Program Corporate Social Responsibility PT Medan Sugar Industry dalam Meningkatkan Citra Perusahaan

Abdul Fadhil Oloan Hasibuan

Abstract


PT. Medan Sugar Industry sadar akan kebutuhan untuk berbagi dan berkontribusi pada masyarakat tempat kita tinggal. Dengan demikian, perusahaan melakukan program CSR (Corporate Social Responsibility) setiap tahun sebagai refleksi pandangan dan kepedulian positif terhadap kemanusiaan. Tujuan utama melalui program CSR adalah berbagi dengan komunitas dan dengan mereka yang kurang beruntung. Perusahaan yakin bahwa tindakan ini akan menginspirasi orang lain untuk mengambil penyebab serupa dan menciptakan lingkungan yang kondusif di mana orang berkomitmen untuk membantu orang lain. Sesuai dengan apa yang telah diuraikan pada latar belakang dan perumusan masalah dapatlah dikemukakan tujuan dari penelitian yang dilakukan yaitu untuk mengetahui bagaimana aktivitas program Corporate Social Responsibility dalam program penanaman pohon bakau di Bagan Percut untuk meningkatkan citra perusahaan di PT. Medan Sugar Industry. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa aktivitas program Corporate Social Responsibility yang dilakukan oleh PT. Medan Sugar Industry dalam meningkatkan citra perusahaan kepada masyarakat adalah program penanaman pohon bakau di pesisir pantai Desa Bagan Percut Kecamatan percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Dampak positif yang dirasakan masyarakat Desa Bagan Percut terhadap program CSR yang dilaksanakan oleh PT. Medan Sugar Industry yakni dengan semakin banyaknya mangrove tentu akan sangat baik untuk kehidupan masyarakat sekitar karena mampu menahan abrasi, dan tentu juga untuk kehidupan makhluk hidup yg ada di pesisir laut, seperti ikan dll.

Keywords


corporate social responsibility; citra perusahaan; kondusif

Full Text:

PDF

References


Amalia, F. R. (2018). Strategi Komunikasi Pembangunan Dalam Pemanfaatan Dana Alokasi Nagari (Di Nagari Limo Kaum Sumatera Barat) (Doctoral dissertation).

Anonim. (1997). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka. Dapertemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Apriadi, Tamburaka. (2013). Literasi Media : Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa, Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta. Rineka Cipta.

Azheri, Busyra. (2012). Coorporate Social Responsibility : Dari Voluntary Menjadi Mondatory. Jakarta. Rajawali Press.

Bungin, Burhan, (2006). Sosiologi Komunikasi; Teori Pradigma dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat, Jakarta, Kencana Premedia.

Cangara, hafied. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Moenir. (2006). Managemen Pelayanan Umum Di Indonesia, Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Mulyana, Deddy. (2005). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung. Remaja Rosdakarya.

Nawawi, Hadari. (2005). Metode Penelitian Survei, Edisi Revisi. Yogyakarta. Liberty.

Saleh, A., & Dalimunth, A. H. (2018). Model of Corporate Social Responsibility (CSR) Gold Mining for Community Empowerment Batangtoru District of South Tapanuli in North Sumatra Province. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 1(3), 144-152.

Saleh, A., & Sihite, M. (2020). Strategi Komunikasi untuk Program Corporate Social Responsibility dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 98-105.

Solihin, Ismail. (2009). Pengantar Managemen, Jakarta. Erlangga.

Sutojo, Siswanto, (2004): Membangun Citra Perusahaan, Jakarta, PT. Damar Mulia Pustaka.

Suharto, Edi. (2008). Kebijakan Sosial Sebagai Kebijakan Publik, Bandung. Alfabeta.

Tayibnafis, Farida Yusuf. (2000). Evaluasi Program, Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Ulum, Ihyaul. (2009). Intelectual Capital : Konsep Dan Kajian Empiris. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Wibisono, Yusuf. (2007). Membedah Konsep Dan Aplikasi CSR (Corporate Social Responsibility), Pustaka Indriantoro.

Wiryanto. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta. PT. Gramedia Widiasarana.

Widjaja, H.A.W. (2000). Ilmu Komunikasi, Edisi Revisi, Jakarta. Penerbit Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats View My Stats