Strategipengembanganusahaperkebunansalak (salacca edulis) di cv sinar ponti tiga juhar farm Desa rumah sumbul, kecamatan tiga juhar kabupaten deli serdang

Faizal Yusri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1). Untuk mengidentifikasi dan menganalisis Faktor faktor internal dan eksternal apa saja yang Dilingkungan perusahaan . 2). Untuk mengetahui bagaimana strategi Pengembangan Usaha Perkebunan salak di CV Sinar Ponti Tiga Juhar Farm. Kesimpulan diperoleh hasil sebagai berikut: 1). Factor internal yang terdapat dilingkungan perusahaan faktor kekuatan terdiri dari: Produk yang dihasilkan berkualitas, lahan milik sendiri, adanya hubungan kerja sama yang baik dengan pihak pedagang atau agen salak, SDM tersedia cukup banyak. Faktor ancaman yang dimiliki oleh perusahaan terdiri dari : Ketersediaan Modal, terbatasnya tenaga ahli didalam lingkungan perusahaan, belum ada pengolahan lanjutan terhadap buah salak. 2). Faktor eksternal yang dimiliki oleh perusahaan terdiri dari peluangan dan ancaman, faktor peluang meliputi: Adanya supot dari pemerintah setempat guna mengembangkan usahatani salak, permintaan pasar yang tinggi, lokasi usaha yang strategis dan termasuk komodi ekspor. Sedangkan untuk fakto ancaman yang dimiliki perusahaan terdiri dari: harga input produksi yang fluktuatif, musim Trek Buah, serangan penyakit terhadap tanaman salak dan perubahan iklim. 2). Bentuk Strategi yang digunakan dalam usaha pengembangan usaha perkebunan salak di CV Sinar Ponti Farm Tiga Juhar menggunakan Strategi S O (Strength and Opportunities). Strategi ini menggunakan kekuatan yang dimiliki perusahaan untuk mengatasi ancaman. Strategi ST menggunakan kekuatan internal perusahaan untuk menghindari atau mengurangi dampak ancaman eksternal. Berikut adalah bentuk strategi yang ditawarkan.


Full Text:

PDF

References


A. Buku

Dewi, Atika. 2014. Analisis Tataniaga Salak Pondoh di Desa Wonokerto Kecamatan Turi Kabupaten Sleman.Skripsi.Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor.

Rangkuti, F. 2015. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

. 2011. Manajemen Strategis Konsep. Sunardi D, penerjemah; Jakarta: Salemba Empat. Ed ke-12. Terjemahan dari: Strategic Management, 12thed.

B. Jurnal

Ardilla, D., Taufik, M., Tarigan, D. M., Thamrin, M., Razali, M., & Siregar, H. S. (2018). Analisis lemak babi pada produk pangan olahan menggunakan spektroskopi UVvis. Agrintech: Jurnal Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian, 1(2).

Siregar, M. S., Masyura, M. D., & Ardilla, D. (2018). Penambahan Komonomer Divinyl Benzena untuk Meningkatkan Derajat Pencangkokan Anhidrida Maleat pada Karet Alam Siklis. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Taufik, M., Ardilla, D., Tarigan, D. M., Thamrin, M., Razali, M., & Afritario, M. I. (2018). Studi Awal: Analisis Sifat Fisika Lemak Babi Hasil Ekstraksi Pada Produk Pangan Olahan. Agrintech: Jurnal Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian, 1(2).

Thamrin, M., & Ardilla, D. (2016). Analysis Of Production Efficiency Factor Rice Rainfed Through Ptt Approach. AGRIUM: Jurnal Ilmu Pertanian, 20(2).V

Thamrin, M., & Ardilla, D. (2016). Analysis Of Production Efficiency Factor Rice Rainfed Through Ptt Approach. AGRIUM: Jurnal Ilmu Pertanian, 20(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats