Analisis Rantai Pasok (Supply Chain) Komoditi Pala di De- sa Blang Teungoh Kecamatan Meukek

Juliansa .

Abstract


Tanaman pala (Myristica Fragrans Houtt) merupakan salah satu tanaman asli Indonesia sangat potensial sebagai komoditas perdagangan di dalam dan di luar negeri (ekspor) berasal dari pulau banda, yang dapat diolah menjadi bahan makanan, obat-obatan, par- fum, kosmetik, dan lain-lain. Dalam proses pemasaran komoditi pertanian terdapat berbagai macam persoalan yang dihadapi di samping karekteristik produk pertanian yang mudah rusak sehingga tidak dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama apabila har- ga komoditi tidak sesuai, persoalan lainnya adalah banyaknya saluran pemasaran yang harus dilalui oleh komoditi pertanian sehingga menyebabkan terjadinya pertambahan biaya dalam proses pemasaran, sehingga margin pemasarannya sangat tinggi. Permasa- lahan yang timbul dari panjangnya rantai pasok atau supply chain pala ini mengakibatkan kecilnya persentase harga yang diterima oleh petani dibandingkan harga yang harus dibayarkan oleh konsumen atau pihak eksportir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana rantai pasok komoditi pala dan menganalisis kinerja rantai pasok pala di daerah penelitian. Lokasi Penelitian ini dilakukan di Desa Blang Teungoh Kecamatan Meukek kabupaten Aceh Selatan. Pemilihan lokasi ini dilakukan dengan cara sengaja karena merupakan salah satu daerah yang memproduksi pala di kabupaten Aceh Selatan. Pengumpulan data penelitian ini diperoleh dari kuisioner dan wawancara dengan data primer dan data skunder. Metode analisis data yang digunakan yaitu menggunakan metode Lean Thinking. Metode penentuan sampel untuk petani menggunakan metode sensus, yaitu mengambil keseluruahan populasi sebagai sampel penelitian dan untuk proses pemasaran lebih lanjutnya sampel pedagang perantara han- ya terdiri 1 pedagang yaitu pedagang pengumpul. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 3 aliran rantai pasok yaitu aliran produk, aliran finansial dan aliran informasi yang dilakukan oleh pelaku rantai pasok , dimana pelaku rantai pasok terdiri dari petani, pengumpul, ek- sportir dan konsumen. Dari hasil perhitungan kinerja dan efisiensi rantai pasok komoditi pala sudah tergolong efisien. Dimana persentase yang diperoleh berada diantara 0 33% yaitu sebesar 18,55%.


Full Text:

PDF

References


Alridiwirsah. (2010). RESPON PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI SEMANGKA TERHADAP PUPUK KANDANG DAN MULSA CANGKANG TELUR. AGRIUM:

Jurnal Ilmu Pertanian, 6170.

Andini Hanif, R. S. (2018). ANALISIS SENYAWA ANTIFUNGAL BAKTERI ENDOFIT

ASAL TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.). Agrintech: Jurnal Teknologi Pangan Dan Hasil Pertanian, 1(1).

Asritanarni Munar, Imam Hartono Bangun, E. L. (2018). Pertumbuhan Sawi Pakchoi (Brassica rapa L.) Pada Pemberian Pupuk Bokashi Kulit Buah Kakao Dan Poc Kulit Pisang Kepok. AGRIUM: Jurnal Ilmu Pertanian, 21(3), 243253.

Budi Suarti, Sukarno, Ardiansyah, S. B. (2021). Bio-active compounds, their antioxidant activities, and the physicochemical and pasting properties of both pigmented and non-pigmented fermented de-husked rice flour. AIMS Agriculture and Food, 6(1), 4964.

Efrida Lubis, Rini Susanti, N. N. (2020). Sosialisasi Teknologi Pengendalian Lalat Buah Bactrocera Sp Yang Ramah Lingkungan Di Desa Kubu Colia Kecamatan Dolat Rakyat. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 2125. Hadriman Khair, M.Syufrin Pasaribu, E. S. (2015). RESPON PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.) TERHADAP PEMBERIAN PUPUK KANDANG AYAM DAN PUPUK ORGANIK CAIR PLUS. AGRIUM: Jurnal Ilmu

Pertanian, 18(1).

Ira Apriyanti. (2019). Analysis of Oil Palm Production Efficiency in PTPN IV Gardens North Sumatra. JASc (Journal of Agribusiness Sciences), 4551.

Juita Rahmadani Manik, Muhammad Alqamari, A. H. (2018). Usaha Pemanfaatan Lahan Pekarangan Budidaya Tanaman Sayuran Secara Vertikultur Pada Kelompok Ibu- Ibu Aisyiyah. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).

Juita Rahmadani Manik. (2019). The transformation of agricultural counseling to themanagement of innovation in order to strengthen food security in the Kabupaten Dairi. JASc (Journal of Agribusiness Sciences), 3(1), 4144.

Kabeakan, N. T. M. B. (2019). Deskripsi Karakteristik Konsumen dan Pengaruh Faktor Internal Terhadap Keputusan Pembelian Beras Merah di Kota Medan. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 227234.

Khairunisa Rangkuti, Mailina Harahap, W. R. (2018). The Role of Agriculture Instructor in Farmer Group Development Coffee Plant (Caffea) (Case Studies: in Jongok Raya Village Bandar Subdistrict Bener Meriah Regency). JASc (Journal of Agribusiness Sciences), 1(2), 128134.

Khairunnisa Rangkuti, Desi Ardilla, L. N. G. (2020). APLIKASI ZERO WASTE MELALUI PEMBUATAN MINYAK ATSIRI DARI LIMBAH KULIT JERUK PERAS. Martabe:

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 317324.

Lila Bismala, Dewi Andriany, G. S. (2019). Model Pendampingan Inkubator Bisnis Terhadap Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kota Medan. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 3844.

M Said Siregar, Masyura M D, D. A. (2018). PENAMBAHAN KOMONOMER DIVINYL BENZENA UNTUK MENINGKATKAN DERAJAT PENCANGKOKAN ANHIDRIDA

MALEAT PADA KARET ALAM SIKLIS. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Masyhura MD Masyhura MD, Mhd Iqbal Nusa, D. P. (2018). Aplikasi Ekstrak Kulit Buah Naga Merah (Hylocereus polyrhizus) Pada Pembuatan Susu Kedelai (Hylocereus polyrhizus). Agrintech: Jurnal Teknologi Pangan Dan Hasil Pertanian, 2(1).

MISRIL FUADI, H. J. (2018). PEMANFAATAN BUAH NANGKA MUDA SEBAGAI BAHAN

ALTERNATIF PEMBUATAN DENDENG. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen, 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats