Analisis Keamanan Dan Keselamatan Terhadap Konteks Melawan Arah Di Ruas Jalan Batang Kuis (Kualanamu Sultan Serdang)

Muhammad Ikhsan Harahap

Abstract


Jalan Batang Kuis (kualanamu) Sultan Serdang yang merupakan masuk dalam tipe Jalan Kabupaten yaitu jalan lokal primer dengan tipe 4 lajur 2 arah terbagi. jumlah Kendaraan yang melawan arah yang melewati Jalan Batang Kuis (Kualanamu) yang ingin menuju ke arah Jalan Sultan Serdang Kayu Besar cukup banyak terutama pada jam jam sibuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak keselamatan dan keamanan pengaruh melawan arah pada ruas Jalan Batang Kuis (Kualanamu) Sultan Serdang dan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pengemudi melawan arah. Penelitian ini menggunakan perhitungan manual dan menggunkanan pedoman manual kapasitas jalan indonesia (MKJI 1997). Dari hasil analisis disimpulkan nilai Dari hasil perhitungan Volume kendaraan tersibuk sebesar 58,7 smp/jam. Kapasitas jalan sebesar 2944,14 Smp/jam 2arah. Derajat kejenuhan pada jam paling sibuk sebesar 0,019 Smp/jam. angka kecelakaan lalulintas pada tahun 2018 sebesarorg/km. Tahun 2019 sebesarorg/km. Tahun 2020 sebesarorg/km. dan nilai rata rata kecelakaan lalu lintas 2018-2020 sebesar 180,84 org/tahun atau 190 orang/tahun. Nilai perhitungan hambatan samping sebesar 40,8 orang/minggu

Kata Kunci: Keselamatan, Melawan Arah, Kecelakaan

Full Text:

PDF

References


Aminah, S. (2007). Transportasi Publik dan Aksesibilitas Masyarakat Perkotaan. Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik, 20, 3552. http://journal.unair.ac.id/MKP@transportasi-publik- dan-aksesibilitas-masyarakat-perkotaan-article-2146-media-15-category-8.html

Andiani, C. A., Sumarsono, A., dan D. (2013). Studi Penetapan Nilai Ekuivalensi Mobil Penumpang ( EMP ) Kendaraan Bermotor Menggunakan Metode Time Headway dan Aplikasinya Untuk Menghitung Kinerja Ruas Jalan. E-Jurnal Matriks Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta, 1522.

Anisawitri, F., Budiono, A., Basid, A., & Nurhafsari, A. (2020). Analisis Kapasitas Jalan Maulana Yusuf Ditinjau dari Segi Lalu Lintas dan Jumlah Pengguna Jalan. 1, 1119.

Aulia, M. D. (2011). Analisis Kebutuhan Jalan Di Kawasan Kota Baru Tegalluar Kabupaten Bandung. 11(1), 4156.

Asfiati, S., & Mutiara, D. T. (2021). STUDI KESELAMATAN DAN KEAMANAN TRANSPORTASI DI PERLINTASAN SEBIDANG ANTARA JALAN REL DENGAN JALAN UMUM (Studi Kasus Perlintasan Kereta Api Di Jalan Padang, Bantan Timur, Kecamatan Medan Tembung). PROGRESS IN CIVIL ENGINEERING JOURNAL, 1(2).

Asfiati, S., & Zurkiyah, Z. (2021, August). POLA PENGGUNAAN LAHAN TERHADAP SISTEM PERGERAKAN LALU LINTAS DI KECAMATAN MEDAN PERJUANGAN, KOTA MEDAN. In Seminar Nasional Teknik (SEMNASTEK) UISU (Vol. 4, No. 1, pp. 206-216).

Asfiati, S. (2018, June). TINGKAT KERUSAKAN JALAN PADA PERKERASAN KAKU AKIBAT VOLUME KENDARAAN DI JALAN PERKOTAAN. In SEMNASTEK UISU 2018.

Asfiati, S. (2004). Pembangunan Medan Fair Plaza dan Pengaruhnya Terhadap Prasarana Transportasi.

Asfiati, S., Riky, M. N., & Rajagukguk, J. (2020). Measurement and Evaluation of Sound Intensity at The Medan Railway Station Using a Sound Level Meter. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1428, No. 1, p. 012063). IOP Publishing.

Desain, M., & Jalan, P. (2016). Perencanaan Geometerik Jalan Agar Mencapai Kenyamanan dan Keamanan Bagi Penggunaan Jalan Sesuai Undang -Undang No . 38 tahun 2012 Tentang Jalan Dimensi Kendaraan Kategori Radius Putar Tinggi Kendaraan Kecil Kendaraan Sedang Kendaraan Besar Lebar Panjang T. I(2), 3445.

Dewi, D. K., Soemitro, R. A. A., Suprayitno, H., & Budianto, H. (2020). Pemanfaatan Bagian-Bagian Jalan Nasional, Studi Kasus di Ruas Jalan MERR Surabaya. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, 4(3), 235248. https://doi.org/10.12962/j26151847.v4i3.7103

Effendi, D. M. (2016). Yani Dalam Kota Pangkalpinang. 4, 87100.

Firdaus, O. (2013). Analisis Tingkat Pelayanan Jalan Pada Ruas Jalan Utama Kota Pangkalpinang. Forum Profesional Teknik Sipil.

Frapanti, S., Asfiati, S., & Hadipramana, J. (2020). Pendampingan Legalitas Mutu Berstandart SNI Guna Meningkatkan Pendapatan Home Industri Batu Bata Di Desa Sido Urip Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 41-46.

Indrayani, I., & Asfiati, S. (2018). Pencemaran Udara Akibat Kinerja Lalu-Lintas Kendaraan Bermotor Di Kota Medan. Jurnal Permukiman, 13(1), 13-20.

Junoasmono, T., Gultom, H. S. A., Umboh, B. S. C., & Sutandi, A. C. (2020). Pengembangan Jaringan Jalan Nasional Di Sulawesi Utara Dan Gorontalo. Jurnal Transportasi, 20(1), 6776. https://doi.org/10.26593/jtrans.v20i1.3857.67-76

Kapasitas, A., Drainase, S., & Dan, S. (2013). BANJIR DI JL GATOT SUBROTO DENPASAR ANALYSIS AND DESIGN CAPACITY OF THE SECONDARY DRAINAGE Analisis Kapasitas Saluran Drainase Sekunder Dan Penanganan Banjir ...... ( Dewi , Arsana , dan Suputra ). 2(2), 15.

Mainolo, yosua wem. (2007). Karakteristik Kecelakaan Dan Inspeksi Keselamatan Jalan. Teknik Sipil.

Manado, B. (2013). Di Kawasan Komersil. 1(9), 608615.

Paat, G. N. I., Sendow, T. K., & Lalamentik, L. G. J. (2019). Uji Laik Fungsi Jalan Secara Teknis Pada Ruas Jalan Manado-Tomohon ( Segmen Batas Kota Manado Kota Tomohon ). Jurnal Sipil Statik, 7(10), 13651384.

Pradana, D. I., Syafii, & Legowo, S. J. (2014). Evaluasi Kinerja Jaringan Jalan Eksisting Kota Surakarta. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 2(26), 101108.

Pusjatan, K. P. (n.d.). Standar jalan yang berwawasan keselamatan transportasi darat.

Putri, C. E. (2014). Analisis Karakteristik Kecelakaan dan Faktor Penyebab Kecelakaan Pada Lokasi Blackspot di Kota Kayu Agung. Teknik Sipil Dan Lingkungan, 2(1), 154161.

Rauf, H., Sendow, T. K., & Rumayar, A. L. E. (2015). Samping Terhadap Kecepatan Dengan Menggunakan Regresi Linier Berganda ( Studi Kasus Ruas Jalan Dalam Kota Pada Segmen Jalan Lumimuut ). 3(10), 669684.

Sadewa, S. P. (2015). Pelanggaran Lalu Lintas Oleh Remaja Pengguna. Journal Universitas Airlangga, 4(1), 110.

Sadono, S. (2017). Budaya Disiplin Dalam Berlalu Lintas Kendaraan. 12(1), 433452.

Saputra, A. D. (2017). Studi Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas Jalan di Indonesia Berdasarkan Data KNKT ( Komite Nasional Keselamatan Transportasi ) Dari Tahun 2007-2016 Nasional Keselamatan Transportasi ) Database from 2007-2016. 179190.

Selatan, J., & Prasetyo, H. E. (2017). Analisis Tingkat Pelayanan Jalan ( Studi Kasus Jalan Ciledug Raya , Depan Universitas Budhi Luhur Jakarta Selatan ). 110.

Sipil, Jurnal Teknik. (2013). Jurnal Teknik Sipil, Vol. II, No. 2, September 2013. II(2), 191200.

Sipil, Jurusan Teknik, Teknik, F., & Malikussaleh, U. (2013). Hubungan Kecepatan , Kepadatan Dan Volume Lalu Lintas Dengan Model Greenshields ( Studi Kasus Jalan Darussalam Lhokseumawe ). 3(2), 148156.

Zulkarnain, F. (2021). KONTRAK, PETELITIAIN PENELITIAN TERAPAIN (PT) Tahun Anggaran 2O18. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Zulkarnain, F. (2021). KONTRAK PENELITIAN RISET TERAPAN/MATERIAL MAJU (PPT) TAHUN ANGGARAN 2017. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Zurkiyah, Z., & Asfiati, S. (2021). ANALISIS TINGKAT PELAYANAN DERMAGA PELABUHAN PENUMPANG TELUK NIBUNG ASAHAN, TANJUNG BALAI SUMATERA UTARA. In Seminar Nasional Teknik (SEMNASTEK) UISU (Vol. 4, No. 1, pp. 248-252).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jurnalilmiahmahasiswateknik@gmail.com


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats