Strategi Eskalasi Produk Terhadap Sayur Segar Hidroponik PT. Hidrotani Sejahtera (Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang)

Abdoni Sitorus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi pengembangan produk sayur segar hidroponik PT. Hidrotani Sejahtera pada bulan maret 2020 sampai bulan september 2020. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif untuk mengetahui strategi alternative pengembangan produk sayur segar hidroponik dengan analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, and Threats) untuk melihat lingkungan internal yaitu kekuatan dan kelemahan serta lingkungan eksternal yaitu peluang dan ancaman. Kemudian dirumuskan formulasi strategi pengembangan produk sauur segar hidroponik serta dilakukan analisis QSPM ( Quantitative Strategic Planning Matrix) untuk menentukan strategi prioritas yang menjadi masukan bagi PT.Hidrotani Sejahtera untuk diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan strategi alternative PT. Hidrotani Sejahtera S-O menambah variasi jenis dan bentuk sayur segar siap saji bebas pestisida. Strategi W-O memperbaiki akses dan membentuk pasar baru di media online, strategi S-T meningkatkan produktifitas dan kualitas produk yang dihasilkan, strategi W-T melakukan pemasaran secara langsung kekonsumen. Strategi yang menjadi prioritas untuk diterapkan adalah strategi S-O menambah variasi jenis dan bentuk sayur segar siap saji bebas pestisida.


Full Text:

PDF

References


BUKU

David Fred R. 2009. Manajemen Strategis. Dono Sunardi, penerjemah. Jakarta (ID): Salemba Empat. Terjemahan dari: Strategic Management

Rosidah,. I S, 2014. Pemanfaatan Lahan Dengan Menggunakan Sistem Hidroponik. Jurnal. Universitas Tulungagung BONOROWO Vol 1. No 2 Tahun 2014.

Umar, Husein. 2008. Strategic Management in Action. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Zulkarnain. 2014. Dasar-Dasar Hortikultura. PT. Bumi Akasara. Jakarta.

JURNAL

Sulasmi, E., Sibuea, M. B., Eriska, P., & AirLangga, E. (2020). COVID 19 & KAMPUS MERDEKA Di Era New Normal. Kumpulan Buku Dosen.

Siregar, G., Sibuea, M. B., & Novita, D. (2018). Model Pengembangan Komoditas Dan Jenis Usaha Unggulan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm). Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Sibuea, M. B. (2020). [Hasil Turnitin] 31. 19% The Effect of Social Economic Factors on Ability to Save of Farmers. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Sibuea, M. B., Lestari, A. A., Ahmad, F. F., & Nasution, N. (2021). Supply Chain Analysis Of Copra (Empirical Study in North Sumatra and Aceh). JASc (Journal of Agribusiness Sciences), 4(2), 53-57.

Sibuea, M. B. (2020). [Hasil Turnitin] 14. 25% Strategi Peningkatan Pendapatan Petani Kelapa Sawit di Kecamatan Leuser Kab Aceh Tenggara. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Prawestri, A. D., Silviani, W. D., & Astuti, Y. (2022, July). The Role of Financial Knowledge and Behaviour to Sustain Future Business Resilience. In Annual International Conference on Islamic Economics and Business (AICIEB) (Vol. 2, No. 1, pp. 212-223).

Purnama, N. I., Siswadi, Y., & Mujiatun, S. (2021). Model Perilaku Brand Switching Konsumen Dalam Pembelian Produk Otomotif di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 22(2), 151-163.

Julita, J., Arianty, N., & Rambe, M. F. (2021). Entrepeneur Independence Model in Improving Entrepeneur's Performance in Lubuk Pakam District. International Journal of Business Economics (IJBE), 2(2), 133-142.

Arianty, N., & Purba, A. D. (2023). Store Atmosphere, Diskon Harga dan Impulse Buying: Peran Mediasi Positive Emotion dalam Konteks Pengalaman Belanja. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 24(2), 159-169.

Rialdy, N., Sari, M., & Pohan, M. (2022). Model Pengukuran Motivasi dan Minat Karir Mahasiswa Akuntansi Sebagai Konsultan Pajak: Studi pada Perguruan Swasta di Kota Medan. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 6(2), 1519-1528.

Siregar, Q. R., & Harahap, D. D. (2021). Influence Current Ratio, Debt to Equity Ratio and Total Asset Turnover on Return on Equity in the Transportation Sector Industry. International Journal of Business Economics (IJBE), 2(2), 99-112.

Fahmi, M., Gultom, D. K., Siregar, Q. R., & Daulay, R. (2022). Citra Destinasi dan Pengalaman Destinasi Terhadap Loyalitas: Peran Mediasi Kepuasan Wisatawan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 23(1), 58-71.

Daulay, R., Hafni, R., & Nasution, S. M. A. (2022). Antaseden Kepuasan dan Loyalitas Penumpang Maskapai Penerbangan Low Cost Carrier di Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 23(2), 177-193.

Farisi, S., Siswadi, Y., & Gunawan, A. (2022). Peran Mediasi Kelelahan Emosional: Kepemimpinan, Self Efficacy dan Konflik Peran Terhadap Kepuasan Kerja. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 23(1), 23-37.

Siswadi, Y., Jufrizen, J., Saripuddin, J., Farisi, S., & Sari, M. (2023). Organizational Culture and Organizational Citizenship Behavior: The Mediating Role of Learning Organizations and Organizational Commitment. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 16(1), 73-82.

Wahyuni, S. F., Hafiz, M. S., & Pradesyah, R. (2023). The Effect of Contribution, Role, and Capital on MSMEs Business Development in Islamic Banks with Human Resources Quality as A Moderation Variable. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 6(1), 222-231.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats