Pengembangan Usaha Budidaya Ikan Kerapu (Epinephelus sp.) Pada Keramba Jaring Apung di Desa Pulau Kampai Kecamatan Pangkalan Susu Kabupaten Langkat

Ika Nurjannah Harahap

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal pada usaha budidaya ikan kerapu serta untuk mengetahui strategi pengembangan budi- daya ikan kerapu di desa Pulau Kampai Kecamatan Pangkalan Susu Kabupaten Langkat. Metode pengambilan data yang digunakan adalah dengan metode wawancara dan metode distribusi kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan metode analisis deskriptif dan analisis SWOT. Dari hasil matriks IFAS dan matriks EFAS yang diperoleh dari nilai total skor pembobotan adalah untuk internal yaitu 0,741 yang merupakan selisih dari kekuatan (skor 1,798) dan kelemahan (skor 1,057). Untuk eksteral yaitu 0,742 yang merupakan selisih dari peluang (skor 1,776) dan ancaman (skor 1,024). Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha budidaya ikan kerapu ini berada di Kuadran I (strategi Agresif) yaitu pada strategi SO (Strengths-Opportunities) dengan koordinat (0,741:0,742). Strategi ini memaksimalkan dan memanfaatkan kekuatan dan peluang dengan baik untuk meminimalisir kelemahan dan ancaman. Strategi SO tersebut antara lain : (1) Memanfaatkan lahan yang tersedia di pesisir desa Pulau Kampai untuk mem- budidayakan ikan kerapu, (2) Memanfaatkan kepercayaan yang diberikan oleh pelang- gan dengan menjadikan pelanggan tetap, (3) Memanfaatkan ketersediaan pakan alami berupa ikan yang ada di laut yang tidak jauh dari lokasi keramba, (4) Memanfaatkan permintaan ikan kerapu yang tinggi serta harga yang mahal dari ikan kerapu untuk ikut membuka usaha budidaya ikan kerapu melalui kemitraan dengan PT. SBM.


Full Text:

PDF

References


Alqamari, M., Kabeakan, N. T. M. B., & Yusuf, M. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN PUPUK ORGANIK DARI LIMBAH BAGLOG UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN PADA KELOMPOK TANI JAMUR TIRAM DI KELURAHAN MEDAN DENAI KECAMATAN MEDAN DENAI. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(1), 73-81.

Alqamari, M., Kabeakan, N. T. M. B., & Yusuf, M. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN PUPUK ORGANIK DARI LIMBAH BAGLOG UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN PADA KELOMPOK TANI JAMUR TIRAM DI KELURAHAN MEDAN DENAI KECAMATAN MEDAN DENAI. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(1), 73-81.

Alridiwirsah, A., Panjaitan, S. B., & Putra, I. (2018). Pengaruh Pemberian Bio Urin Sapi dan Pangkasan Batang Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Ratun Padi (Oryza Sativa L.) di Atap Beton Rumah. AGRIUM: Jurnal Ilmu Pertanian, 21(2), 136-146.

Anissa, A., Anggraini, A., Putri, S. M., & Putra, Y. A. (2019). Analysis Of Business Feasibility Of Bio Solid Rubber (Bsr) As A Content Of Rubber Vibration. JASc (Journal of Agribusiness Sciences), 2(2), 47-52.

Ardilla, D., Taufik, M., Tarigan, D. M., Thamrin, M., Razali, M., & Siregar, H. S. (2018). Analisis lemak babi pada produk pangan olahan menggunakan spektroskopi UV vis. Agrintech: Jurnal Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian, 1(2).

Barus, W. A. (2020). [Turnitin] Pertumbuhan dan Hasil Kedelai dengan Aplikasi Limbah Tofu dan Mikoriza Arbuskular pada Tanah Masam. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Candra, R., Meganningrum, P., Prayudha, M., & Susanti, R. (2019). Inovasi baru buah nanas sebagai alternatif pengganti feromon kimiawi untuk perangkap hama penggerek batang (oryctes rhinoceros l.) Pada tanaman kelapa sawit di areal Tanah gambut. AGRIUM: Jurnal Ilmu Pertanian, 22(2), 81-85.

Effendi, dan Tukiran. 2012. Studi Kelayakan Proyek. Jakarta (ID) : PT Pustaka Binaman Pressindo.

Efrida, R., & Fitria, F. (2019, October). Pelatihan Pembuatan Asinan Buah Rambutan di Desa Petangguhan. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 274-278).

Einstiana, A. 2006. Studi Keragaman Fenotipik dan Pendugaan Jarak Genetik Antar Domba Lokal di Indonesia. Skripsi Sarjana Peternakan. Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Ensminger, M. E. 2002. Sheep and Goat Science. 6th Edition. Interstate Publisher, Inc.

All Rights Reserve. USA. Hal 98-125.

Fuadi, M. (2018). Cara Pengawetan Ikan Mas (Cyprinus carpio L) Dengan Menggunakan Fermentasi Limbah Kubis (Brassica oleracea). Agrintech: Jurnal Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian, 1(1).

Habib, A., & Siregar, M. (2021). Local Layer Duck Livestock Business Development Strategy In The Desa Pematang Johar Deli Serdang. JASc (Journal of Agribusiness Sciences), 4(1), 21-28.

Hanif, A., & Susanti, R. (2018). ANALISIS SENYAWA ANTIFUNGAL BAKTERI ENDOFIT

ASAL TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.). Agrintech: Jurnal Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian, 1(1).

Harahap, M., Siregar, G., & Riza, F. V. (2021). Mapping The Potential Of Village Agricultural Social Economic Improvement Efforts In Lubuk Kertang Village Kecamatan Berandan Barat Kabupaten Langkat. JASc (Journal of Agribusiness Sciences), 4(1), 8-14.

Ibrahim, Y. H. 2009. Studi Kelayakan Bisnis, Edisi Revisi, Penerbit PT. Rineka Cipata, Jakarta.

Julia, H. (2017). SIGNIFIKANSI SKENARIO PEMBANGUNAN CHECK DAM DALAM MENAHAN LAJU SEDIMENTASI DI WADUK SEMPOR. AGRIUM: Jurnal Ilmu

Pertanian, 21(1), 78-88.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats