Analisis perilaku konsumen sayur mayur Pada pasar modern di kecamatan Medan sunggal

Danny Syahputra

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1). Untuk menganalisis karakteristikkonsumen yang membeli sayuran di pasar modern di daerah penelitian. 2)Untuk mendeskripsikan perilaku konsumen sayuran di daerah penelitian.Hasil dari penelitian ini: Umunya yang menjadi konsumen sayur mayurdi pasar modren atau supermarket adalah perempuan dengan total responden sebanyak 73 orang (81,11%), sedangkan untuk rentang usia berada pada rentang 31-46 tahun yaitu sebanyak 45 orang (50%), jenjang pendidikan yang ditempuh oleh konsumen sayur mayur berada pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) yaitu sebanyak 62 orang (68,89%). Tingkat pendapatan konsumen sayur mayur di pasara modren berada pada tingkat pendapatan Rp.>5.100.000 yaitu sebanyak 53 orang (58,89%). Jenis pekerjaan yang digeluti oleh konsumen sayur mayur pada umumnya adalah ibu rumah tangga yaitu sebanyak 56 orang (62,22%). Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan pembelian sayur mayur di pasar modern meliputi : Harga, Kualitas, Pelayanan, Lokasi, Promosi dan kemasan. Skor penilain dari masing-masik variable adalahharga (4,09), kualitas (4,00), promosi (4,06), pelayanan (4,08) lokasi (4,11) dan kemasan (3,98).


Full Text:

PDF

References


Buku

Direktorat Jenderal Hortikultura. 2013. Pedoman Umum Program Peningkatan Produksi, Produktifitas dan Mutu Produk Hortikultura Berkelanjutan Tahun 2013. Jakarta.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. 2013. Analisis Struktur-Perilaku-

Sutisna. 2011. Perilaku Konsumen dan Kombinasi Pemasaran. PT. Remaja

Sulistyowati, D.Y. 1999. Kajian Persaingan Pasar Tradisional dan Pasar Swalayan Berdasarkan Pengamatan Perilaku Berbelanja di Kotamadya Bandung. Tugas Akhir Jurusan Teknik Planologi Institut Teknologi Bandung.

Rosdakarya. Bandung.Kinerja Pemasaran Sayuran Bernilai Ekonomi Tinggi.

Wirartha, I Made. 2006. Penelitian Sosial Ekonomi. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Jurnal

Anissa, A., Anggraini, A., Putri, S. M., & Putra, Y. A. (2019). Analysis Of Business Feasibility Of Bio Solid Rubber (Bsr) As A Content Of Rubber Vibration. JASc (Journal of Agribusiness Sciences), 2(2), 47-52.

Kabeakan, N. T. M. B., & Putra, Y. A. (2019). The Influence Of Reference Group And Lifestyle On Consumer Attitudes And Decisions To Buy Red Rice In Medan City. JASc (Journal of Agribusiness Sciences), 3(1), 24-31.

Putra, Y. A., Siregar, G., & Utami, S. (2019, October). Peningkatan Pendapatan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Pekarangan Dengan Tekhnik Budidaya Hidroponik. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 122-127).

Putra, Y. A. (2018). Analysis of affecting factors which influence the purchase of organic vegetables in Medan city. JASc (Journal of Agribusiness Sciences), 1(1).

Siregar, G., Andriany, D., Bismala, L., & Putra, Y. A. (2020). MODEL SINERGI KELEMBAGAAN DALAM PENINGKATAN KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 3(2), 132-141.

Internet/Web

Ekapribadi, W. 2007. Persaingan Pasar Tradisional dan Pasar Modern, Jakarta http://ekapribadi.wordpress.com

Prawestri, A. D., Silviani, W. D., & Astuti, Y. (2022, July). The Role of Financial Knowledge and Behaviour to Sustain Future Business Resilience. In Annual International Conference on Islamic Economics and Business (AICIEB) (Vol. 2, No. 1, pp. 212-223).

Purnama, N. I., Siswadi, Y., & Mujiatun, S. (2021). Model Perilaku Brand Switching Konsumen Dalam Pembelian Produk Otomotif di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 22(2), 151-163.

Julita, J., Arianty, N., & Rambe, M. F. (2021). Entrepeneur Independence Model in Improving Entrepeneur's Performance in Lubuk Pakam District. International Journal of Business Economics (IJBE), 2(2), 133-142.

Arianty, N., & Purba, A. D. (2023). Store Atmosphere, Diskon Harga dan Impulse Buying: Peran Mediasi Positive Emotion dalam Konteks Pengalaman Belanja. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 24(2), 159-169.

Rialdy, N., Sari, M., & Pohan, M. (2022). Model Pengukuran Motivasi dan Minat Karir Mahasiswa Akuntansi Sebagai Konsultan Pajak: Studi pada Perguruan Swasta di Kota Medan. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 6(2), 1519-1528.

Siregar, Q. R., & Harahap, D. D. (2021). Influence Current Ratio, Debt to Equity Ratio and Total Asset Turnover on Return on Equity in the Transportation Sector Industry. International Journal of Business Economics (IJBE), 2(2), 99-112.

Fahmi, M., Gultom, D. K., Siregar, Q. R., & Daulay, R. (2022). Citra Destinasi dan Pengalaman Destinasi Terhadap Loyalitas: Peran Mediasi Kepuasan Wisatawan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 23(1), 58-71.

Daulay, R., Hafni, R., & Nasution, S. M. A. (2022). Antaseden Kepuasan dan Loyalitas Penumpang Maskapai Penerbangan Low Cost Carrier di Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 23(2), 177-193.

Farisi, S., Siswadi, Y., & Gunawan, A. (2022). Peran Mediasi Kelelahan Emosional: Kepemimpinan, Self Efficacy dan Konflik Peran Terhadap Kepuasan Kerja. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 23(1), 23-37.

Siswadi, Y., Jufrizen, J., Saripuddin, J., Farisi, S., & Sari, M. (2023). Organizational Culture and Organizational Citizenship Behavior: The Mediating Role of Learning Organizations and Organizational Commitment. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 16(1), 73-82.

Wahyuni, S. F., Hafiz, M. S., & Pradesyah, R. (2023). The Effect of Contribution, Role, and Capital on MSMEs Business Development in Islamic Banks with Human Resources Quality as A Moderation Variable. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 6(1), 222-231.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats