Analisis Pelaksanaan Model Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Di MTS Persiapan Negeri 4 Medan

Muhammad Hanif Abdullah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran yang digunakan guru pada mata pelajaran Al- Quran Hadis Di MTs Persiapan Negeri 4 Medan, Untuk mengetahui cara guru dalam menerapkan model pembelajaran pada mata pelajaran Al- Quran Hadis Di MTs Persiapan Negeri 4 Medan dan terakhir yaitu untuk mengetahui problematika apa yang dihadapi guru saat menerapkan model pembelajaran tersebut pada mata pelajaran Al- Quran Hadis Di MTs Persiapan Negeri 4 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil objek penelitian di MTs Persiapan Negeri 4 Medan. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran yang digunakan guru bidang studi Al-Quran Hadits Di MTs Persiapan Negeri 4 Medan yaitu, model kooperatif learning pada materi hidup seimbang. Problem solving pada materi mencintai anak yatim. Dan pembelajaran langsung pada materi hukum bacaan tajwid. Kesesuaian materi dengan model pembelajaran yang sudah tepat harus dipertahankan proses pembelajaran tersebut dengan model yang telah dikembangkan karena tujuan yang diharapkan itu adanya kesesuaian dari segi materi dengan proses dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran yang tepat pada mata pelajaran Al-Quran Hadits.


Keywords



Full Text:

PDF

References


Akrim, A., Nurzannah, N., & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru Sd Muhammadiyah Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Akrim, A., Zainal, Z., & Munawir, M. (2016). Developing Model And Textbook Integrated To Spiritual And Social Competence Of Math Subject For Grade Vii In State Junior High School Of Medan. Proceeding Of Icmse, 3(1), M-97.

Akrim, M., & Harfiani, R. (2019). Daily Learning Flow Of Inclusive Education For Early Childhood. Utopia Y Praxis Latinoamericana, 24(6), 132-141.

Amini, N. R., Naimi, N., & Lubis, S. A. S. (2019). Implementasi Kurikulum Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Dalam Meningkatkan Sikap Religiusitas Mahasiswa Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11(2), 359-372.

Butar-Butar, A. J. R. (2014). Problematika Penentuan Awal Bulan: Diskursus Antara Hisab Dan Rukyat. Madani.

Daulay, M. Y., & Amini, N. R. (2019). Pkpmpembinaan Kader Mubaligh/Mubalighat Muhammadiyah Aisyiyah Dalam Kemajuan Dakwah Muhammadiyah Di Ranting Muhammadiyah Desa Sukasari Kec. Pegajahan. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Fanreza, R. (2019, October). The Formation Of Students Akhlakul Karimah And Al-Islam And Muhammadiyah Studies At The Muhammadiyah University Of Sumatera Utara. In 6th International Conference On Community Development (Iccd 2019) (Pp. 455-457). Atlantis Press.

Juliandari, F., & Pasaribu, M. (2021, February). Inclusive Islamic Education Learning In The Time Of Covid-19 In The Sd Istana Hati Binjai. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 631-637).

Kallaf, Abdul Wahab. Kaidah-Kaidah Hukum Islam,. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1991.

Khadijah. Belajar Dan Pembelajaran,. Bandung: Ciputat Press, 2013.

Kurniawan, Prigus. Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMA Muhammadiyah Gunung Meriah Aceh Singkil. At-Tadib 9, no. 2 (2017): 45.

Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya., 2005.

Malayu S P, Hasibuan. Manajemen: Dasar, Pengertian Dan Masalah. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2007.

Mansur, Muslich. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dan Konstektual. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Moleong, Lexy j. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005.

Mudjahid AK, Dkk. Perncanaan Madrasah Mandiri. 3rd ed. Jakarta: Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan, 2003.

Muhammad Riduan, Mustholah Maufur dan Omon Abdurakhman. Manajemen Progran Tahfidz Al-Quran Pada Pondok Pesantren Modern. Tadibi 5, no. 1 (2016): 2.

Muhammad. Metode Penelitian Bahasa. Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2011.

Mulyasa, E. Pedoman Manajemen Berbasis Madrasah (Proyek Pemberdayaan Kelembagaan Dan Ketatalaksanaan Pada Madrasah Dan PAI Pada Sekolah Umum Tingkat Dasar, 2004.

Nasional, Departemen Pendidikan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2001.

Nurzannah, N., Ginting, N., & Setiawan, H. R. (2020, January). Implementation Of Integrated Quality Management In The Islamic Education System. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 1-9).

Nurzannah, N., Ginting, N., & Setiawan, H. R. (2020, January). Implementation Of Integrated Quality Management In The Islamic Education System. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 1-9).

Pinem, R. K. B., Mavianti, M., & Harfiani, R. (2019, October). Upaya Peningkatan Kualitas Mubalighat Melalui Pelatihan Public Speaking & Styles Dakwah Pada Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumatera Utara. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, Pp. 187-193).

Qorib, M., Akrim, A., & Gunawan, G. (2019). Pluralisme Buya Syafii Marif. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Setiawan, H. R., & Widya, M. (2019). Pengembanagn Program Pelibatan Orang Tua Paguyuban Tk Amanah Marindal. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 125.

Sulasmi, E., & Akrim, A. (2019). Management Construction Of Inclusion Education In Primary School. Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen, 1(1).

Tanjung, E. F. (2018, July). Improving The Quality Of Religious Islamic Education Learning Through Collaborative Learning Approach In Smp Al-Muslimin Pandan District Tapanuli Tengah. In Proceedings Of The 5th International Conference On Community Development (Amca 2018) (Vol. 231, Pp. 205-7).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats