Pendidikan Akhlak Dalam Sudut Pandang Pemikiran Syekh Muhammad Syakir Al-Iskandary Dalam Kitab Washoya Al-Abaa Lil Abnaa

Annisa A

Abstract


Penelitian ini dibuat untuk mendeskripsikan pendidikan akhlak dalam kitab Washoya Al-Abaa Lil Abnaa. Rumusan masalah yang di teliti adalah bagaimana pendidikan akhlak dalam kitab Washoya Al-Abaa Lil Abnaa dan bagaimana metode pendidikan akhlak yang dilakukan Syekh Muhammad Syakir Al-Iskandary dalam kitab Washoya Al-Abaa Lil Abnaa. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian yang bersifat kualitatif dengan pendekatan biografi naratif. Dalam hal ini pendidikan akhlak anak yang bersumber dari kitab Washoya Al-Abaa Lil Abnaa adalah karya Syekh Muhammad Syakir Al-Iskandary dan beliau menggunakan metode pemaparan deskriptif. Jenis penelitian skripsi ini menggunakan metode gerounded theory (penelitian studi pustaka) yaitu penelitian yang mengacu pada sumber kepustakaan seperti buku, artikel, catatan, internet dan sebagainya. Dengan menggunakan sumber primer dari kitab Washoya Al-Abaa Lil Abnaa dan sumber sekunder dari buku-buku yang menunjang penelitian. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini untuk memperoleh data dan informasi mengenai data terkait yaitu menggunakan studi dokumentasi yang bersumber dari buku-buku sebagai bahan utama dalam peroses penelitian. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode grounded theory, dimana data merupakan proses sistematis pencarian dan pengaturan dari hasil penelitian yang menunjukkan sebuah fakta dalam penelitian studi pustaka. Hasil penelitian ini menemukan beberapa metode pendidikan akhlak dalam kitab tersebut di antaranya adalah: pendidikan akhlak kepada Allah dan rasul-Nya, pendidikan akhlak kepada kedua orang tua, pendidikan akhlak dalam menuntut ilmu, pendidikan akhlak kepada guru, pendidikan akhlak kepada teman, pendidikan akhlak kepada masyarakat, pendidikan akhlak terhadap diri sendiri dan akhlak terhadap negara. Dan adapun metode pendidikan dalam kitab Washoya Al-Abaa Lil Abnaa diantaranya adalah: metode diskusi, metode nasehat, metode menghafal, metode kisah, metode pembiasaan diri, metode perumpamaan dan metode targhib dan tarhib.


Keywords



Full Text:

PDF

References


Akrim, A., Nurzannah, N., & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru Sd Muhammadiyah Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Akrim, A., Nurzannah, N., & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru Sd Muhammadiyah Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Akrim, A., Zainal, Z., & Munawir, M. (2016). Developing Model And Textbook Integrated To Spiritual And Social Competence Of Math Subject For Grade Vii In State Junior High School Of Medan. Proceeding Of Icmse, 3(1), M-97.

Akrim, M., & Harfiani, R. (2019). Daily Learning Flow Of Inclusive Education For Early Childhood. Utopia Y Praxis Latinoamericana, 24(6), 132-141.

Amini, N. R., Naimi, N., & Lubis, S. A. S. (2019). Implementasi Kurikulum Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Dalam Meningkatkan Sikap Religiusitas Mahasiswa Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11(2), 359-372.

Butar-Butar, A. J. R. (2014). Problematika Penentuan Awal Bulan: Diskursus Antara Hisab Dan Rukyat. Madani.

Daulay, M. Y., & Amini, N. R. (2019). Pkpmpembinaan Kader Mubaligh/Mubalighat Muhammadiyah Aisyiyah Dalam Kemajuan Dakwah Muhammadiyah Di Ranting Muhammadiyah Desa Sukasari Kec. Pegajahan. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Dianto, D., & Amsari, S. (2021). Pembinaan Koperasi Di Ranting Muhammadiyah Desa Sukasari Dalam Membangun Perekomonian Umat Pasca Pandemi Covid 19. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 223-228.

Fanreza, R. (2017). Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dosen Tetap Al-Islam Kemuhammadiyahan Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(2), 141-161.

Nasrudin, N., Agustina, I., Akrim, A., Ahmar, A. S., & Rahim, R. (2018). Multimedia Educational Game Approach For Psychological Conditional. Int. J. Eng. Technol, 7(2.9), 78-81.

Nurzannah, N., Ginting, N., & Setiawan, H. R. (2020, January). Implementation Of Integrated Quality Management In The Islamic Education System. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 1-9).

Nurzannah, N., Ginting, N., & Setiawan, H. R. (2020, January). Implementation Of Integrated Quality Management In The Islamic Education System. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 1-9).

Pasaribu, M. (2018). Integrasi Kompetensi Spritual Dan Sosial Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Matematika Di Smp Negeri Kota Medan. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Pinem, R. K. B., Mavianti, M., & Harfiani, R. (2019, October). Upaya Peningkatan Kualitas Mubalighat Melalui Pelatihan Public Speaking & Styles Dakwah Pada Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumatera Utara. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, Pp. 187-193).

Qorib, M., Akrim, A., & Gunawan, G. (2019). Pluralisme Buya Syafii Marif. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2015).

Ramlu Abdul wahid. Kuliah Agama Ilmiah Populer, (Bandung: Citapustaka Media, 2004).

Redja Mudyaharjo. Pengantar Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012).

Rois Mahfud. Al-Islam, Pendidikan Agama Islam, (t.tm.: Erlangga, 2011).

Rulam Ahmadi. Pengantar Pendidikan Asas dan Filsafat Pendidikan, (Yogyakarta: ArRuzz Media, 2016).

Samsul Nizar. Pengantar Dasar-dasar Pemikiran Pendidikan Islam, (Jakarta: Gaya Media Pratama, 2001).

Septiawan Santana. Menulis Ilmiah: Metode Penelitian Kualitatif, (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2007).

Setiawan, H., & Lubis, Z. (2017). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Bahasa Arab Materi Hiwar Dengan Menggunakan Metode Role Play Pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Semester Ii Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 8(2), 47-51.

Stefanus M. Marbun. Psikologi Pendidikan (Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2018).

Subhan Husain Albari. Agar Anak Rajin Shalat, (Jogjakarta:Diva Pres,2011).

Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian, (Jakarta: Rineka Cipta, 1996).

Sulasmi, E., & Akrim, A. (2019). Management Construction Of Inclusion Education In Primary School. Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen, 1(1).

Tanjung, E. F. (2018, July). Improving The Quality Of Religious Islamic Education Learning Through Collaborative Learning Approach In Smp Al-Muslimin Pandan District Tapanuli Tengah. In Proceedings Of The 5th International Conference On Community Development (Amca 2018) (Vol. 231, Pp. 205-7).

Tanjung, E. F., & Harfiani, R. (2020, February). The Role Of Islamic Religious Education In Overcoming The Negative Influence Of Technology On Students Smk Muhammadiyah. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 532-542).

Taufik Abdullah, Ensiklopedia Tematis Dunia Islam, (Jakarta: PT. Ichtiar baru Van Hoeve, 2002), jilid II.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats