Analisis Pengaruh Didikan Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 4 Tahun Di Kecamatan Torgamba
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang pengaruh pola asuh orang tua memberikan dampak kepada perkembangan bahasa anak usia 4 tahun. Penelitian ini dilakukan dengan alasan bahwa orang tua masih banyak yang abai akan perkembangan anak termasuk dengan perkembangan bahasa anak. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menguji pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan bahasa anak usia 4 tahun di Kecamatan Torgamba. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan dua variabel, jenis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket, jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dimana data diperoleh dari hasil angket yang telah diisi orang tua dengan jumlah poulasi dan sampel 115 orang di Kecamatan Torgamba, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan bahasa anak usia 4 tahun. Metode analisis pada penelitian ini adalah uji validitas, uji normalitas, uji regresi sederhana, uji hipotesis, dan uji koefisien linier determinasi. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan cara statistik membuktikan bahwa variabel pola asuh (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel perkembangan berbahasa (Y) dalam perkembangan bahasa anak usia 4 tahun di Kecamatan Torgamba. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji t parsial menunjukkan bahwa nilai Sig. Untuk pola asuh adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 11,538 > t tabel 2.080 maka kesimpulan tersebut artinya variabel pola asuh berpengaruh signifikan terhadap perkembangan bahasa anak usia 4 tahun.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dacholfany, I.M. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam. Jakarta.
Hurlock, E. (2015). Psikologi Perkembangan, Amzah Original, Bandung.
Jauharotin A. (2020). Perkembangan Bahasa Pada Anak Spechdelay Jurmal of Early Chilhood Education and Development, 2(1).
Jf, N. I. M. N. Z. (2020). Mengkonstruksikan Konsep Identitas Dan Peran Gender Pada Anak Melalui Pembelajaran Di Ranah Paud. Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 4(1), 11-26.
Jf, N. Z. (2017). Upaya Meningkatkan Karakter Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita Dengan Menggunakan Media Audio-Visual Di Tk It Zia Salsabila Kecamatan Percut Sei Tuan (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Jf, N. Z., & Latif, M. A. (2020). Peningkatan Kualitas Manajemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di Paud. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(1), 1-16.
Jf, N. Z., & Rahmayani, C. (2021). Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Audio Visual Di Ra. Raudatul Ilmi Kecamatan Medan Denai. Aud Cendekia, 1(1), 30-48.
Jf, N. Z., & Sukiman, S. (2020). Pengembangan Media Flipchart Bertemakan Kelestarian Alam Untuk Mengoptimalkan Kecerdasan Naturalis Anak Di Tkit Zia Salsabila Medan. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 88-109.
Kartikowati, E dan Zubaedi. (2020). Pola Pembelajaran Pada Anak Usia Dini Dan Dimensi-Dimensinya, Jakarta, Pranamedia Group.
Kemali, S. (2015). Perkembangan Peserta Didik, Medan.
Khadijah, M. A., & Jf, N. Z. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Teori Dan Strateginya. Merdeka Kreasi Group.
Kurniati, E. (2017). Perkembangan Bahasa Pada Anak Dalam Psikologi Serta Implikaisnya Dalam Pemebelajaran, Jurnal Ilmiah. 17(3).
Limbong, I. E., & Ginting, N. (2021). Pengaruh Kemampuan Baca Alquran Terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Alquran Hadis Di Madrasah Aliyah Negeri Barus Kab. Tapanuli Tengah. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 6(1), 35-44.
Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak, Jakarta,Prenadamedia.
Mahsun. (2013). Metode Penelitian Bahasa, Jakarta, Rajagrafindo Persada,
Masitah, W. (2020, February). Morality In Islam. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 914-922).
Masitah, W., & Hastuti, J. (2017). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Kelompok B Ra Saidi Turi Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 8(2), 147-177.
Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2017). Peran Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Daarul Istiqlal Deli Serdang Tahun Ajaran 2016-2017. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 134-155.
Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2018). Pembuatan Media Pembelajaran Melalui Seni Decaupage Pada Guru Raudhatul Athfal Kecamatan Medan Area. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).
Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2018). Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral Dan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Pembiasaan Di Ra. Al-Hikmah. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(1), 174-187.
Masitah, W., & Sitepu, J. M. (2021). Development Of Parenting Models In Improving Children's Moral Development. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 769-776.
Nasution, M. (2017). Upaya Meningkatkan Moral Pada Anak Melalui Pembiasaan Berbagi Di Ra Nurul Huda Karang Rejo Kecamatan Stabat. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 8(2), 84-100.
Nasution, M. (2017, September). Pendidikan Agama Dan Kasus Bunuh Diri Di Kalangan Remaja. In Prosiding Seminar Hilirisasi Penelitian Untuk Kesejahteraan Masyarakat Lembaga Penelitian Universitas Negeri Medan (Vol. 28).
Nasution, M. (2020, February). Rahmah Based Education. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 395-400).
Nasution, M. (2021, January). Factors Affecting Smartphone Addiction In Children. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 108-115).
Nasution, M. Sharpen Naturalistic Intelligence Through Environmental Education In Childhood.
Nasution, M., & Sitepu, J. M. (2017). Perbedaan Sikap Terhadap Aksi Pornografi Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Mahasiswa Fai Umsu. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 84-92.
Nasution, M., & Sitepu, J. M. (2018). Dampak Pola Asuh Terhadap Perilaku Agresif Remaja Di Lingkungan X Kel Suka Maju Kec Medan Johor. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(1), 117-140.
Noorhana. (2016). Bimbingan Konseling : di taman kanak-kanak. Jakarta : Kencana Penademedia Group.
Nurul Zahriani, J. F., & Wahyuni, N. S. (2021). Upaya Kepala Sekolah Dalam Peningkatkan Kinerja Guru Dan Partisipasi Orangtua Terhadap Pelaksanaan Aktivitas Pembelajaran Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Tk Swasta Tunas Bangsa Medan Timur. Pendalas: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 92-109.
Nurzannah, N., & Sitepu, J. M. (2020, February). Analysis Of Text Books Of Early Islamic Education In Primary Schools (Published By Erlangga And Yudhistira). In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 598-608).
Otto, B. (2015). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini, Rawamangun, kencana.
Primanisa, R., & Jf, N. Z. (2020). Tindak Lanjut Hasil Asesmen Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak (Tk). Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 3(1).
Rahayu, D.M. (2020). Pengaruh Peranan Orang Tua terhadap Perkembangan dan Bicara Anak Usia Dini Jurnal Ilmu Pendidikan. 20(1).
Raniyah, Q. (2016). Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Pada Anak Usia Dini Kelompok B Di Tk Salsa Ta 2015/2016 (Doctoral Dissertation, Unimed).
Raniyah, Q., & Syamsudin, A. (2019, April). Centerred Concentration For Adhd Children Via Educational Game. In International Conference On Special And Inclusive Education (Icsie 2018) (Pp. 422-426). Atlantis Press.
Setiawan, H. R., & Masitah, W. (2017). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan Di Program Studi Pendidikan Agama Islam Fai Umsu 2016-2017. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 47-67.
Setiawan, H. R., & Masitah, W. (2017). Pengaruh Konsep Diri, Minat Dan Inteligensi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Metode Pengembangan Kemampuan Bahasa Anak. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(2), 20-34.
Sitepu, J. M., & Fanreza, R. (2020, February). Relationship Between Organizational Culture To Lecturer Performance Professionalism In Islamic Religion Faculty University Of Muhammadiyah Sumatera Utara. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 658-663).
Sitepu, J. M., & Janita, S. R. (2017). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Teknik Mozaik Di Raudhatul Athfal Nurul Huda Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 8(2), 73-83.
Sitepu, J. M., & Nasution, M. (2017). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Coping Stress Pada Mahasiswa Fai Umsu. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 68-83.
Sitepu, J. M., & Nasution, M. (2018). Kreativitas Pembuatan Media Pembelajaran Big Book Pada Guru-Guru Ra Di Kecamatan Medan Maimun. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).
Sitepu, J. M., & Nasution, M. (2018). Kreativitas Pembuatan Media Pembelajaran Big Book Pada Guru-Guru Ra Di Kecamatan Medan Maimun. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).
Sitepu, J. M., Nasution, M., & Masitah, W. (2021). The Development Of Islamic Big Book Learning Media For Early Children's Languages. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 735-743.
Sundhari, A. Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Pemanfaatan Pelepah Pisang Di Tk Syawal Kecamatan Medan Helvetia.
Yuningsih, M. N. F. (2018, April). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Dramatisasi Di Raudhatul Athfal Nurul Fikri Binjai. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian (Vol. 1, No. 1, Pp. 33-40).
Zarzani, T. R., Julpikar, J., & Nasution, M. (2018). Eksplorasi Akar Radikalisme Pada Aksi-Aksi Terorisme. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera UtaraKampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats