Reaksi Anggota Komunitas Driver Gojek Menteng Sekitar Terhadap Sistem Pemerataan Pesanan

Dwi Gusnaldi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana respon anggota komunitas driver gojek menteng sekitar terhadap adanya sistem pemerataan orderan. Sistem pemerataan orderan merupakan sistem yang diberlakukan oleh PT Gojek Indonesia agar para driver mendapatkan orderan secara merata. Sistem ini muncul karena adanya sistem akun prioritas dan akun gagu di kalangan mitra Gojek. Hal tersebut yang kemudian menuai kontroversial khususnya dikalangan driver Gojek Menteng sekitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif, teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti melalui wawancara dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini yaitu hasil wawancara dengan 8 anggota komunitas driver Gojek Menteng sekitar. Hasil penelitian ini menemukan bahwa anggota komunitas driver Gojek Menteng sekitar memberikan respon berdasarkan respon kognitif, respon afektif, dan respon behavioral. Dari segi kognitif, respon anggota komunitas driver Gojek Menteng sekitar yaitu negative, sebab 6 dari 8 informan mengatakan tidak setuju dengan sistem ini. Dari segi afektif, respon anggota komunitas driver Gojek Menteng sekitar yaitu negative, sebab 6 dari 8 informan merasa kecewa dengan adanya sistem ini karena penghasilan mereka jadi menurun. Sedangkan dari segi behavioral, respon anggota komunitas driver Gojek Menteng sekitar yaitu positif, sebab dengan adanya sistem pemerataan orderan mereka jadi menambah porsi kerja.

Keywords


respon; gojek; pemerataan orderan

Full Text:

PDF

References


Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. PT. Raja Grafindo Persada.

Arni, M. (2011). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara. Bungin, B. (2008). Sosiologi Komunikasi. Prenada Media Group.

Cangara, H. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi edisi kedua. Jakarta :Rajawali pers. Chaplin, J. P. (2004) Kamus Lengkap Psikologi, cet. ke-9.Jakarta : PT. Raja Grafindo

Persada.

Effendi, O.U. (2005). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung : PT. Citra Aditya Bakri.

Effendi, O.U (2011) komunikasi teori dan praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Liliweri, A (2014). Sosiologi & Komunikasi Organisasi. Jakarta:PT. Bumi Aksara.

Mulyana, D. (2010). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT. Remaja Rosdkarya Bandung. Rakhmat, J. (2004). Psikologi Komunikasi ,cet. ke 3. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rudy, may. (2010). Komunikasi Hubungan Masyarakat Internasional. Bandung: Refika Aditama.

Sugiono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA. Sujana, A. (2004). Psikologi Umum. Jakarta: Bumi Aksara.

Amelia, S. (2021). EFEKTIVITAS PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN DALAM RANGKA MEWUJUDKAN PENERTIBAN PEMBANGUNAN DI KOTA

MEDAN (Doctoral dissertation, UMSU).

Amri, Z., & Harahap, T. H. (2018). PELABELAN GRACEFUL, SKOLEM GRACEFUL DAN

PELABELAN RHO TOPI PADA GRAF 8 BINTANG. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Amrizal, D. (2018). PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI MANAJEMEN MUTU INTERNAL PADA SIKLUS MUTU DI UNIVERSITAS SUMATERA

UTARA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Dalimunthe, M. (2017). Efektivitas Komunikasi Pemasaran Bank Muamalat Cabang Gajah Mada Medan Dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah (Doctoral dissertation).

Hidayat, F. P. (2020). Aktualisasi Diri Mahasiswa di Dalam Media Sosial Instagram. Hidayat, F. P. (2020). Aktualisasi Diri Mahasiswa di Dalam Media Sosial Instagram.

Koto, M. A. (2018). Dampak Penggunaan Situs Www. Infofotografi. Com Sebagai Media Pembelajaran Fotografi Bagi Mahasiswa Jurnalistik Stik-P (Doctoral dissertation).

Lubis, H. (2018). Efektivitas Sosialiasai Pemilu dalam Rangka Meningkatkan Partisipasi Pemilih di KPUD Kabupaten Langkat.

Maharani, A.Q. (2017). Prosdur Pembayaran Kredit Pada Pt Bpr Banyu Arthacitra Cabang Kuwungaten Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhamdddiyah Purwokerto

MEDAN, K. IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA MEDAN NOMOR 7 TAHUN 2002 DALAM RANGKA PENGELOLAAN IZIN PELATARAN PARKIR DI.

MEDAN, P. D. K. K. EFEKTIVITAS SOSIALISASI PILKADA DALAM RANGKA MENINGKATKAN PARTISIPASI.

Mujahiddin, M., & Harahap, M. S. (2017). Model penggunaan media sosial di kalangan pemuda. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 142-155.

Nasution, N. (2020). Penerapan Model Sosialisasi Spiritual Quotion Terhadap Motivasi Usaha Bisnis Makanan Halal Produksi Rumah Tangga..

Nurul, F.U. (2013). Respon Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam Uin Syarif Hidayatullah Jakarta Terhadap Program Dakwah Hikayat Di Indosiar. Fakultas Ilmu Dakwah Dan Ilmu Komunikasi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Nur, R.M .(2018). Dampak Ojek Online Terhadap Kesejahteraan Sosial (Studi Kasus Pada Komunitas Independent Gojek Di Yogyakarta). Fakultas Dakwah Dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

PRATIWI, D. Pola Komunikasi Pedagang Etnis Tionghoa dengan Pembeli Pribumi di Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat.

Riwando, A. (2021). Aktivitas Bakti Sosial Komunitas Motor Crown Maxx Dalam Menghapus Citra Negatif Pada Masyarakat (Doctoral dissertation, UMSU).

Sinaga, C. N. A. (2017). Strategi Komunikasi Radio Komunitas Usukom FM dalam Mempertahankan Eksistensinya. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 1- 16.

Sinaga, C. N. A. (2019). Peningkatan Pengetahuan Jurnalistik Siswa SMA Kota Medan Melalui Pemanfaatan Smartphone. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 169-179.

Sinaga, C. N. A. (2014). Penggunaan Dan Kepuasan Pendengar Terhadap Muzik Dangdut Di Radio: Satu Kajian Survey Pada Masyarakat Pendengar Di Pinggir Dan Bandar Medan.

Thariq, M., & Anshori, A. (2017). Komunikasi adaptasi mahasiswa indekos. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 156-173.

Thariq, M. (2020). Pola Komunikasi Adaptasi Mahasiswa Asal Malaysia (Studi Pada Program Student Exchange Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia).

Tanjung, R. S. (2019). Motivasi dan Perilaku Penggemar Musik Korean Pop di Medan (Doctoral dissertation).

Amelia, S. (2021). EFEKTIVITAS PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN DALAM RANGKA MEWUJUDKAN PENERTIBAN PEMBANGUNAN DI KOTA

MEDAN (Doctoral dissertation, UMSU).

Amri, Z., & Harahap, T. H. (2018). PELABELAN GRACEFUL, SKOLEM GRACEFUL DAN

PELABELAN RHO TOPI PADA GRAF 8 BINTANG. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Amrizal, D. (2018). PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI MANAJEMEN MUTU INTERNAL PADA SIKLUS MUTU DI UNIVERSITAS SUMATERA

UTARA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Dalimunthe, M. (2017). Efektivitas Komunikasi Pemasaran Bank Muamalat Cabang Gajah Mada Medan Dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah (Doctoral dissertation).

Hidayat, F. P. (2020). Aktualisasi Diri Mahasiswa di Dalam Media Sosial Instagram. Hidayat, F. P. (2020). Aktualisasi Diri Mahasiswa di Dalam Media Sosial Instagram.

Koto, M. A. (2018). Dampak Penggunaan Situs Www. Infofotografi. Com Sebagai Media Pembelajaran Fotografi Bagi Mahasiswa Jurnalistik Stik-P (Doctoral dissertation).

Lubis, H. (2018). Efektivitas Sosialiasai Pemilu dalam Rangka Meningkatkan Partisipasi Pemilih di KPUD Kabupaten Langkat.

Maharani, A.Q. (2017). Prosdur Pembayaran Kredit Pada Pt Bpr Banyu Arthacitra Cabang Kuwungaten Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhamdddiyah Purwokerto

MEDAN, K. IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA MEDAN NOMOR 7 TAHUN 2002 DALAM RANGKA PENGELOLAAN IZIN PELATARAN PARKIR DI.

MEDAN, P. D. K. K. EFEKTIVITAS SOSIALISASI PILKADA DALAM RANGKA MENINGKATKAN PARTISIPASI.

Mujahiddin, M., & Harahap, M. S. (2017). Model penggunaan media sosial di kalangan pemuda. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 142-155.

Nasution, N. (2020). Penerapan Model Sosialisasi Spiritual Quotion Terhadap Motivasi Usaha Bisnis Makanan Halal Produksi Rumah Tangga..

Nurul, F.U. (2013). Respon Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam Uin Syarif Hidayatullah Jakarta Terhadap Program Dakwah Hikayat Di Indosiar. Fakultas Ilmu Dakwah Dan Ilmu Komunikasi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Nur, R.M .(2018). Dampak Ojek Online Terhadap Kesejahteraan Sosial (Studi Kasus Pada Komunitas Independent Gojek Di Yogyakarta). Fakultas Dakwah Dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

PRATIWI, D. Pola Komunikasi Pedagang Etnis Tionghoa dengan Pembeli Pribumi di Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat.

Riwando, A. (2021). Aktivitas Bakti Sosial Komunitas Motor Crown Maxx Dalam Menghapus Citra Negatif Pada Masyarakat (Doctoral dissertation, UMSU).

Sinaga, C. N. A. (2017). Strategi Komunikasi Radio Komunitas Usukom FM dalam Mempertahankan Eksistensinya. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 1- 16.

Sinaga, C. N. A. (2019). Peningkatan Pengetahuan Jurnalistik Siswa SMA Kota Medan Melalui Pemanfaatan Smartphone. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 169-179.

Sinaga, C. N. A. (2014). Penggunaan Dan Kepuasan Pendengar Terhadap Muzik Dangdut Di Radio: Satu Kajian Survey Pada Masyarakat Pendengar Di Pinggir Dan Bandar Medan.

Thariq, M., & Anshori, A. (2017). Komunikasi adaptasi mahasiswa indekos. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 156-173.

Thariq, M. (2020). Pola Komunikasi Adaptasi Mahasiswa Asal Malaysia (Studi Pada Program Student Exchange Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia).

Tanjung, R. S. (2019). Motivasi dan Perilaku Penggemar Musik Korean Pop di Medan (Doctoral dissertation).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats View My Stats