Analisis tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas minuman kopi arabika di Otten coffee
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumenterhadap kualitas minuman kopi arabika serta untuk mengetahui pengaruh kualitasminuman kopi arabika terhadap kepuasan konsumen.Metode penentuan sampel ini dilakukan dengan metode accidental sampling yaitu teknik penentuan sampel yang cara memperoleh data untuk sampel tersebut dengan cara insidental atau secara kebetulan ditemui di lokasi penelitian, dengan jumlah responden sebanyak 30 orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder.Analisis data yang digunakanadalah Customer Satisfaction Index (CSI) dan analisis regresi linier sederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat kepuasan konsumen Otten Coffee terhadap kualitas minuman kopi arabika yang di analisis dengan menggunakan metode CSI diperoleh nilai 0,7441 atau 74,41%. Berdasarkan kriteria nilai Customer Satisfaction Index (CSI) nilai ini berada pada rentang nilai 0,66-0,80 atau 66-80% yaitu dalam kategori puas. Sehingga dapat di simpulkan bahwa secara umum tingkat kepuasan konsumen Otten Coffee dikatakan memuaskan. Hasil statistik uji t untuk kualitas produk minuman kopi didapatkan nilai t hitung yaitu sebesar 4,877 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yaitu lebih kecil dari 0,005 (0,000 < 0,05) maka keputusannya tolak H0 dan terima H1. Artinya secara parsial kualitas produk minuman kopi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.
Full Text:
PDFReferences
BUKU
Haryanto, B. 2012. Prospek Tinggi
Bertanam Kopi. Yogyakarta:
Pustaka Baru Press.
Imam Nurmawan, Jakarta : Erlangga
Irawan, Hadi. 2003. 10 Prinsip
Kepuasan Konsumen. Jakarta: PT
Elex MediaKomputindo
Jakarta. Penebar Swadaya.
Kotler, Philip dan Gary, Armstrong.
Prinsip-prinsip Pemasaran.
Alih Bahasa
Kotler, Philip dan Keller, Kevin. 2007.
Manajemen Pemasaran, Jilid 1.
Jakarta.Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani, A.
Manajemen Pemasaran
Jasa. Salemba
Najiyati dan Danarti.2004. Kopi
Budidaya dan Penanganan Lepas
Panen, Edisi Revisi.
Panggabean, Edy. 2009. Buku Pintar
Kopi. Agromedia: Jakarta
Rahardjo, Pudji. 2012. Kopi Panduan
Budidaya dan Pengolahan Kopi
Arabika dan Robusta. Penebar
Swadaya: Jakarta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian
Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Alfabeta: Bandung.
JURNAL
Ardilla, D., Taufik, M., Tarigan, D. M.,
Thamrin, M., Razali, M., & Siregar,
H. S. (2018). Analisis lemak babi
pada produk pangan olahan
menggunakan spektroskopi UV
vis. Agrintech: Jurnal Teknologi
Pangan dan Hasil Pertanian, 1(2).
Siregar, M. S., Masyura, M. D., & Ardilla,
D. (2018). Penambahan
Komonomer Divinyl Benzena
untuk Meningkatkan Derajat
Pencangkokan Anhidrida Maleat
pada Karet Alam Siklis. Kumpulan
Penelitian dan Pengabdian
Dosen, 1(1).
Taufik, M., Ardilla, D., Tarigan, D. M.,
Thamrin, M., Razali, M., &
Afritario, M. I. (2018). Studi Awal:
Analisis Sifat Fisika Lemak Babi
Hasil Ekstraksi Pada Produk
Pangan Olahan. Agrintech: Jurnal
Teknologi Pangan dan Hasil
Pertanian, 1(2).
Thamrin, M., & Ardilla, D. (2016).
Analysis Of Production Efficiency
Factor Rice Rainfed Through Ptt
Approach. AGRIUM: Jurnal Ilmu
Pertanian, 20(2).V
Thamrin, M., & Ardilla, D. (2016).
Analysis Of Production Efficiency
Factor Rice Rainfed Through Ptt
Approach. AGRIUM: Jurnal Ilmu
Pertanian, 20(2)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Universitas Muhammadiyah Sumatera UtaraKampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats