Penggunaan Teknik Insy? Dalam Pembelajaran Al-Kit?bah Di Mahad Abu Ubaidah Bin Al-Jarrah Sumatera Utara

Didi Maslan

Abstract


Selama satu dekade terakhir, pembelajaran bahasa Arab semakin eksis di Indonesia. Hal ini di buktikan dengan semakin banyaknya lembaga-lembaga pendidikan baik lembaga yang berada di bawah naungan swasta maupun lembaga yang berada di bawah naungan pemerintah yang memasukkan pembelajaran bahasa Arab ke dalam kurikulun pendidikan mereka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penggunaan metode insy?', problematika penggunaan metode insy? dan upaya untuk mengatasi problematika penggunaan metode insy?. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa proses pembelajaran al-kit?bah di Mahad Abu Ubaidah Bin Al-Jarrah menggunakan metode insy? dengan ragam modelnya seperti mengubah kalimat, membuat jumlah mufidah, menyusun kalimat dan sebagainya dan terdiri dari tiga tahap yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Adapun problematika penggunaan insy? di Mahad Abu Ubaidah antara lain; kurangnya penguasaan kosa-kata siswa, kurangnya keberanian siswa untuk berbahasa, minimnya penguasaan kaedah bahasa (nahwu dan sharaf), minimnya penguasaan istilah/ungkapan bahasa Arab, limgkungan yang kurang mendukung dan banyaknya peserta didik yang mengantuk saat pembelajaran berlangsung. Sedangkan upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi problematika tersebut antara lain; memberikan motivasi kepada siswa, menghimbau siswa untuk hadir saat pembelajaran, membiasakan peserta didik untuk berbahasa Arab dan mengupas irab dari setiap materi yang di pelajari.


Keywords



Full Text:

PDF

References


Akrim, A., Nurzannah, N., & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru Sd Muhammadiyah Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Akrim, M., & Harfiani, R. (2019). Daily Learning Flow Of Inclusive Education For Early Childhood. Utopia Y Praxis Latinoamericana, 24(6), 132-141.

Amini, N. R., Naimi, N., & Lubis, S. A. S. (2019). Implementasi Kurikulum Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Dalam Meningkatkan Sikap Religiusitas Mahasiswa Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11(2), 359-372.

Asyari, H. (2016). Keistimewaan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Al-Quran. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (Nidhomul Haq), 1(1).

Baroroh, R. U., & Rahmawati, F. N.(2020). "Metode-Metode Dalam Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab Reseptif". Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman.

Butar-Butar, A. J. R. (2014). Problematika Penentuan Awal Bulan: Diskursus Antara Hisab Dan Rukyat. Madani.

Daulay, M. Y., & Amini, N. R. (2019). Pkpmpembinaan Kader Mubaligh/Mubalighat Muhammadiyah Aisyiyah Dalam Kemajuan Dakwah Muhammadiyah Di Ranting Muhammadiyah Desa Sukasari Kec. Pegajahan. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Dianto, D. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Di Madarasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 12(1), 34-44.

Dianto, D., & Amsari, S. (2021). Pembinaan Koperasi Di Ranting Muhammadiyah Desa Sukasari Dalam Membangun Perekomonian Umat Pasca Pandemi Covid 19. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 223-228.

Durtam. (2013). Metode Pembelajaran Bahasa Arab dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. El-Ibtikar, 2(2).

Fransiska, F dan Elmubarok, Z. (2015). Efektifitas Metode Reading Guide Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas XII IPS MAN Demak. Lisanul Arab: Jurnal Of Arabic Learning and Teaching, 4.

Hardani et.al. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, cet. 1. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.

Harfiani, R., & Pasaribu, M. (2019, October). Implementasi Business Model Canvas Pada Cv. Media (Penerbit Dan Distributor Buku Pelajaran Paud). In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, Pp. 200-208).

Hasanah, H. (2016). Teknik-Teknik Observasi. Jurnal at-Taqaddum, 8(1).

Lubis, Z., Fanreza, R., & Sitepu, J. M. (2020, February). Human And Multi Freedom In The Quran. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 851-860).

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2018). Pembuatan Media Pembelajaran Melalui Seni Decaupage Pada Guru Raudhatul Athfal Kecamatan Medan Area. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Muna, W. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Teras.

Nasrudin, N., Agustina, I., Akrim, A., Ahmar, A. S., & Rahim, R. (2018). Multimedia Educational Game Approach For Psychological Conditional. Int. J. Eng. Technol, 7(2.9), 78-81.

Nuha, U. (2016). Ragam Metodologi & Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press.

Nurzannah, N., Ginting, N., & Setiawan, H. R. (2020, January). Implementation Of Integrated Quality Management In The Islamic Education System. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 1-9).

Nurzannah, N., Ginting, N., & Setiawan, H. R. (2020, January). Implementation Of Integrated Quality Management In The Islamic Education System. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 1-9).

Pasaribu, M. (2020). Pembelajaran Ilmu Falak Di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam Dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 6(2), 207-222.

Pinem, R. K. B., Mavianti, M., & Harfiani, R. (2019, October). Upaya Peningkatan Kualitas Mubalighat Melalui Pelatihan Public Speaking & Styles Dakwah Pada Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumatera Utara. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, Pp. 187-193).

Qorib, M., & Juliandi, A. (2018). Islamic Organizational Culture Model Dalam Perusahaan Bisnis Islam. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Qorib, M., Akrim, A., & Gunawan, G. (2019). Pluralisme Buya Syafii Marif. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Setiawan, H. R. (2018). Media Pembelajaran (Teori Dan Praktek). Yogyakarta: Bildung.

Setiawan, H. R. (2019). Sistem Finansial Pendidikan. Yogyakarta: Bildung.

Setiawan, H., & Lubis, Z. (2017). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Bahasa Arab Materi Hiwar Dengan Menggunakan Metode Role Play Pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Semester Ii Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 8(2), 47-51.

Sulasmi, E., & Akrim, A. (2019). Management Construction Of Inclusion Education In Primary School. Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen, 1(1).

Tanjung, E. F. (2018, July). Improving The Quality Of Religious Islamic Education Learning Through Collaborative Learning Approach In Smp Al-Muslimin Pandan District Tapanuli Tengah. In Proceedings Of The 5th International Conference On Community Development (Amca 2018) (Vol. 231, Pp. 205-7).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats