Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Coffee Marroan Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen
Abstract
Coffee Marroan merupakan Coffee Shop yang memiliki cita rasa kopi yang khas dan memiliki tempat ngopi yang nyaman serta lokasi yang strategis untuk dikunjungi khususnya di Kota Medan. Termasuk pembahasan terkait dengan melihat usaha dengan menggunakan sistem Digital Marketing sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran untuk meningkatkan Jumlah Konsumen merupakan hal yang menarik. Peneliti mengambil lokasi penelitian di Coffee Marroan di Kota Medan. Penelitian dengan judul Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Coffee Marroan Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen, memiliki rumusan masalah Bagaimana penggunaan Digital Marketing untuk meningkatkan konsumennya di era sekarang ini. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk melihat usaha melalui Digital Marketing sebagai strategi komunikasi pemasaran untuk meningkatkan jumlah konsumen di Coffe Marroan. Teori-teori yang digunakan adalah teori Digital Marketing, Tujuan Sosial Media Marketing, Manfaat Sosial Media Marketing, Aplikasi Sosial Media Marketing, Strategi Komunikasi Pemasaran, Definisi Komunikasi Pemasaran, Fungsi Komunikasi Pemasaran, Tujuan Komunikasi Pemasaran, Mengembangkan Komunikasi Pemasaran Yang Efektif, Modal Komunikasi Pemasaran Terpadu, Pemasaran Melalui Media Internet, Meningkatkan Konsumen, Perkembangan Perilaku Konsumen dan Komunikasi Bisnis. Jenis penelitian yang diambil peneliti adalah dekskriptif kualitatif. Tahap pengumpulan data penelitian yaitu melakukan proses wawancara tatap muka dengan narasumber, observasi serta dokumentasi, hasil pengamatan, dan hasil pembicaraan yang dianalisis peneliti hingga tahap penarikan kesimpulan. Narasumber yang diwawancara oleh peneliti yaitu 2 (dua) orang narasumber terdiri dari owner dan penanggung jawab Coffee Marroan dengan mengajukan 10 pertanyaan untuk memenuhi kebutuhan dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan, pemanfaatan promosi dengan menggunakan Digital Marketing khususnya pada Media Sosial seperti Facebook, Instagram, dan Google maps, pemanfaatan tersebut untuk menarik minat konsumen serta dapat meningkatkan jumlah konsumen.
Kata Kunci: digital marketing, strategi komunikasi pemasaran, coffee marroan, meningkatkan jumlah konsumen
Full Text:
PDFReferences
Buku
Creswell, John, (1994). Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches, London: SAGE Publications
Hermawan, Agus. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta : PT. Gelora Aksara Pratama. Hal. 40-63
Hermawan, Agus. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta : PT. Gelora Aksara Pratama. Hal. 206
Kartini, kartono. (1980). Pengantar Metodologi Research Sosial. Alumni, Bandung
Mangold, WG. And Faulds, DJ. (2009). Social Media: The New Hybrid Element of The Promotion Mix.
Muhammad, A. (2011). Komunikasi Organisasi (Cet.12). Jakarta: Bumi Aksara.
Poerwandri, E. Kristi. (1998). Pendekatan Kualitatifdalam Penelitian Psikologi. Jakarta: LPSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia
Sanjaya, Ridwan & Josua, Tarigan. (2009). Creative Digital Marketing. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Schiffman, Leon.G. dan Leslie Lazar Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi Ke-7. Diterjemahkan oleh Zoelkifli Kasip. PT. Indeks, Jakarta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Hal 338-55
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Walidin, Warul, dkk. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif dan FTK. Banda Aceh: Ar-Raniry Press.
Jurnal
Aflah, H. (2018). Representasi Nilai-Nilai Islam dalam Film Duka Sedalam Cinta (Analisis Semiotika) (Doctoral dissertation).
Ahsani, H. F. (2021). Proses Branding Kallia Coffee Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis (Doctoral dissertation, UMSU).
Amini, N. R., Naimi, N., & Lubis, S. A. S. (2019). Implementasi Kurikulum Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam Meningkatkan Sikap Religiusitas Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11(2), 359-372.
Amri, Z., & Harahap, T. H. (2018). PELABELAN GRACEFUL, SKOLEM GRACEFUL DAN PELABELAN RHO TOPI PADA GRAF 8 BINTANG. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Ananda, I. W. (2021). Pola Komunikasi Organisasi Himpunan Mahasiswa Bener Meriah (HIMABEM) di Kota Medan dalam Meningkatkan Solidaritas Keanggotaan (Doctoral dissertation).
Anisa, R. S. (2021). Pola Komunikasi Antara Guru dengan Anak Autis dalam Proses Belajar Mengajar di SLB-C Syauqi Day Care Serdang Bedagai (Doctoral dissertation).
Anshori, A. (2016). Berita Pilkada Dalam Bingkai Media Cetak.
Anshori, A. (2018). Pengaruh Iklan Politik Terhadap Persepsi Pemilih Kota Medan Tahun 2018. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 132-144.
Anshori, A., & Adhani, A. (2019). Pengaruh Budaya dalam Pesan Politik Terhadap Perilaku Pemilih Kota Medan Pada Pemilu Tahun 2019.
Anshori, A. (2019). Opini Masyarakat Kota Medan Terhadap Pemilihan Serentak Presiden Dan Legislatif Tahun 2019. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 142-156.
Anshori, A. (2019). Pencitraan Politik Melalui Media Sosial terhadap Sikap Pemilih di Kota Medan.
Anshori, A. (2017). Media Luar Ruang, Budaya Lokal dan Perilaku Politik.
Ariana, W. (2019). Opini Masyarakat Asahan Terhadap Pelaksanaan Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019 (Doctoral dissertation).
Aulia, R., Ginting, R., & Khairani, L. (2020). Model Komunikasi Antarbudaya dalam mewujudkan Nilai-nilai Multikulturalisme melalui Kearifan Lokal Marjambar di Kelurahan Bunga Bondar Sipirok. Jurnal SOMASI (Sosial Humaniora Komunikasi), 1(2), 197-212.
Br Ginting, A. (2018). Dampak Pemberitaan Kasus First Travel Terhadap Kepercayaan Masyarakat dalam Memilih Travel Umroh (Doctoral dissertation).
Dalimunthe, M. (2017). Efektivitas Komunikasi Pemasaran Bank Muamalat Cabang Gajah Mada Medan Dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah (Doctoral dissertation).
Diningsih, I. P. (2021). PENGARUH PROGRAM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA, BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN YANG DIMEDIASI OLEH STRESS KERJA PADA MITRA PENGGUNA JASA LAYANAN BALAI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA MEDAN (Doctoral dissertation).
Efendi, Z. (2021). Budaya Pop Dan Persaingan Identitas (Studi Deskriptif Pada Komunitas Anime Attack On Titan) (Doctoral dissertation, UMSU).
Faustyna, F., & Jumani, J. (2017). Pengaruh Pengembangan Karir Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Pelabuhan Indonesia I (PERSERO) Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 15(1).
Fudzah, N., Bahri, S., & Khairani, L. (2020). PENGARUH KOMUNIKASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABLE INTERVENING PADA PT. POS INDONESIA KANTOR REGIONAL I MEDAN. Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 1(3), 173-183.
Hardiyanto, S., Lubis, F. H., & Hidayat, F. P. (2020). Persepsi Masyarakat Terhadap Acara Islam Itu Indah Di Trans Tv (Studi Deskriptif Ibu-Ibu Perwiritan Lorong Pipa Kelurahan Sari Rejo Kecamatan Medan Polonia).
Hardiyanto, S., & Romadhona, E. S. (2018). Remaja dan Perilaku Menyimpang. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 23-32.
Hardiyanto, S., & Pulungan, D. (2019). Komunikasi Efektif Sebagai Upaya Penanggulangan Bencana Alam di Kota Padangsidimpuan. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 30-39.
Hardiyanto, S. (2017). Pengaruh employee relation Terhadap kepuasan komunikasi karyawan PDAM Tirtanadi cabang Sei Agul. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 43-49.
HENDRA, Y., Rudianto, R., & Priadi, R. (2018). ANALISIS MODEL KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM KOMUNIKASI MITIGASI BENCANA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Hidayah, E. (2021). Efektivitas Media Sosial Pinterest Terhadap Peningkatan Pengetahuan Mahasiswa Tata Busana Universitas Negeri Medan (Doctoral dissertation, UMSU).
Hidayat, F. P. (2020). Aktualisasi Diri Mahasiswa di Dalam Media Sosial Instagram.
Hidayat, F. P., & Lubis, F. H. (2021). Literasi media dalam menangkal radikalisme pada siswa. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 31-41.
Hidayat, F. P., & Rudianto, R. (2020, October). Intercultural Communication of Malays with Banjar Tribes in Pekan Tanjung Beringin Serdang Bedagai Village. In Proceeding International Conference on Language and Literature (IC2LC) (pp. 37-40).
Hidayat, F. P. (2018). Literasi Media Terhadap Penggunaan Media Sosial pada Mahasiswa di Kota Medan (Doctoral dissertation).
Kabu, S. R., & Priadi, R. (2020). Kompetensi Komunikasi Pimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Di Kementerian Agama Kabupaten Nias Utara. Persepsi: Communication Journal, 3(1), 12-22.
Khairani, L. (2020). [BUKU] PROSIDING SEMINAR INTERNASIONAL BUDAYA KOMUNIKASI DAN TEKNOLOGI. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.
Khairani, L. (2020). [BUKU] Sejarah Politik dan Kekuasaan. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.
Koto, M. A. (2018). Dampak Penggunaan Situs Www. Infofotografi. Com Sebagai Media Pembelajaran Fotografi Bagi Mahasiswa Jurnalistik Stik-P (Doctoral dissertation).
Kurniati, I. (2021). Representasi Perjuangan Seorang Ayah dalam Film Sejuta Sayang Untuknya (Doctoral dissertation).
Lestari, A. G. (2019). Pola Komunikasi Kepala Desa Dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Alokasi Dana Desa (Kabupaten Simalungun) (Doctoral dissertation).
Limbong, R. J. (2021). Strategi Komunikasi Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Aceh Tengah Dalam Mengembangkan Wisata Danau Lut Tawar (Doctoral dissertation).
Lubis, S. A. S. (2019). Hadis Rasulullah Seputar Komunikasi Antarbudaya. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 66-80.
Maulana, I. (2017). Pengaruh Film Animasi Di Global Tv Terhadap Aktivitas Ibadah Shalat Maghrib Di Lingkungan Madrasah Alikhlas Taqwa Medan (Doctoral dissertation).
MEDAN, K. T. B. PEMANFAATAN APLIKASI YOUTUBE SEBAGAI SARANA MENYEBARLUASKAN BERITA OLEH.
MEDAN, S. P. P. K. (2019). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA.
Mujahiddin, M., & Harahap, M. S. (2017). Model penggunaan media sosial di kalangan pemuda. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 142-155.
Munthe, N. B. (2020). Opini siswa tentang rencana penghapusan ujian nasional pada tahun 2021 (Studi Kasus Pada SMA Negeri 2 Medan). Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Monika, Y. (2021). Strategi Komunikasi Pariwisata Pemandian Alam Sejuk (Pas) Di Kabupaten Simalungun Sumatera Utara (Doctoral dissertation, UMSU).
Napitupulu, A. M. (2021). Persepsi Masyarakat Terhadap Pengembangan Wisata Di Kawasan Kantor Bupati Tapanuli Selatan (Doctoral dissertation, UMSU).
Nasution, N. (2020). Penerapan Model Sosialisasi Spiritual Quotion Terhadap Motivasi Usaha Bisnis Makanan Halal Produksi Rumah Tangga.
Nasution, B. A. (2021). Persepsi mahasiswa fakultas ekonomi UNIMED terhadap aplikasi platform film di smartphone (Doctoral dissertation, UMSU).
Nasution, U. R. (2021). Analisis Strategi Peningkatan Kesejahteraan Mustahik Melalui Program Pendayagunaan UMKM Oleh LAZISMU Kota Medan (Doctoral dissertation).
Ningsih, W. (2021). Pengaruh Media Sosial Lazismu Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Muzakki Di Lazismu Kota Medan (Doctoral dissertation, UMSU).
Pramusinta, B. D. (2020). Dampak Aplikasi Youtube Terhadap Psikologi Anak.
Pramusinta, B. D. (2021). Igital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Coffee Marroan dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen (Doctoral dissertation).
Prayogo, K. A. (2021). Ersepsi Masyarakat Kota Medan Tentang Pelayanan dan Fasilitas Bus Trans Metro Deli (Doctoral dissertation).
Priadi, R. (2020). [Turnitin] Teacher Communication Effectiveness in the Learning Process. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.
Priadi, R. (2020). [Turnitin] The Phenomenon Of Islamic State Of Iraq And Syria (ISIS) Onrepublika. Co. Idframing, Indonesia. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.
Priadi, R. (2020). [Turnitin] Family Communication Model in Forming Pious Children. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.
Pulungan, F. A. S. (2021). Efek Iklan Transportasi Online oleh Selebgram Terhadap Peningkatan Pengguna (Studi Deskriptif pada Pengguna Grab di Kota Medan) (Doctoral dissertation).
Pulungan, D. R., Khairani, L., Arda, M., Koto, M., & Kurnia, E. (2019, October). Memotivasi Anak Usia Dini Menabung Demi Masa Depan. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 296-301).
Ramadhana, A. (2021). Opini Komunitas GenPI Sumatera Utara terhadap Pemberitaan Wacana Penerapan Wisata Halal di Objek Wisata Danau Toba (Doctoral dissertation, UMSU).
Riwando, A. (2021). Aktivitas Bakti Sosial Komunitas Motor Crown Maxx Dalam Menghapus Citra Negatif Pada Masyarakat (Doctoral dissertation, UMSU).
Rudianto, R., & Anshori, A. (2021). Komunikasi Organisasi Antar Budaya di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Sumatera Utara. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 11-19.
Saleh, A. (2021). [Prosiding] Seminar Internasional di UPSI Malaysia. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.
Sinaga, C. N. A. (2017). Strategi Komunikasi Radio Komunitas Usukom FM dalam Mempertahankan Eksistensinya. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 1-16.
Sinaga, C. N. A. (2019). Peningkatan Pengetahuan Jurnalistik Siswa SMA Kota Medan Melalui Pemanfaatan Smartphone. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 169-179.
Sinaga, C. N. A. (2014). Penggunaan Dan Kepuasan Pendengar Terhadap Muzik Dangdut Di Radio: Satu Kajian Survey Pada Masyarakat Pendengar Di Pinggir Dan Bandar Medan.
SITORUS, D. D. S. Strategi Pemenangan Calon Legislatif Perempuan Pada Pemilihan Legislatif Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019.
Sulasmi, E., Sibuea, M. B., Eriska, P., & AirLangga, E. (2020). COVID 19 & KAMPUS MERDEKA Di Era New Normal. Kumpulan Buku Dosen.
Suryanta, M. (2021). Analisis Isi Pesan Moral Pada Film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini Karya Angga Dwimas Sasongko (Doctoral dissertation, UMSU).
Syahputra, M. A. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Situng Pindai Terhadap Informasi Terbaru Perhitungan Suara Pada Pemilukada 2015 Di Kota Medan (Doctoral dissertation).
Tambunan, S. H. Z. (2021). Perencanaan Strategi Humas dalam Meningkatkan Citra Perusahaan PT. Platinum Waterpark Bagan Batu (Doctoral dissertation, UMSU).
Thariq, M. (2020). Pola Komunikasi Adaptasi Mahasiswa Asal Malaysia (Studi Pada Program Student Exchange Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia).
Thariq, M., & Anshori, A. (2017). Komunikasi adaptasi mahasiswa indekos. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 156-173.
Winarno, P. S. P. (2021). Pengaruh Iklan Lazada Lee Min Ho Sebagai Brand Ambassador Terhadap Minat Belanja Konsumen (Doctoral dissertation).
Utami, S. (2021). Proses Penyesuaian Kode Bahasa Dalam Komunikasi Antarbudaya (Doctoral dissertation, UMSU).
YOSEFA, I. P. EFEK IKLAN TRANSPORTASI ONLINE OLEH ARTIS TERHADAP PENINGKATAN PENGGUNA.
Yunus, A. (2021). Pengaruh Terpaan Media Sosial Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen Di Kopitree Di Medan (Doctoral dissertation, UMSU).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL]
Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Universitas Muhammadiyah Sumatera UtaraKampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats View My Stats