Perencanaan Komunikasi Pemasaran Founder GLSK Melalui Video dan Foto di Media Sosial

Dino Syahputra

Abstract


GLSK adalah brand foto dan video dokumentasi di Medan, brand ini sudah seperti trendsetter bagi para pekerja videografi. Brand GLSK sendiri baru berusia 4 tahun tapi sudah bisa menjadi brand teratas di kota Medan, ini dapat dilihat dari project yang dikerjakan oleh mereka yang ditampilkan di sosial media instagram GLSK dan foundernya, mulai dari anak presiden, artis dan lainnya sertamereka juga pernah mengerjakan pekerjaan ini sampai luar negri. Untuk sampai ke titik seperti inifounder GLSK melakukan pemasaran melalui sosial media lewat foto dan video, tentunya denganperencanaan komunikasi pemasaran yang dibuat dan dilakukan oleh founder GLSK. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui perencanaan komunikasi pemasaran yang dilakukan founder GLSK melalui foto dan video di media sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodekualitatif dengan pendekatan deskriptif, cara mengumpulkan data adalah dengan wawancara,observasi dan dokumentasi. Adapun narasumber dari penelitian ini adalah founder sekaligus CEO dari GLSK. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa founder GLSK sudah melakukan pemasarandengan perencanaan komunikasi sesuai dengan menerapkan dasar-dasar tahapan perencanaankomunikasi menurut Wahyudi (2010) seperti: tahap identifikasi masalah, tahap perumusan tujuan komunikasi, tahap penetapan rencana strategis, tahap penetapan rencana operasional, tahap penyusunan rencana evaluasi, tahap perencanaan rekomendasi. Salah satunya dengan cara uploadfoto dan video hasil produksi GLSK di sosial media instagram dengan kualitas standar yang sudahditetapkan GLSK sendiri serta tetap memberikan ciri khas dari GLSK dengan konsisten, menjagasikap bersosial media untuk menjaga serta menaikkan nama baik brand GLSK dan lainnya. Denganmelakukan berbagai macam hal di atas maka dapat menarik minat konsumen dan meningkatkanpemasaran brand GLSK melalui video dan foto di media sosial.

Keywords


perencanaan komunikasi; komunikasi pemasaran; media sosial

Full Text:

PDF

References


Amini, N. R., Naimi, N., & Lubis, S. A. S. (2019). Implementasi Kurikulum Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam Meningkatkan Sikap Religiusitas Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11(2), 359-372.

Anshori, A. (2018). Pengaruh Iklan Politik Terhadap Persepsi Pemilih Kota Medan Tahun 2018. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 132-144.

Anshori, A. (2019). Opini Masyarakat Kota Medan Terhadap Pemilihan Serentak Presiden Dan Legislatif Tahun 2019. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 142-156.

Anshori, A., & Adhani, A. (2019). Pengaruh Budaya dalam Pesan Politik Terhadap Perilaku Pemilih Kota Medan Pada Pemilu Tahun 2019.

Aprilia, Ditia. 2019. Komunikasi Pemasaran PT. Pegadaian Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Pada Program Gadai Prima, Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Assauri, S. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Basu, Swastha, & Irawan. 2001. Manajemen Pemasaran Modern, Liberty. Yogyakarta. Belch, G.E and M.A. Belch. 2004. Advertising

And Promotion: An Integrated Marketing Comunications Perspective, Sixth Edition, The McGraw Hill/Irwin: New York.

Budyatna, Muhammad. 2012. Komunikasi Bisnis Silang Budaya. Jakarta: KENCANA Prenada Mesia Grup.

Cangara, Hafied. 2014. Perencanaan & Strategi Komunikasi. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

-------. 2014. Komunikasi Politik: Konsep, Teori dan Strategi. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

-------. 2013. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Sosial. Bandung: Alfabeta. Djunaidi Ghony dan Fauzan Almanshur. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Effendy, Onong Uchjana. 2007. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hardiyanto, S. (2017). Pengaruh employee relation Terhadap kepuasan komunikasi karyawan PDAM Tirtanadi cabang Sei Agul. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 43-49.

Hardiyanto, S., Lubis, F. H., & Hidayat, F. P. (2020). Persepsi Masyarakat Terhadap Acara Islam Itu Indah Di Trans Tv (Studi Deskriptif Ibu-Ibu Perwiritan Lorong Pipa Kelurahan Sari Rejo Kecamatan Medan Polonia).

Hardiyanto, S., & Pulungan, D. (2019). Komunikasi Efektif Sebagai Upaya Penanggulangan Bencana Alam di Kota Padangsidimpuan. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 30-39.

Hardiyanto, S., & Romadhona, E. S. (2018). Remaja dan Perilaku Menyimpang. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 23- 32.

Hidayat, F. P., & Lubis, F. H. (2021). Literasi media dalam menangkal radikalisme pada siswa. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 31-41.

Lubis, F. H. (2017). ANALISIS SEMIOTIKA BILLBOARD PASANGAN CALON WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA MEDAN 2015. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 17-42.

Lubis, F. H. (2018). Opini Mahasiswa Kota Medan Terhadap Iklan Politik Calon Gubernur Dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Tahun 2018. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 157-166.

Lubis, S. A. S. (2019). Hadis Rasulullah Seputar Komunikasi Antarbudaya. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 66- 80.

Luthfi Lubis, Muhammad. 2018. Strategi Komunikasi Pemasaran Tour Guide Dalam Mempromosikan Wisata Lokal Di Sumatera Utara, Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera utara.

Martono, Nanang. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Analisis dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Putra, N., & Lubis, F. H. (2019). Diskursus Politik Islam dan Kebijakan Ideologis Media Massa di Sumatera Utara. Persepsi: Communication Journal, 2(2), 1-10.

Rudianto, R., & Anshori, A. (2021). Komunikasi Organisasi Antar Budaya di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Sumatera Utara. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 11-19.

Saleh, A. (2021). [Prosiding] Seminar Internasional di UPSI Malaysia. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Thariq, M., & Anshori, A. (2017). Komunikasi adaptasi mahasiswa indekos. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 156-173.

Thariq, M. (2020). Pola Komunikasi Adaptasi Mahasiswa Asal Malaysia (Studi Pada Program Student Exchange Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia).

Wahyudi, R. O. B. 2010. Modul Perencanaan dan Pengelolaan Komunikasi. Surabaya: Program Pasca Sarjana Magister Ilmu Komunikasi Universitas Dr. Soetomo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats View My Stats