Pengaruh Perbandingan Pemilihan Moda Transportasi Bus Damri Dan Kendaraan Pribadi Rute Stabat-Kualanamu Dengan Metode Analytic Hierarchy Process (Studi Kasus)

Arief Zulfikri Manurung

Abstract


Dalam pemilihan moda transportasi ini bertujuan untuk mendapatkan karateristik apa saja yang mempengaruhi penumpang dalam memilih moda transportasi untuk melakukan perjalanan dari Stabat menuju Kualanamu antara bus damri atau kendaraan pribadi dan mendapatkan moda transportasi terbaik yang menjadi pilihan penumpang berdasarkan kriteria yang ditentukan dalam melakukan perjalanannya. Dalam penelitian ini akan diteliti faktor atau karakteristik yang paling berpengaruh dalam pemilihan moda transportasi rute Stabat-Kualanamu. Survei dilakukan dengan menyebar kuisioner pada pengguna moda transportasi bus damri dan kendaraan pribadi. hasil survei kemudian diolah dengan mengunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP) untuk menetukan faktor pemilihan moda. Dari 30 responden didapat faktor yang berpengaruh ialah keamanan, kenyamanan, headway, kemudahan, waktu perjalanan, dan biaya. Dari hasil analisis metode Analytic Hierarchy Process (AHP) didapat persentase faktor yang mempengaruhi yaitu keamanan dengan bobot prioritas sebesar 30%, kenyamanan 28%, headway 16%, kemudahan 15%, waktu perjalanan 6%, dan faktor biaya sebesar 5%. Moda terbaik dalam melakukan perjalanan Stabat-Kualanamu berdasarkan kriteria yang ada yaitu moda transportasi bus damri dengan bobot prioritas 61% dan yang memilih kendaraan moda transportasi kendaraan pribadi hanya sebanyak 39%.

Kata Kunci: pemilihan moda, transportasi, bus damri, kendaraan pribadi.


Full Text:

PDF

References


Asfiati, S., & Mutiara, D. T. (2021). STUDI KESELAMATAN DAN KEAMANAN TRANSPORTASI DI PERLINTASAN SEBIDANG ANTARA JALAN REL DENGAN JALAN UMUM (Studi Kasus Perlintasan Kereta Api Di Jalan Padang, Bantan Timur, Kecamatan Medan Tembung). PROGRESS IN CIVIL ENGINEERING JOURNAL, 1(2).

Asfiati, S., & Zurkiyah, Z. (2021, August). POLA PENGGUNAAN LAHAN TERHADAP SISTEM PERGERAKAN LALU LINTAS DI KECAMATAN MEDAN PERJUANGAN, KOTA MEDAN. In Seminar Nasional Teknik (SEMNASTEK) UISU (Vol. 4, No. 1, pp. 206-216).

Asfiati, S. (2004). Pembangunan Medan Fair Plaza dan Pengaruhnya Terhadap Prasarana Transportasi.

Asfiati, S., & Mutiara, D. T. (2021). STUDI KESELAMATAN DAN KEAMANAN TRANSPORTASI DI PERLINTASAN SEBIDANG ANTARA JALAN REL DENGAN JALAN UMUM (Studi Kasus Perlintasan Kereta Api Di Jalan Padang, Bantan Timur, Kecamatan Medan Tembung). PROGRESS IN CIVIL ENGINEERING JOURNAL, 1(2).

Asfiati, S. (2018, June). TINGKAT KERUSAKAN JALAN PADA PERKERASAN KAKU AKIBAT VOLUME KENDARAAN DI JALAN PERKOTAAN. In SEMNASTEK UISU 2018.

Debi Irawan SIPANGKAR, d. (2018). Kajian Pemilihan Moda Transportasi Rute Bandara Kuala Namu Medan. ISSN 2614-5707 (cetak), Vol. 1, 109-127.

Indrayani, I., & Asfiati, S. (2018). Pencemaran Udara Akibat Kinerja Lalu-Lintas Kendaraan Bermotor Di Kota Medan. Jurnal Permukiman, 13(1), 13-20.

Kwanto, R. (2016). ANALISIS PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI UMUM ANTARA TRANSPORTASI UMUM KONVENSIONAL DAN TRANSPORTASI UMUM ONLINE DI KOTA PALEMBANG. Cantilever Jurnal Penelitian dan Kajian Bidang Teknik Sipil, 1-6.

MAHFUDIN, A. (2015). ANALISIS PEMILIHAN MODA KENDARAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS HIRAKI PROSES PADA MAHASISWA UNP KEDIRI. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri, 1-20.

Miftahul Khaer, d. (2020). Studi Perbandingan Karakteristik Pengguna Angkutan Onlinedan Angkutan Konvensionaldi Kota Makassar. JURNAL TEKNIK SIPIL-MACCA, 275-289.

Miro, F. (2005). Perencanaan Transportasi. 1st edn. Edited by Lemeda. jakarta: Erlangga.

Morlok, E. ?. (1991). Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. 3rd edn. jakarta: Edited by Yani Sianipar.

Nanda Andresta, d. (2018). Analisis Pemilihan Moda Transportasi Online dan Angkutan Konvensional. JRSDD, Edisi Desember 2018, Vol. 6, No. 4, Hal:399 410 (ISSN:2303-0011), 400-410.

Nasution, M. (2008). Manajemen Transportasi Edisi Ketiga. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Saaty, T. L. (1994). Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin. Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressindo.

Sapri, G. O. (2018). Analisis Pemilihan Moda Angkutan Mobil Pribadi Dengan Moda Angkutan Umum. Seminar Nasional Industri dan Teknologi (SNIT), Politeknik Negeri Bengkalis, 197-206.

Tamin, O. (2000). Perencanaan Dan Pemodelan transportasi. 2nd edn. Bandung: ITB.

Tamin, O. (2008). Perencanaan, Pemodelan dan Rekayasa Transportasi: teori, contoh soal, dan aplikasi. Bandung: ITB.

Wahab, W. (2019). Studi Analisis Pemilihan Moda Transportasi Umum Daratdi Kota Padang antara Kereta Api dan Bus Damri. Jurnal Teknik Sipil ITP , Vol. 6 No.1 Januari 2019, 30-37.

wilayah, D. j. (2004). pedoman fasilitas pengendali kecepatan lalu lintas. Departemen permukiman dan prasarana wilayah.

Wilton Wahab, d. (2019). Studi Analisis Pemilihan Moda Transportasi Umum Darat di Kota Padang antara Kereta Api dan Bus Damri. P-ISSN 2354-8452, Vol. 6 , 30-37.Z

Zulkarnain, F. (2021). KONTRAK, PETELITIAIN PENELITIAN TERAPAIN (PT) Tahun Anggaran 2O18. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Zurkiyah, Z., & Asfiati, S. (2021). ANALISIS TINGKAT PELAYANAN DERMAGA PELABUHAN PENUMPANG TELUK NIBUNG ASAHAN, TANJUNG BALAI SUMATERA UTARA. In Seminar Nasional Teknik (SEMNASTEK) UISU (Vol. 4, No. 1, pp. 248-252).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jurnalilmiahmahasiswateknik@gmail.com


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats