Strategi Komunikasi Pariwisata Pemandian Alam Sejuk (Pas) Di Kabupaten Simalungun Sumatera Utara
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk melatarbelakangi tentang bagaimana proses strategi komunikasi pariwisata yang dilakukan oleh Objek Wisata Pemandian Alam Sejuk (PAS) dalam mempromosikan tempat tersebut. Dalam hal ini penyampaian tentu saja terdapat hambatan sebelum proses promosi dilakukan. Ketua PAS dan perangkat berkeja sama dalam menyampaikan hal ini kepada masyarakat dan tidak ada satu pun pesan yang tertinggal terkait informasi yang disampaikan. Dalam penyampaiannya ada indikator yang dilakukan sebelum memulai program strategi komunikasi pariwisata pemandia alam sejuk pas di kabupaten simalungun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pariwisata pemandian alam sejuk pas di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Tipe penelitian ini menggunakan tipe deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik primer, yaitu wawancaradan observasi, dokumentasi serta teknik data sekunder. Narasumber dalam penelitian ini berjumlah 7 (tujuh) orang yang terdiri dari 3 (tiga) orang pengelola dan 4 (empat) orang pengujung. Dalam penelitian ini teknik yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif. Lokasi penelitian ini di lakukan di Desa Mariah Jambi, Kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi pariwisata disampaikan dan dilakukan dengan baik dan dapat diterima dengan baik serta tepat sasaran dan mengahsilkan perubahan. Dari sedgoi penyampaian, imformasi yang disampaikan mengenai strategi komunikasi pariwisata ini bisa berjalan dengan baik dan benar dari tahun ke tahun.
Full Text:
PDFReferences
Buku
Bungin, Burhan. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif : Aktualisasi Metodogis Ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Jakarta : PT Rajahrafindo Persada.
Herdiansyah, Haris. 2015. Wawancara, Observasi, dan Focus Groups Sebagai Istrumen Peggalian Data Kualitattif. Jakarta : Rajawali Pers.
Jurnal
Amelia, S. (2021). EFEKTIVITAS PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN DALAM RANGKA MEWUJUDKAN PENERTIBAN PEMBANGUNAN DI KOTA MEDAN (Doctoral dissertation, UMSU).
Amelia, S. (2021). EFEKTIVITAS PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN DALAM RANGKA MEWUJUDKAN PENERTIBAN PEMBANGUNAN DI KOTA MEDAN (Doctoral dissertation, UMSU).
Amri, Z., & Harahap, T. H. (2018). PELABELAN GRACEFUL, SKOLEM GRACEFUL DAN PELABELAN RHO TOPI PADA GRAF 8 BINTANG. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Amrizal, D. (2018). PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI MANAJEMEN MUTU INTERNAL PADA SIKLUS MUTU DI UNIVERSITAS SUMATERA UTARA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Amrizal, D. (2018). PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI MANAJEMEN MUTU INTERNAL PADA SIKLUS MUTU DI UNIVERSITAS SUMATERA UTARA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Dalimunthe, M. (2017). Efektivitas Komunikasi Pemasaran Bank Muamalat Cabang Gajah Mada Medan Dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah (Doctoral dissertation).
Hidayat, F. P. (2020). Aktualisasi Diri Mahasiswa di Dalam Media Sosial Instagram
Koto, M. A. (2018). Dampak Penggunaan Situs Www. Infofotografi. Com Sebagai Media Pembelajaran Fotografi Bagi Mahasiswa Jurnalistik Stik-P (Doctoral dissertation).
Lubis, H. (2018). Efektivitas Sosialiasai Pemilu dalam Rangka Meningkatkan Partisipasi Pemilih di KPUD Kabupaten Langkat.
Lubis, H. (2018). Efektivitas Sosialiasai Pemilu dalam Rangka Meningkatkan Partisipasi Pemilih di KPUD Kabupaten Langkat.
MEDAN, K. IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA MEDAN NOMOR 7 TAHUN 2002 DALAM RANGKA PENGELOLAAN IZIN PELATARAN PARKIR DI.
MEDAN, P. D. K. K. EFEKTIVITAS SOSIALISASI PILKADA DALAM RANGKA MENINGKATKAN PARTISIPASI.
MEDAN, K. IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA MEDAN NOMOR 7 TAHUN 2002 DALAM RANGKA PENGELOLAAN IZIN PELATARAN PARKIR DI.
MEDAN, P. D. K. K. EFEKTIVITAS SOSIALISASI PILKADA DALAM RANGKA MENINGKATKAN PARTISIPASI.
Nasution, N. (2020). Penerapan Model Sosialisasi Spiritual Quotion Terhadap Motivasi Usaha Bisnis Makanan Halal Produksi Rumah Tangga..
Prasetya, D., & Rani, M. (2014). Pengembangan Pariwisata Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur (Studi Kasus: Pantai Lombang). Jurnal Politik Muda, 3 (3), 412421. http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-jpm5b0b20ff16full.pdf.
Riwando, A. (2021). Aktivitas Bakti Sosial Komunitas Motor Crown Maxx Dalam Menghapus Citra Negatif Pada Masyarakat (Doctoral dissertation, UMSU).
Sinaga, C. N. A. (2017). Strategi Komunikasi Radio Komunitas Usukom FM dalam Mempertahankan Eksistensinya. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 1-16.
Sinaga, C. N. A. (2019). Peningkatan Pengetahuan Jurnalistik Siswa SMA Kota Medan Melalui Pemanfaatan Smartphone. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 169-179.
Sinaga, C. N. A. (2014). Penggunaan Dan Kepuasan Pendengar Terhadap Muzik Dangdut Di Radio: Satu Kajian Survey Pada Masyarakat Pendengar Di Pinggir Dan Bandar Medan.
Suharyanti, Wijaya, B. S. &Rostika, M. (2015).Riding the Country, Buying the Brand: How Country-of-Origin Image Drives the Purchase Behavior of Big Motorcycle Consumers in Indonesia. Asian Social Science, 11(27), 185-194. http://dx.doi.org/10.5539/ass.v11n27p185
Wahyuni, R. R. 2016. Eksplorasi Potensi Ekowisata di Rokan Hulu Exploration Potential of Ecotourism in Rokan Hulu, 6 (2). https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/jae/article/download/755/495/.
.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL]
Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Universitas Muhammadiyah Sumatera UtaraKampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats View My Stats