Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Ikan Guppy (Poecilia reticulata) (Studi Kasus: Jalan Mentawai Kecamata Medan Kota)

Rendra Setiawan

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk 1) Menganalisis karakteristik konsumen dalam pembelian ikan guppy. 2.) Menganalisis perilaku konsumen dalam pembelian ikan guppy. Lokasi penelitian diambil secara purposive yaitu dengan sengaja di Jalan Mentawai Kecamatan Medan Kota.Teknik sampling yang digunakan dalam skripsi iniyaituaccidentalsampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 30 orang. Untuk rumusan masalah yang pertama dan kedua menggunakan metode Analisis Deskriptif. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: 1). Karakteristikkonsumen digolongkan menjadi beberapa karakterisitik antara lain: usia, jumlah anggota keluarga, tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan. konsumen ikan hias guppy didominasi oleh laki-laki, Pada penelitian ini rata-rata usia konsumen ikan hias guppy berada pada usia 25 tahun, umumnya jenjang pendidikan formal yang ditempuh oleh konsumen ikan hias guppy berada pada jenjang SMA, rata-rata pendapatan responden perbulannya adalah sebesar Rp.3.000.000.Factor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan pembelian ikan hias guppy digolongkan menjadi 2 yaitu: factor pribadi dan factor pisikologi. Nilai skor rata-rata dari masing-masing factor adalah sebagai berikut: ffakto pribadi 4.13 dan factor pisikologi sebesar 3,37 dari nilai diatas dapat disimpulkan bahwa ke 4 faktor tersebut berda pada kreteria setuju terhadap perilaku konsumen.

Kata Kunci: Perilaku Konsumen Ikan Guppy


Full Text:

PDF

References


Adiguna, Wira. 2011. Perilaku Komunikasi Pemasaran Pembelian Ikan Hias.

Skripsi Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat.

Institusi Pertanian Bogor 4. Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran. Terjemahan Damos Sihombing. Ed. 8 . Jakarta : Erlangga.

Alqamari, M., Kabeakan, N. T. M. B., & Yusuf, M. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN PUPUK ORGANIK DARI LIMBAH BAGLOG UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN PADA KELOMPOK TANI JAMUR TIRAM DI KELURAHAN MEDAN DENAI KECAMATAN MEDAN DENAI. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(1), 73-81.

Apriyanti, I., Siregar, G., & Dalimunthe, M. A. (2018). FINANCIAL FEASIBILITY OF RICE RED RICE FARMING Oryza nivara (CASE STUDY: VILLAGE OF SARAN PADANG, DOLOK SILAU SUBDISTRICT, SIMALUNGUN REGENCY). JASc (Journal of Agribusiness Sciences), 1(1).

Ditjen PEN.2013. Peluang Ekspor Ikan Hias. Warta Ekspor. Indonesia.

Habib, A., & Siregar, M. (2021). Local Layer Duck Livestock Business Development Strategy In The Desa Pematang Johar Deli Serdang. JASc (Journal of Agribusiness Sciences), 4(1), 21-28.

Harahap, M., Siregar, G., & Riza, F. V. (2021). Mapping The Potential Of Village Agricultural Social Economic Improvement Efforts In Lubuk Kertang Village Kecamatan Berandan Barat Kabupaten Langkat. JASc (Journal of Agribusiness Sciences), 4(1), 8-14.

Kabeakan, N. T. M. B., & Putra, Y. A. (2019). The Influence Of Reference Group And Lifestyle On Consumer Attitudes And Decisions To Buy Red Rice In Medan City. JASc (Journal of Agribusiness Sciences), 3(1), 24-31.

Kusrini, Eni. 2010. Budidaya Ikan Hias Sebagai Pendukung Pembangunan

Nasional Perikanan Di Indonesia. Media Akuakultur. 5 (2).

Manik, J. R., Alqamari, M., & Hanif, A. (2018). Usaha Pemanfaatan Lahan Pekarangan Budidaya Tanaman Sayuran Secara Vertikultur Pada Kelompok Ibu-Ibu Aisyiyah. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).

MEDAN, V. S. B. S., & SALSABILA, S. S. PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS E-MODUL MENGGUNAKAN KVISOFT FLIPBOOK MAKER PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS.

Putra, Y. A., Siregar, G., & Utami, S. (2019, October). Peningkatan Pendapatan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Pekarangan Dengan Tekhnik Budidaya Hidroponik. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 122-127).

Siregar, A. F. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Petani Menanam Bawang Merah di Desa Cinta Dame Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir.

Siregar, R. S., Siregar, A. F., Manik, J. R., & Lubis, R. F. (2017). Factors Affecting Demand Requests Of Beef Cuts In The Market Sibuhuan. AGRIUM: Jurnal Ilmu Pertanian, 20(3).

Siregar, S., & Supriana, T. (2018). Socio-Economic Characteristics That Affect The Income Of Corn Farmers In Simalungun District. JASc (Journal of Agribusiness Sciences), 1(2), 82-89.

Siregar, S., Andriansyah, Y., & Rangkuti, K. (2021). The Perception Of Red Chili Farmers On The Implementation Of Pt. Inalum's Csr (Coorporate Social Responbility) Program In The Village Of Lubuk Cuik Distric Of Lima Puluh, Batu Bara Regency. JASc (Journal of Agribusiness Sciences), 4(2), 43-52.

Suryani, Tatik. 2008. Perilaku Konsumen, implikasi pada strategi Pemasaran.

Graha Ilmu,Yogyakarta 6. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.CV.

Tanjung, A. F. (2020). Strategy For Increasing Income Of Rice Farmers In Labuhan Batu District. JASc (Journal of Agribusiness Sciences), 3(2), 59-68.

Thamrin, M., & Mardhiyah, A. (2017). IbM Padi Hazton Dalam meningkatkan produksi padi sawah. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats