Pengaruh Pemakaian Speed Bump Terhadap Perubahan Kecepatan Kendaraan Pada Jalan Beringin Pasar VII Tembung (Studi Kasus)

Fikri Ananda

Abstract


Salah satu rekayasa lalu lintas yang berfungsi sebagai alat pengendali kecepatan lalulintas adalah jendulan melintang jalan.Jendulan melintang adalah peninggian melintang permukaan jalan yang digunakan untuk mengendalikan kecepatan kendaraan. Fasilitas ini dikenal dengan berbagai jenis, diantaranya Speed Bump,Speed Hump, dan Speed Tables. Jendulan melintang (Speed Bumps) adalah kelengkapan tambahan pada jalan yang berfungsi untuk membuat pengemudi kendaraan bermotor mengurangi kecepatan kendaraannya, kelengkapan tambahan antara lain berupa peninggian sebagian badan jalan yang melintang terhadap sumbu jalan dengan lebar, tinggi dan kelandaian tertentu yang dikenal sebagai polisi tidur. Pemasangan speed bumps dipemukiman dapat mengurangi kecepatan, namun disisi lain ada juga ketidak nyamanan bagi masyarakat, seperti polusi udara dan polusi kebisingan. Kebisingan ditimbulkan oleh lalulintas yang melewati speed bumps tersebut. Yang untuk melewatinya harus mengadakan perlambatan dan percepatan dan bisa pula tingkat kebisingan bertambah karena bentuk dan ukuran speed bumps itu sendiri. Dalam penelitian ini akan dianalisa pengaruh speed bumps terhadap penurunan kecepatan. Penelitian dilakukan pada Jalan Beringin pasar VII Tembung pada ruas jalan depan SMA Cerdas Murni dan pada ruas jalan depan Masjid Al-Ikhlas, Pada kedua ruas jalan tersebut terbagi beberapa titik lokasi penelitian untuk membedakan data kecepatan pada lokasi terdapat fasilitas polisi tidur dengan yang tidak terdapat fasilitas polisi tidur . Metode penelitian ini meggunakan metode survei kecepatan setempat yaitu dengan mengukur kecepatan kendaraan roda empat (mobil penumpang) dan roda dua (sepeda motor) sebelum dan setelah melewati polisi tidur (Speed Bump).Dari hasil pengujian diatas diperoleh kecepatan kendaraan yang berkurang dari masing-masing lokasi penelitian. Pada depan SMA Cerdas Murni berkurang dari 14,798 km/jam menjadi 10,590 km/jam. Hal tersebut menunjukkan hasil yang tidak efektif, Dinyatakan efektif apabila kecepatan rata-rata berkurang menjadi ? 8 km/jam.

Kata Kunci : Pengendali kecepatan , polisi tidur (Speed Bump)



Full Text:

PDF

References


Alamsyah, A. A. (2018) Rekayasa Lalu lintas EDISI REVISI.UMM Press. Malang.

Aloisius de Rozari, & Yudi Hari Wibowo. (2015). Faktor-faktor Yang Menyebabkan Kemacetan Lalu Lintas di Jalan Utama Kota Surabaya. Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 1(1), 15. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2.

Amir, J. T., & Dan, H. (2018). TUGAS AKHIR KAJIAN EFEKTIFITAS POLISI TIDUR ( ROAD HUMPS ) DALAM MEREDUKSI KECEPATAN LALU LINTAS ( Studi Kasus ).

Ansusanto, D., & Adji, O. W. (2010). Efektifitas Polisi Tidur Dalam Mereduksi Kecepatan Lalulintas. 110.ASTM E965-15 Neighborhood Traffic Safety Program Transportation Division, D. (1995). Guidelines for Speed Hump Program. December, 19.

Asfiati, S., & Mutiara, D. T. (2021). STUDI KESELAMATAN DAN KEAMANAN TRANSPORTASI DI PERLINTASAN SEBIDANG ANTARA JALAN REL DENGAN JALAN UMUM (Studi Kasus Perlintasan Kereta Api Di Jalan Padang, Bantan Timur, Kecamatan Medan Tembung). PROGRESS IN CIVIL ENGINEERING JOURNAL, 1(2).

Asfiati, S., & Zurkiyah, Z. (2021, August). POLA PENGGUNAAN LAHAN TERHADAP SISTEM PERGERAKAN LALU LINTAS DI KECAMATAN MEDAN PERJUANGAN, KOTA MEDAN. In Seminar Nasional Teknik (SEMNASTEK) UISU (Vol. 4, No. 1, pp. 206-216).

Asfiati, S. (2018, June). TINGKAT KERUSAKAN JALAN PADA PERKERASAN KAKU AKIBAT VOLUME KENDARAAN DI JALAN PERKOTAAN. In SEMNASTEK UISU 2018.

Direktorat, J. B. M. (1997). Mkji 1997. In departemen pekerjaan umum, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (pp. 1573).

Direktorat Jenderal Prasarana Wilayah. (2004) Pedoman Fasilitas Pengendali Kecepatan Lalu Lintas.Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah.Republik Indonesia.

Faisal, A. (2019). Influence of repeated earthquakes on the ductility demand of inelastic RC buildings. KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA.

Frapanti, S., Asfiati, S., & Hadipramana, J. (2020). Pendampingan Legalitas Mutu Berstandart SNI Guna Meningkatkan Pendapatan Home Industri Batu Bata Di Desa Sido Urip Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 41-46.

Hadipramana, J., & Syahputra, J. (2021). PERBANDINGAN SIMULASI GAYA AKSIAL DAN LATERAL PLAIN WALL BETON RINGAN ANTARA CAMPURAN STYROFOAM DENGAN LAPISAN COATING DAN ABU SEKAM PADI DENGAN FLY ASH. PROGRESS IN CIVIL ENGINEERING JOURNAL, 1(2).

Harahap, M., Siregar, G., & Riza, F. V. (2021). Mapping The Potential Of Village Agricultural Social Economic Improvement Efforts In Lubuk Kertang Village Kecamatan Berandan Barat Kabupaten Langkat. JASc (Journal of Agribusiness Sciences), 4(1), 8-14.

Jaganaputra, A., Sipil, J. T., Teknik, F., Parahyangan, U. K., Joewono, T. B., Sipil, J. T., Teknik, F., & Parahyangan, U. K. (2010). Pengaruh Penggunaan Speed Humps Terhadap. Jurnal Transportasi, 11(1), 1928.

Julianto, E. N. (2010). Hubungan Antara Kecepatan, Volume Dan Kepadatan Lalu Lintas Ruas Jalan Siliwangi Semarang. Jurnal Teknik Sipil Dan Perencanaan, 12(2), 151160. https://doi.org/10.15294/jtsp.v12i2.1348.

KM Nomor 3. (1994). KM Perhubungan no 3 Tahun 1994.

Lalenoh, R. H., Sendow, T. K., & Jansen, F. (2015). Analisa Kapasitas Ruas Jalan Sam Ratulangi Dengan Metode Mkji 1997 Dan Pkji 2014. Jurnal Sipil Statik, 3(11), 737746.

Pengajar, S., Teknik, F., & Bandar, U. (2012). Karakteristik Lalulintas. 3.

Pengusul, T. I. M. (2016). Universitas bandar lampung november 2016. November.

Suryadharma, Y. (2017). Kajian Analisis Tingkat Layan Pengaruh Polisi Tidur Di Jalan Babarsari Yogyakarta. Jurnal Teknik Sipil Universitas Atma Jaya, 8(1), 1622.http://cpanel.petra.ac.id/ejournal/index.php/uaj/article/view/17519.

Terryanto, Mayuni, S., & Said. (2015). Kajian Fasilitas Pembatas Kecepatan Pada Komplek Perumahan Di Kota Pontianak. 111.

UU No. 22 Tahun 2009. (2009). UU no.22 tahun 2009.pdf (p. 203).

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia No.PM 82 Tahun 2018.

Wirnanda, I., Anggraini, R., & Isya, M. (2018). Analisis Tingkat Kerusakan Jalan Dan Pengarunya Terhadap Kecepatan Kendaraan (Studi Kasus: Jalan Blang Bintang Lama Dan Jalan Teungku Hasan Dibakoi). Jurnal Teknik Sipil, 1(3), 617626. https://doi.org/10.24815/jts.v1i3.10000.

Yuliastuti, N., & Tanjung, A. S. (2011). Pengaruh Jalan Lingkungan Sebagai Ruang Interaksi Sosial Terhadap Lingkungan Permukiman Bungur, Jakarta Pusat. Tataloka, 13(3), 190. https://doi.org/10.14710/tataloka.13.3.190-196.

Zulkarnain, F. (2021). KONTRAK, PETELITIAIN PENELITIAN TERAPAIN (PT) Tahun Anggaran 2O18. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Zulkarnain, F. (2021). KONTRAK PENELITIAN RISET TERAPAN/MATERIAL MAJU (PPT) TAHUN ANGGARAN 2017. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jurnalilmiahmahasiswateknik@gmail.com


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats