Pengaruh Daya Bore Pile Pada Infrastruktur Jembatan Kereta Api Antara Araskabu-Tebing Tinggi

Rahma Nur Afifa

Abstract


Pondasi bored pile adalah suatu pondasi yang dibangun dengan cara mengebor tanah terlebih dahulu, baru kemudian diisi dengan tulangan dan dicor. Daya dukung bore pile diperoleh dari daya dukung ujung (end bearing capacity) yang diperoleh dari tekanan pada ujung tiang dan daya dukung gesek atau selimut (friction bearing capacity) diperoleh dari daya dukung gesek Antara bored pile dan tanah disekelilingnya. Penelitian ini dilakukan berdasarkan dari pengujian di lapangan. Pengujian di lapangan adalah penetrasi standar (SPT). Daya dukung pondasi dalam dapat dihitung dengan metode Reese & Wreight dan Reese & O’Neil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya dukung ultimit tiang bor yang dihitung berdasarkan data N-SPT dengan metode Reese & Wreight pada titik BH1 sebesar 3620.6 kn dan pada titik BH2 sebesar 4274.34 kn, sedangkan dengan metode Reese & O’Neil pada titik BH1 sebesar 3464,3 kn dan pada titik BH2 sebesar 4380.69 kn. Hasil pengujian Pile Driving Analyzer (PDA) pada titik ABT 1 sebesar 3926.6 dan pada titik ABT2 sebesar 4714.3 kn. Dari hasil analisis perhitungan penurunan dengan metode Vesic didapat besarnya penurunan yang terjadi pada tiang bor tunggal yaitu 0,012 cm, sedangkan penurunan yang diizinkan sebesar 0,08 cm

 

 


Full Text:

PDF

References


Andri, A., & Putra, E. A. (2020). PENGARUH KARAKTERISTIK PENUMPANG TERHADAP KAPASITAS ANGKUT KERETA API JURUSAN MEDAN-RANTAU PRAPAT. PROGRESS IN CIVIL ENGINEERING JOURNAL, 2(1), 1-5.

Andri, A., & Zurkiyah, Z. (2020). EVALUASI BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN UNTUK TARIF ANGKUTAN ANTAR KOTA STABAT-BINJAI. PROGRESS IN CIVIL ENGINEERING JOURNAL, 2(1), 17-22.

Asfiati, S., Riky, M. N., & Rajagukguk, J. (2020). Measurement and evaluation of sound intensity at the Medan Railway Station using a sound level meter. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1428, No. 1, p. 012063). IOP Publishing.

Dewi, I. (2020). Analisa Analisa Pemilihan Sistem Moda Transportasi Antara Bus Angkutan Kota Dengan Kereta Api Rute Medan Tanjung Balai. Jurnal MESIL (Mesin Elektro Sipil)/Journal MESIL (Machine Electro Civil), 1(2), 116-122.

Faisal, A., Majid, T. A., & Hatzigeorgiou, G. D. (2013). Investigation of story ductility demands of inelastic concrete frames subjected to repeated earthquakes. Soil dynamics and earthquake engineering, 44, 42-53.

Frapanti, S., Asfiati, S., & Hadipramana, J. (2020). Pendampingan Legalitas Mutu Berstandart SNI Guna Meningkatkan Pendapatan Home Industri Batu Bata Di Desa Sido Urip Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 111-115.

Siregar, Z., & Dewi, I. (2020). Analisis Ruas Jalan Lintas Sumatera Kota Tebing Tinggi Dan Kisaran Sebagai Titik Rawan Kecelakaan Lalu Lintas. Jurnal MESIL (Mesin Elektro Sipil)/Journal MESIL (Machine Electro Civil), 1(2), 63-73.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jurnalilmiahmahasiswateknik@gmail.com


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats