Analisis Pengelolaan Waktu Dan Anggaran Pada Proyek Peningkatan Kapasitas Ruas Jalan Nasreuhe - Lewak - Sibigo Kab. Simeulue Dengan Metode CPM Dan PERT

Lisa Handayani Sihotang

Abstract


Dalam suatu proyek konstruksi, Keberhasilan dan kegagalan dalam penyelesaian proyek tergantung dari perencanaan, penjadwalan dan pengendalian proyek yang dilaksanakan secara efektif dan efisien. Namun, sering kali penyelesaian proyek tidak dilaksanakan secara efektif dan efisien sehingga mengakibatkan wak tu penyelesaian proyek terlambat, peningkatan biaya proyek, serta penurunan kinerja. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk menganalisa pekerja yang termasuk pada jalur kritis, mengetahui durasi optimal dan total biaya pelaksanaan proyek peningkatan ruas jalan nasreuhe-lewak -sibigo kab. simeulue dengan metode CPM dan PERT. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terhadap proyek peningkatan ruas jalan ini didapatkan kesimpulan, perbedaan utama nya adalah wak tu penyelesaian yang berbeda bahwasannya dengan menggunakan metode CPM yaitu selama 140 hari dan menggunakan metode PERT yaitu selama 142 hari. Dengan menggunakan kedua metode ini didapatkan jalur kritis pada pekerjaan A, B, G, J, L, N, O, P, Q, S. Berdasarkan jaringan kerja CPM tersebut dilakukan perhitungan percepatan pada jalur kritis total penyelesaian wak tu normal yang selama 140 hari dengan kenaikan biaya pada jalur kritis menjadi Rp 8.758.923.806. Berdasarkan jaringan kerja PERT tersebut dilakukan perhitungan percepatan pada jalur kritis total penyelesaian wak tu normal yang selama 140 hari menjadi 142 hari dengan kenaikan biaya pada jalur kritis menjadi Rp 8.635.558.682.

 


Full Text:

PDF

References


Asfiati, S. (2018, June). TINGKAT KERUSAKAN JALAN PADA PERKERASAN KAKU AKIBAT VOLUME KENDARAAN DI JALAN PERKOTAAN. In SEMNASTEK UISU 2018.

Asfiati, S., & Mutiara, D. T. (2021). STUDI KESELAMATAN DAN KEAMANAN TRANSPORTASI DI PERLINTASAN SEBIDANG ANTARA JALAN REL DENGAN JALAN UMUM (Studi Kasus Perlintasan Kereta Api Di Jalan Padang, Bantan Timur, Kecamatan Medan Tembung). PROGRESS IN CIVIL ENGINEERING JOURNAL, 1(2).

Faisal, A., Majid, T. A., & Hatzigeorgiou, G. D. (2013). Investigation of story ductility demands of inelastic concrete frames subjected to repeated earthquakes. Soil Dynamics and Earthquake Engineering, 44, 42-53.

Faisal, A., Majid, T. A., & Hatzigeorgiou, G. D. (2013). Investigation of story ductility demands of inelastic concrete frames subjected to repeated earthquakes. Soil Dynamics and Earthquake Engineering, 44, 42-53.

Gunawan, R. (2006). Analisis Sumber Daya Air Daerah Aliran Sungai Bah Bolon Sebagai sarana Pendukung Pengembangan Wilayah di Kabupaten Simalungun dan Asahan. WAHANA HIJAU Jurnal Perencanaan & Pengembangan Wilayah, 2(1).

Hadipramana, J., Mokhatar, S. N., Samad, A. A. A., & Hakim, N. F. A. (2016, November). An exploratory compressive strength of concrete containing modified artificial Polyethylene aggregate (MAPEA). In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 160, No. 1, p. 012065). IOP Publishing.

Hadipramana, J., Samad, A. A. A., Mokhatar, S. N., Riza, F. V., Mohamad, N., & Wahab, M. Y. M. (2017). An investigation of Crater Diameter on Plain Slab Foamed Concrete Rice Husk Ash (FCRHA) Exposed to Low Impact Loading. In MATEC Web of Conferences (Vol. 103, p. 02025). EDP Sciences.

Nurzanah, W. (2020). ANALISA WAKTU TUNGGU BONGKAR MUAT KAPAL DENGAN FASILITAS CRANE DI PELABUHAN GABION BELAWAN. Buletin Utama Teknik, 15(2), 180-190.

Pasaribu, F. I., Roza, I., & Sutrisno, O. A. (2020). Sistem Pengamanan Perlintasan Kereta Api Terhadap Jalur Lalu Lintas Jalan Raya. JOURNAL OF ELECTRICAL AND SYSTEM CONTROL ENGINEERING, 4(1), 43-52.

Prasetijo, J., Wu, N., Ambak, K., Sanik, M. E., Daniel, B. D., & Hadipramana, J. (2016). Performance of non-priority intersections under mixed traffic conditions based on conflict streams analysis. Transportation in Developing Economies, 2(1), 1-9.

Riza, F. V., Rahman, I. A., & Zaidi, A. M. A. (2012). Influence of unground palm oil fuel ash (UPOFA) in compressed earth brick (CEB) properties. In Advanced Materials Research (Vol. 488, pp. 188-193). Trans Tech Publications Ltd.

Siregar, Z. (2013). Kajian Penataan Signage di Jalan Gatot Subroto Medan Sebagai Upaya Menciptakan Kota Yang Manusiawi Secara Visual.

Siregar, Z. (2020). Kajian Penataan Jalur Pedestarian Jalan Kapten Mukhtar Basri Medan Sebagai Akses Utama Kampus UMSU. Jurnal MESIL (Mesin Elektro Sipil), 1(1), 46-55.

Siregar, Z. (2020). Kajian Penataan Jalur Pedestarian Jalan Kapten Mukhtar Basri Medan Sebagai Akses Utama Kampus UMSU. Jurnal MESIL (Mesin Elektro Sipil), 1(1), 46-55.

Siregar, Z., & Dewi, I. (2020). Analisis Ruas Jalan Lintas Sumatera Kota Tebing Tinggi Dan Kisaran Sebagai Titik Rawan Kecelakaan Lalu Lintas. Jurnal MESIL (Mesin Elektro Sipil), 1(2), 63-73.

Sri Frapanti, S. T., & Fahrizal Zulkarnain, S. T. (2021). Dasar-Dasar Desain dan Analisa Beton Prategang. umsu press.

Sri, F., & Rhini, W. D. (2019, November). Stiffness analysis comparison of masonry full infills frame and masonry open middle span frame using Lubuk Pakam Bricks with pushover analysis. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 674, No. 1, p. 012017). IOP Publishing.

SURYANTO, B., DALIMUNTHE, M., NAGAI, K., & MAEKAWA, K. SHEAR FATIGUE PERFORMANCE AND CRACK SURFACE OBSERVATIONS IN PVA-ECC BEAMS WITHOUT WEB REINFORCEMENT.

Zulkarnain, F. (2021, August). Pengembangan dan Analisis Campuran Beton Mutu Tinggi untuk Struktur Dermaga di Indonesia. In Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial dan Humaniora (Vol. 1, No. 1, pp. 54-58).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jurnalilmiahmahasiswateknik@gmail.com


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats