Analisa Perkiraan Fondasi Dengan Bentang 80 Meter Tipe Camel Back Truss Atas Jembatan Rangka Baja
Abstract
Penelitian ini membahas perencanaan struktur atas jembatan kereta api tipe camel back truss dengan bentang panjang. Pembebanan yang terjadi pada struktur atas jembatan antara lain beban mati, beban mati tambahan, beban hidup, beban kejut, beban lateral, beban rem dan traksi, beban rel longitudinal, beban angin struktur, beban angin kendaraan, beban gempa, dan beban temperatur. Dari hasil Analisa kombinasi kuat I diperoleh bahwa gaya aksial tekan yang terjadi pada model 1 yaitu 6958,37 kN, model 2 yaitu 6739,26 kN, model 3 yaitu 6725,66 kN dan model 4 yaitu 7153,10 kN. Gaya aksial tarik yang terjadi pada model 1 yaitu 4415,28 kN, model 2 yaitu 3782,63 kN, model 3 yaitu 4876,53 kN dan model 4 yaitu 4041,68 kN. Dengan desain kondisi aman lendutan pada rangka yang terjadi akibat kombinasi daya layan I pada model 1 yaitu 6,47 cm, model 2 yaitu 5,59 cm, model 3 yaitu 8,24 cm dan model 4 yaitu 9,81 cm. Kombinasi daya layan II menghasilkan lendutan pada rangka pada model 1 yaitu 7,93 cm, model 2 yaitu 6,95 cm, model 3 yaitu 10,07 cm dan model 4 yaitu 11,15 cm. Analisa terhadap volumetrik struktur jembatan perlu dilakukan. Volumetrik model 1 yaitu 3096,35 m3 , model 2 yaitu 3142,87 m3 , model 3 yaitu 3249,47 m3 dan model 4 yaitu 39,04 m3 .
Kata Kunci: Jembatan kereta api, jembatan bentang panjang, jembatan camel back truss, jembatan baja.
Full Text:
PDFReferences
Aditya Wahyu Erlangga.Dadang Sanjaya Atmaja.Puspita Dewi.2017. Perancangan Superstructure Jembatan Kereta Api Bentang 100 Meter Tipe Rangka Baja.Jurnal Perkeretaapian Indonesia.Vol I.
Asfiati, S., & Mutiara, D. T. (2021). STUDI KESELAMATAN DAN KEAMANAN TRANSPORTASI DI PERLINTASAN SEBIDANG ANTARA JALAN REL DENGAN JALAN UMUM (Studi Kasus Perlintasan Kereta Api Di Jalan Padang, Bantan Timur, Kecamatan Medan Tembung). PROGRESS IN CIVIL ENGINEERING JOURNAL, 1(2).
Asfiati, S., & Zurkiyah, Z. (2021, August). POLA PENGGUNAAN LAHAN TERHADAP SISTEM PERGERAKAN LALU LINTAS DI KECAMATAN MEDAN PERJUANGAN, KOTA MEDAN. In Seminar Nasional Teknik (SEMNASTEK) UISU (Vol. 4, No. 1, pp. 206-216).
Asfiati, S. (2018, June). TINGKAT KERUSAKAN JALAN PADA PERKERASAN KAKU AKIBAT VOLUME KENDARAAN DI JALAN PERKOTAAN. In SEMNASTEK UISU 2018.
Dary, R. W., Frapanti, S., & Utami, C. (2019). Evaluasi Kekakuan Batu Bata Lubuk Pakam Pada Bangunan Bertingkat Dengan Analisis Pushover. Portal: Jurnal Teknik Sipil, 11(2), 11-15.
Faisal, A. (2019). Studi parametrik kinerja dinding pengisi bata merah pada struktur beton bertulang akibat beban gempa. KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA, 9(2).
Frapanti, S., Asfiati, S., & Hadipramana, J. (2020). Pendampingan Legalitas Mutu Berstandart SNI Guna Meningkatkan Pendapatan Home Industri Batu Bata Di Desa Sido Urip Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 41-46.
Frapanti, S. (2018). Analisa Portal yang Memperhitungkan Kekakuan Dinding Bata dari Beberapa Negara Pada Bangunan Bertingkat Dengan Pushover. Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Hadipramana, J., & Syahputra, J. (2021). PERBANDINGAN SIMULASI GAYA AKSIAL DAN LATERAL PLAIN WALL BETON RINGAN ANTARA CAMPURAN STYROFOAM DENGAN LAPISAN COATING DAN ABU SEKAM PADI DENGAN FLY ASH. PROGRESS IN CIVIL ENGINEERING JOURNAL, 1(2).
Hikma Dewita. B, Linda Supriantini, Harry Wibisono.2016.Perencanaan Struktur Atas Jembatan Kedaung-Jenggot Di Kabupaten Tangerang Dengan Menggunakan Rangka Baja.
Mohamad, N., Zulaika, M. S., Samad, A. A. A., Goh, W. I., Hadipramana, J., & Wirdawati, A. (2016). Fresh State and Mechanical Properties of Self Compacting Concrete Incorporating High Volume Fly Ash. In MATEC Web of Conferences (Vol. 47, p. 01001). EDP Sciences.
Muhammad Ridha, Khairul Miswar.2016.Perencanaan Struktur Rangka Atas Jembatan Rangka Baja Pada Gampong Leubok Pempeng Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur.
Rashidi, A., Majid, T. A., Fadzli, M. N., Faisal, A., & Noor, S. M. (2017, October). A Comprehensive Study on the Influence of Strength and Stiffness eccentricities to the On-plan Rotation of Asymmetric Structure. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1892, No. 1, p. 120013). AIP Publishing LLC.
Riza, F. V., Lubis, D. S., & Manurung, F. V. B. (2021). ANALISIS MEKANIS BETON BUSA DENGAN KOMBINASI SERAT SABUT KELAPA SERTA BAHAN TAMBAHAN ABU SEKAM PADI DAN SERBUK CANGKANG TELUR. PROGRESS IN CIVIL ENGINEERING JOURNAL, 1(2).
Siswo Hadi Murdoko, Karyoto.2017. Analisis Perencanaan Struktur Atas Jembatan Busur Rangka Baja.
Sri, F., Zulkarnain, F., & Asfiati, S. (2020). The Comparison of Brick as a Load and a Structure with Non-Linear Analysis of Soft Storey Behaviour in Multi-storey Buildings (No. 4387). EasyChair.
Syamsudin.Andi Darma.Eko Azis Aminudin.2015.Perencanaan Struktur Bangunan Atas jembatan Rangka Baja A-60 M Di Kabupaten Supiori Provinsi Papua.
Perencanaan Jembatan Terhadap Beban Gempa (SNI 2833:2016).
Pembebanan Untuk Jembatan (SNI 1725:2016).
Perencanaan Struktur Baja Untuk Jembatan (RSNI T-03-2005).
Reissa Rachmania.2017.Perencanaan Struktur Atas Jembatan Trough Pratt Truss Tiga Tumpuan. Rekayasa Teknik.Sipil.Vol 3.
Zulkarnain, F. (2021, August). Pengembangan dan Analisis Campuran Beton Mutu Tinggi untuk Struktur Dermaga di Indonesia. In Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial dan Humaniora (Vol. 1, No. 1, pp. 54-58).
Zulkarnain, F., & Ramli, M. (2011). Rational proportion for mixture of foamed concrete design. Jurnal Teknologi, 1-12.
Zulkarnain, F., & Suleiman, M. (2008). Properties of latex ferrocement in flexure.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jurnalilmiahmahasiswateknik@gmail.com
![Creative Commons License](https://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats