Pengaruh Lalu Lintas Akibat Adanya Pembangunan Sport Center Sumatera Utara Pada Ruas Jalan Sultan Serdang (Studi Kasus)

Arif Hidayat

Abstract


Jalan Sultan Serdang termasuk dalam tipe Jalan Kabupaten dengan tipe 4 lajur 2 arah terbagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kinerja ruas Jalan Sultan Serdang terhadap arus lalu lintas akibat adanya pembangunan sport center Sumatera Utara, mengetahui dampak lalu lintas yang ditimbulkan akibat pembangunan sport center Sumatera Utara dan menetapkan jenis penanganan terhadap dampak lalu lintas yang terjadi pada ruas Jalan Sultan Serdang. Penilitian ini menggunakan perhitungan berdasarkan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014 (PKJI 2014). Dari hasil analisis disimpulkan nilai volume kendaraan dari arah Medan menuju ke Kualanamu sebesar 679,6 skr/jam dan total volume kendaraan dari arah Kualanamu menuju ke Medan sebesar 673,5 skr/jam. Nilai perhitungan hambatan samping yang terjadi dari arah Medan menuju ke Kualanamu sebesar 490,4 dan hambatan samping yang terjadi dari arah Kualanamu menuju ke Medan sebesar 469,4. Kecepatan arus bebas sebesar 54,2 km/jam. Kapasitas ruas jalan sebesar 1475,8 skr/jam. Derajat kejenuhan dari arah Medan menuju ke arah Kualanamu sebesar 0,46 skr/jam dan derajat kejenuhan dari arah kualanamu menuju kearah Medan sebesar 0,45 skr/jam dan Jalan Sultan Serdang memiliki tingkat pelayanan kelas C. Hal ini ditunjukkan batas lingkup nilai derajat kejenyhannya 0,45-0,74, dengan kecepatan atau gerak kendaraan dikendalikan dan pengemudi dibatasi dalam memilih kecepatan.

Kata Kunci : Lalu lintas, Kinerja ruas jalan, Volume kendaraan.


Full Text:

PDF

References


Arrafi, F. (2017). Analisis Dampak Lalu Lintas Akibat Pembangunan Kantor Telekomunikasi Tbk. Surabaya.

Asfiati, S., & Zurkiyah, Z. (2021, August). POLA PENGGUNAAN LAHAN TERHADAP SISTEM PERGERAKAN LALU LINTAS DI KECAMATAN MEDAN PERJUANGAN, KOTA MEDAN. In Seminar Nasional Teknik (SEMNASTEK) UISU (Vol. 4, No. 1, pp. 206-216).

Asfiati, S. (2018, June). TINGKAT KERUSAKAN JALAN PADA PERKERASAN KAKU AKIBAT VOLUME KENDARAAN DI JALAN PERKOTAAN. In SEMNASTEK UISU 2018.

Asfiati, S. (2004). Pembangunan Medan Fair Plaza dan Pengaruhnya Terhadap Prasarana Transportasi.

Asfiati, S., & Mutiara, D. T. (2021). STUDI KESELAMATAN DAN KEAMANAN TRANSPORTASI DI PERLINTASAN SEBIDANG ANTARA JALAN REL DENGAN JALAN UMUM (Studi Kasus Perlintasan Kereta Api Di Jalan Padang, Bantan Timur, Kecamatan Medan Tembung). PROGRESS IN CIVIL ENGINEERING JOURNAL, 1(2).

Direktorat, J. B. M. (1997). Mkji 1997. Departemen Pekerjaan Umum, Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Pp. 1573.

Faisal, A. (2019). Perilaku Nonlinear Struktur Gedung Baja Dengan Bentuk Denah L, T Dan U Akibat Gempa. Progress In Civil Engineering Journal, 1(1), 63-73.

Feri, P. (2016). Kewenangan Dalam Penerapan Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin). 4, 207218.

Frapanti, S., Asfiati, S., & Hadipramana, J. (2020). Pendampingan Legalitas Mutu Berstandart SNI Guna Meningkatkan Pendapatan Home Industri Batu Bata Di Desa Sido Urip Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 41-46.

Indrayani, I., & Asfiati, S. (2018). Pencemaran Udara Akibat Kinerja Lalu-Lintas Kendaraan Bermotor Di Kota Medan. Jurnal Permukiman, 13(1), 13-20.

Infrastruktur, P. D. A. N. (2015). Konsep Dasar Analisis Dampak Lalu Lintas Rencana Bangunan Pusat Kegiatan ,. 135144.

Kusuma, V. C., Hadiwidjaja, M., Shofwan, M., & Cahyono, D. (2018). Analisis Dampak Lalu Lintas Akibat Pembangunan Apartemen Grand Dharmahusada Lagoon. 16.

Munawar, A., Sistem, M., & Teknik, J. (2009). Analisis Dampak Lalulintas Pembangunan Pusat Perbelanjaan : Studi Kasus Plaza Ambarukmo. 1(1), 2737.

Oki Indra Prastana, Sonya Sulistyono, S. A. (2017). Analisis Dampak Lalu Lintas Pembangunan Spbu Tanjungwangi Banyuwangi. 01, 62 72.

Penyusun. (2013). Panduan Penulisan Skripsi Mahasiswa S1 Program Studi Teknik Sipil.

Permenhub. (2015). Peraturan Menteri 75 Tahun 2015 Tentang Penyelenggara Andalalin (Pp. 1166). Pp. 1166.

Ridwan, A., & Teknik, F. (2019). Gedung Olah Raga Kabupaten Trenggalek. 2(2), 203213.

Safitri, R. (2015). Analisis Dampak Lalu Lintas Akibat Pembangunan Hartono Lifestyle Mall.

Saleh, S. M., Magister, M., Sipil, T., Teknik, F., Syiah, U., Sipil, J. T., Kuala,

U. S. (2017). Studi Dampak Lalu Lintas Kawasan Akibat Pembangunan Jalan Layang ( Flyover ) Simpang Surabaya Dan Jalan Lintas Bawah ( Underpass ) Kuta Alam Kota Banda Aceh. 1(September), 1116

Sinaga, R. A. . (2016). Bab I Pendahuluan. 15.

Suwandi, J. (2017). Dampak Lalu Lintas Pembangunan Apartemen Di Jakarta Selatan. 2(2), 123132.

Tamin, O. Z. (2000). Perencanaan Dan Pemodelan Transportasi. In Perencanaan Dan Pemodelan Transportasi.

Tegal, P. K. (2017). Kajian Lokasi Sport Center Kota Tegal.

Tengah, K., Haris, A., Syahidan, J., Maulana, R., Riyanto, B., & Basuki, K. H. (2016). Analisis Kinerja Ruas-Ruas Jalan Lingkungan Dengan Model Pembebanan Lalu Lintas Menggunakan Emme 3 . 4 . 1 ( Studi Kasus : Kabupaten Sukamara ,. 5, 1 17.

Umum, P. (2014). Kapasitas Jalan Perkotaan. Rancangan (Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia), 170

Zulkarnain, F., & Dewi, I. D. (2020). PKM Pembuatan Saluran Drainase Dusun Ii Jln Inpres Desa Tanjung Gusta Untuk Mengatasi Banjir. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 1-5.

Zulkarnain, F. (2021). KONTRAK, PETELITIAIN PENELITIAN TERAPAIN (PT) Tahun Anggaran 2O18. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Zulkarnain, F. (2021). KONTRAK PENELITIAN RISET TERAPAN/MATERIAL MAJU (PPT) TAHUN ANGGARAN 2017. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jurnalilmiahmahasiswateknik@gmail.com


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats