ANALISIS EFISIENSI ADVERTENSI PADI (Oryza sativa L.) (STUDI KASUS: DESA MEUNASAH TUNON LUENG KECAMATAN JEUNIB KABUPATEN BIREUN)

Abu Rizal Ali

Abstract


Padi (Oryza sativa L.) merupakan salah satu tanaman pangan pokok yang telah lama dikenal orang. Sektor pertanian, khususnya pertanian pangan (komoditas padi), adalah sektor yang sangat strategis dan potensial untuk dijadikan sebagai sektor andalan (leading sector) dalam pembangunan ekonomi Indonesia di masa yang akan datang. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Meunasah Tunong Kecamatan Jeunib Kabupaten Bireun.Penelitian bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran padi, margin pemasaran dan efisiensi pemaasaran pada masing-masing saluran pemasaran. Metode pengambilan sampel dilakukan dengana Simple Random SamplingPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran padi, margin pemasaran dan efisiensi pemaasaran pada masing-masing pola saluran pemasaran. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling. Data dianalisis secara deskriptif Hasil penelitian terdapat dua pola saluran pemasaran yaitu saluran I Petani Pedagang Pengumpul Kilang Distributor Konsumen. Pola saluran pemasaran II Petani Kilang Distributor Konsumen. Total margin pada saluran I sebesar 5.150/kg. Total margin pada saluran II sebesar 5.100/kg. Efisiensi pemasaran pada saluran I sebesar 8,4%, pada saluran pemasaran II sebesar 7,2%.


Full Text:

PDF

References


JURNAL

Bismala, L., Andriany, D., & Siregar, G. (2019, October). Model Pendampingan Inkubator Bisnis Terhadap Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kota Medan. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 38-44).

Bismala, L., & Siregar, G. (2020, February). Development Model Of Halal Destination: A Literature Review. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, pp. 624-632).

Harahap, M., Siregar, G., & Riza, F. V. (2021). Mapping The Potential Of Village Agricultural Social Economic Improvement Efforts In Lubuk Kertang Village Kecamatan Berandan Barat Kabupaten Langkat. JASc (Journal of Agribusiness Sciences), 4(1), 8-14.

Putra, Y. A., Siregar, G., & Utami, S. (2019, October). Peningkatan Pendapatan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Pekarangan Dengan Tekhnik Budidaya Hidroponik. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 122-127).

Siregar, G., Andriany, D., & Bismala, L. (2019, October). Program Inkubasi Bagi Tenant Inwall Di Pusat Kewirausahaan, Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 45-51).

Soekartawi. 2011. Ilmu Usaha Tani. Universitas Indonesia: Jakarta.

Sudiyono. 2012. Pemasaran Pertanian. Universitas Muhammdiyah malang. Malang: UMM Press.

Ubaedillah Ahmad, Analisis Pemasaran Benih Padi Sawah (Oryza sativa L.) Varietas Ciherang (Studi Kasus di Desa Sindangasih Kecamatan

WEBSITE

A, Faikal. 2015. Analisis Margin Dan Efisiensi Pemasaran Day Old Duck (Dod) Pada Beberapa lembaga Pemasaran Di Kabupaten Sidrap.

Arbi Muhammad, Analisis Saluran dan Tingkat Efisiensi Pemasaran Beras Semi Organik di Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin

Pusdatin. 2015. Outlook Komoditas Pertanian Sub Sektor Tanaman Pangan Padi. Pusat data dan Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian. Jakarta. Banjarsari Kabupaten Ciamis)

Yusuf, A. 2010. Teknologi Budidaya padi sawah mendukung SI-PTT.BPTP. Sumatera Utara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats