Analisis tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas minuman kopi arabika di Otten coffee

Ahmad Maulana Malik Ibrahim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumenterhadap kualitas minuman kopi arabika serta untuk mengetahui pengaruh kualitasminuman kopi arabika terhadap kepuasan konsumen.Metode penentuan sampel ini dilakukan dengan metode accidental sampling yaitu teknik penentuan sampel yang cara memperoleh data untuk sampel tersebut dengan cara insidental atau secara kebetulan ditemui di lokasi penelitian, dengan jumlah responden sebanyak 30 orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder.Analisis data yang digunakanadalah Customer Satisfaction Index (CSI) dan analisis regresi linier sederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat kepuasan konsumen Otten Coffee terhadap kualitas minuman kopi arabika yang di analisis dengan menggunakan metode CSI diperoleh nilai 0,7441 atau 74,41%. Berdasarkan kriteria nilai Customer Satisfaction Index (CSI) nilai ini berada pada rentang nilai 0,66-0,80 atau 66-80% yaitu dalam kategori puas. Sehingga dapat di simpulkan bahwa secara umum tingkat kepuasan konsumen Otten Coffee dikatakan memuaskan. Hasil statistik uji t untuk kualitas produk minuman kopi didapatkan nilai t hitung yaitu sebesar 4,877 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yaitu lebih kecil dari 0,005 (0,000 < 0,05) maka keputusannya tolak H0 dan terima H1. Artinya secara parsial kualitas produk minuman kopi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.


Full Text:

PDF

References


BUKU

Haryanto, B. 2012. Prospek Tinggi

Bertanam Kopi. Yogyakarta:

Pustaka Baru Press.

Imam Nurmawan, Jakarta : Erlangga

Irawan, Hadi. 2003. 10 Prinsip

Kepuasan Konsumen. Jakarta: PT

Elex MediaKomputindo

Jakarta. Penebar Swadaya.

Kotler, Philip dan Gary, Armstrong.

Prinsip-prinsip Pemasaran.

Alih Bahasa

Kotler, Philip dan Keller, Kevin. 2007.

Manajemen Pemasaran, Jilid 1.

Jakarta.Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani, A.

Manajemen Pemasaran

Jasa. Salemba

Najiyati dan Danarti.2004. Kopi

Budidaya dan Penanganan Lepas

Panen, Edisi Revisi.

Panggabean, Edy. 2009. Buku Pintar

Kopi. Agromedia: Jakarta

Rahardjo, Pudji. 2012. Kopi Panduan

Budidaya dan Pengolahan Kopi

Arabika dan Robusta. Penebar

Swadaya: Jakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Alfabeta: Bandung.

JURNAL

Ardilla, D., Taufik, M., Tarigan, D. M.,

Thamrin, M., Razali, M., & Siregar,

H. S. (2018). Analisis lemak babi

pada produk pangan olahan

menggunakan spektroskopi UV

vis. Agrintech: Jurnal Teknologi

Pangan dan Hasil Pertanian, 1(2).

Siregar, M. S., Masyura, M. D., & Ardilla,

D. (2018). Penambahan

Komonomer Divinyl Benzena

untuk Meningkatkan Derajat

Pencangkokan Anhidrida Maleat

pada Karet Alam Siklis. Kumpulan

Penelitian dan Pengabdian

Dosen, 1(1).

Taufik, M., Ardilla, D., Tarigan, D. M.,

Thamrin, M., Razali, M., &

Afritario, M. I. (2018). Studi Awal:

Analisis Sifat Fisika Lemak Babi

Hasil Ekstraksi Pada Produk

Pangan Olahan. Agrintech: Jurnal

Teknologi Pangan dan Hasil

Pertanian, 1(2).

Thamrin, M., & Ardilla, D. (2016).

Analysis Of Production Efficiency

Factor Rice Rainfed Through Ptt

Approach. AGRIUM: Jurnal Ilmu

Pertanian, 20(2).V

Thamrin, M., & Ardilla, D. (2016).

Analysis Of Production Efficiency

Factor Rice Rainfed Through Ptt

Approach. AGRIUM: Jurnal Ilmu

Pertanian, 20(2)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats