAPAN MODEL PACE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NURUL ASANAH. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 2(1).

Makmur, A., & Aspia, A. (2015). Efektifitas Penggunaan Metode Base Method dalam Meningkatkan Kreatifitas dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 10 Padangsidempuan. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(01).

Manurung, A. A. (2012). Media Pembelajaran Berbasis Tergologi Informatika.

Manurung, A. A. (2020). Design and Simulation of Indonesian Language Application Exam with Mobile-based End User Development Method. Al'adzkiya International of Computer Science and Information Technology (AIoCSIT) Journal, 1(1).

Manurung, A. A., & Gulo, F. F. (2021). Application of Problem Based Learning Model on Pythagorean Theorem Material to Improve Student Learning Outcomes for Class VIII SMP Negeri 2 Mandrehe. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 2(2).

Manurung, A. A., & Laoli, D. (2021). The Effect Of Problem Based Learning Model On Learning Motivation And Understanding Of Mathematical Concept Students Of SMP Negeri 2 Tuhemberua. Al'Adzkiya International of Education and Sosial (AIoES) Journal, 2(2), 170-196.

Manurung, A. A., & Rohmah, M. (2021). THE EFFECT OF USE OF POWER POINT LEARNING MEDIA ON STUDENT LEARNING MOTIVATION AT SMK BINA ISLAM MANDIRI KERSANA. Al'adzkiya International of Education and Sosial (AIoES) Journal, 2(1), 54-57.

Manurung, A. A., Nasution, M. D., & Nisah, K. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MELALUI STRATEGI BELAJAR SMALL GROUP WORK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Numeracy, 8(2), 83-89.

Manurung, S. H. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keefektifan Belajar Matematika Siswa Mts Negeri Rantau Prapat Pelajaran 2013/2014Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keefektifan Belajar Matematika Siswa Mts Negeri Rantau Prapat Pelajaran 2013/2014. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(01), 42695.

Manurung, S. H., & Aspia, A. (2016). Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri RantauPrapat TP 2014/2015. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1).

Manurung, S. H., & Aspia, A. (2016). Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri RantauPrapat TP 2014/2015. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1).

Nuryani, R. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press.

Panggabean, S., & Halomoan, T. (2018). Pengaruh media e-learning berbasis youtube terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah analisis real prodi pendidikan matematika FKIP UMSU. In Prosiding SiManTap: Seminar Nasional Matematika Dan Terapan (pp. 25-30).

Panggabean, S., & Harahap, T. H. (2020). STUDI PENERAPAN MEDIA KUIS INTERAKTIF QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 78-83.

Rizkiardi, reza M., & Subali, B. (2018). Dampak Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) terhadap Minat Belajar, 12(1), 17. http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala/article/view/870/0

Simamora, A., & Manurung, A. A. (2021). Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Lingkaran Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Di Kelas VIII SMp Negeri 1 Galang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 2(2).

Wirani, N., & Manurung, A. A. (2020). The importance of using a web-based learning model to prevent the spread of covid 19. Al'adzkiya International of Education and Sosial (AIoES) Journal, 1(1), 16-24.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats