Dampak Karakteristik Pemasaran Syariah Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Sumut Syariah KCP Perdagangan

Ira April Liana

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh karakteristik syariah marketing terhadap kepuasan nasabah Bank SUMUT Syariah Kcp Perdagangan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank SUMUT Syariah Kcp Perdagangan. Sedangkan sampel yang diambil sebanyak 95 orang nasabah dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu analisis regresi linear berganda. Analisis ini meliputi : uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji f dan determinasi (R2 ). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Teitis (Ketuhanan) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah hal ini didasarkan pada hasil Uji Thitung teistis = 2,955 maka thitung > t tabel yaitu 2,955 > 1,662, dengan signifikasi 0,004 < 0,05. Maka Ho ditolak dan H1 diterima. Etis berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah karena pada hasil Uji Thitung Etis = 1,678 maka diperoleh t hitung > ttabel yaitu 1,678> 1,662, dengan signifikasi 0,097 < 0,05. Realistis tidak berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Nasabah karena pada hasil Uji Thitung Realistis = 0,434 maka diperoleh hasil t hitung < t tabel yaitu 0,434 > 1,662, dengan signifikasi 0,665 > 0,05. Humanistis tidak berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Nasabah karena pada hasil Uji Thitung humanistis = 1,469 maka diperoleh t hitung < t tabel yaitu 1,469 < 1,662, dengan signifikasi 0,145 > 0,05. Berdasarkan uji Determinasi Nilai R Square menunjukkan sekitar 41,7 % variabel Kepuasan Nasabah dipengaruhi oleh variabel Teistis, Etis, Realistis, Humanistis. Sisanya 58,3 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Maka penulis menarik kesimpulan dalam penelitian ini Karakteristik Syariah Marketing mempunyai pengaruh positif dan signifikan sebesar 0,417 atau 41,7% terhadap Kepuasan Nasabah Bank SUMUT Syariah Kcp Perdagangan.


Keywords


Karakteristik Syariah Marketing, Teistis, Etis, Realistis, Humanistis,Kepuasan Nasabah

Full Text:

PDF

References


Amalia, A. (2017). Pengaruh Pendidikan, Pengangguran Dan Ketimpangan Gender Terhadap Kemiskinan Di Sumatera Utara. At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, 2(2), 324-344.

Amalia, A. (2018). Jual Beli Dengan Menggunakan Sistem Dropshipping Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Journal Attanmiyah, 1(2).

Amalia, A. (2020). Konsep Hutang Piutang Dalam Al-Quran (Studi Perbandingan Tafsir Al-Quran Al'azim Karya Ibnu Katsir Dan Tafsir Al Misbah Karya Muhammad Quraish Shihab). Journal Attanmiyah, 3(6).

Amalia, A. (2021). Analisis Kelangkaan Barang Dan Jasa Dalam Pandangan Ekonomi Syariah. Journal Attanmiyah, 4(7).

Amini, N. (2015). Pengaruh Penyuluhan Metode Poster Terhadap Pengetahuan Pola Makan Hipertensi Pada Lansia Di Desa Krapyak Wetan Kabupaten Bantul (Doctoral Dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Amini, N. R., & Junaidi, J. (2018). Aplikasi Metode Every One Is Teacher Here Dalam Memotivasi Mahasiswa Belajar Mata Kuliah Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan. Seminar Nasional Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan.

Amini, N. R., Naimi, N., & Lubis, S. A. S. (2019). Implementasi Kurikulum Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Dalam Meningkatkan Sikap Religiusitas Mahasiswa Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11(2), 359-372.

Amir, T. (2005). Dinamika Pemasaran : Jelajahi dan Rasakan, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Amsari, S. (2019). Analisis Efektifitas Pendayagunaan Zakat Produktif Pada Pemberdayaan Mustahik (Studi Kasus Lazismu Pusat). Aghniya: Jurnal Ekonomi Islam, 1(2).

Amsari, S., & Nasution, S. (2020, January). Benefits Of Productive Zakat In Increasing Mustahik Revenue In Lazismu Center. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 141-150).

Amsari, S., & Nasution, S. (2020, January). Benefits Of Productive Zakat In Increasing Mustahik Revenue In Lazismu Center. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 141-150).

Andriany, D.(2016). Jurnal Analisis Kepuasan Pelanggan Perbankan Syariah dan Konvensional Di Kota Medan ISDEV International Graduate Workshop UMSU.

Arifah, N.A. (2012). Implementasi Syariah Marketing dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu (KCP) Ambarukmo Yogyakarta.

Arifin, J. (2007). Etika Bisnis Islami, Semarang : Walisongo Press.

Arifin,J.(2007). Fiqih Perlindungan Konsumen, Semarang : Rasail.

Arikunto, S. (2002).Jurnal Sains Pemasaran Indonesia

Bara, A. (2018). Penyelesaian Non Performing Finance Di Lembaga Keuangan Syariah. Aghniya, 1(1), 1-13.

Bara, A. L., & Pradesyah, R. (2020, February). Analysis Of The Management Of Productive Zakat At The Muhammadiyah, City Of Medan. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 617-623).

Bara, A. L., & Pradesyah, R. (2020, February). Analysis Of The Management Of Productive Zakat At The Muhammadiyah, City Of Medan. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 617-623).

Bara, A., Affandi, F., Farid, A. S., & Marzuki, D. I. (2021). The Effectiveness Of Advertising Marketing In Print Media During The Covid 19 Pandemic In The Mandailing Natal Region. Budapest International Research And Critics Institute-Journal (Birci-Journal) Vol, 4(1), 879-886.

Departemen Agama RI, Al-Quran dan Terjemahannya.

Dianto, D., & Amsari, S. (2021). Pembinaan Koperasi Di Ranting Muhammadiyah Desa Sukasari Dalam Membangun Perekomonian Umat Pasca Pandemi Covid 19. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 223-228.

Edi, S. (2015). Radikalisme Dan Etika Bisnis Islam. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 14(2).

Edi, S. (2020). Teori Dan Ilustrasi Syirkah Dalam Ekonomi Islam. Aghniya: Jurnal Ekonomi Islam, 2(2).

Edi, S., & Amini, N. R. (2020). Pembinaan Jamaah Dengan Metode Tadabbur Al-Quran Di Perhimpunan Keluarga Besar-Pelajar Islam Indonesia Sumatera Utara. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 220-228.

Edi, S., & Amini, N. R. (2020). Pembinaan Jamaah Dengan Metode Tadabbur Al-Quran Di Perhimpunan Keluarga Besar-Pelajar Islam Indonesia Sumatera Utara. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 220-228.

Elien, O. (2019). Pengaruh Karakteristik Syariah Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan Mabrur (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri Kc Rengat,Indragiri Hulu,Riau). Skripsi.(Univesitas Muhammadiyah Yogyakarta: Fakultas Agama Islam).

Farida, I. (2010). Pengaruh Penerapan Layanan Syariah Marketing dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Rumah Makan Wong Solo Cabang Tebet).

Habibi, A. (2014). Skripsi Analisis Pengaruh Karakteristik Syariah marketing Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Bpd Syariah Cabang Yogyakarta, (Yogyakarta : UIN U Sunan Kalijaga.

Hafidhuddin, D., dan Tanjung, H.(2003). Manajemen Syariah Dalam Praktik, Jakarta :Gema Insani.

Hani, S, (2016). Jurnal Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak, IOSR Journal of Humanities and Social Science (IOSR JHSS) UMSU.

Hasan, A. (2009). Manajemen Bisnis Syariah, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Hasan, A. (2010). Marketing Bank Syariah, Bogor : Ghalia Indonesia.

Hasanah, U., & Sihotang, M. K. (2020). Pemanfaatan Tabungan Haji Dan Umrah Bank Muamalat Oleh Pt. Sabrina Al-Fikri Dalam Menjaring Nasabah Di Kota Medan. Aghniya: Jurnal Ekonomi Islam, 3(1).

Hayati, I., & Fitria, S. (2018). Pengaruh Burnout Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bmt El-Munawar Medan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(1), 50-65.

Hayati, I., & Siregar, Y. Y. Y. (2019). Pengaruh Dimensi Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Padang Bulan Medan). Aghniya: Jurnal Ekonomi Islam, 1(2).

Ilfi, N.D. (2012). Hadis-Hadis Ekonomi Malang: UIN Maliki Press.

Kartajaya, H, dan Sula, S.M. (2006). Syariah Marketing, Bandung : PT. Mizan Pustaka.

Kotler Philip, A.B., dan Susanto. (2000). Manajemen Pemasaran di Indonesia, Jakarta : SalembaEmpat.

Kotler, P, A. B. dan Susanto. (1999). Manajemen Pemasaran di Indonesia, Jakarta: Salemba Empat.

Kritiana. (2012). Pengaruh Karakteristik Syariah Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus di Duta Mode Purwokerto).

Lubis, A. S., Amalia, A., & Simanjuntak, S. (2021). Pengaruh Fasilitas Sekolah, Biaya Pendidikan Dan Lokasi Sekolah Terhadap Pengambilan Keputusan Siswa Untuk Melanjutkan Pendidikan Ke Sma Al Ulum Terpadu. Journal Of Management Analytical And Solution, 1(1).

Naimi, N., & Amini, N. R. (2021, February). Strengthening Muhammadiyah Ideology Through Webiner'aisyiyah, North Sumatra, Faces Covid 19 New Normal. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 700-706).

Nasution, R. (2018). Sinergi Dan Optimalisasi Green Banking Perbankan Syariah Dalam Mewujudkan Suistainable Finance. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 18(1), 34-52.

Nasution, R. (2020). Optimalisasi Skema Bagi Hasil Sebagai Solusi Pembiayaan Berdasarkan Prinsip Bagi Hasil Bank Syariah Di Indonesia. Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 1(1).

Nasution, S., & Mujiatun, S. (2020, February). Influences Of Collective Action And Communication On Welfare Of Muhammadiyah Members (A Case Study Of Muhammadiyah Charity Institutions Leaders In Medan). In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 446-452).

Nasution, S., Silalahi, P. R., & Hafiz, M. (2021, February). The Visual Investor: How Are Novice Investors Transacting Sharia Stock. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 324-336).

Pasaribu, F. (2008). Jurnal Pengaruh Karakteristik Pegawai Terhadap Produktivitas Kerja, Prosiding Konferensi Nasional Ke-7 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan UMSU.

Pinem, R. (2019). Hak-Hak Perempuanterhadap Harta Dalam Suku Karo (Memaknai Simbol Dalam Rangka Perubahan Hukum Di Masyarakat). De Lega Lata: Jurnal Ilmu Hukum, 4(1), 16-27.

Pinem, R. K. B. (2018). Peranan Kegiatan Kiam Dalam Membentuk Akhlak Mulia Mahasiswa Umsu. Seminar Nasional Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan.

Pinem, R. K. B. (2018). Peranan Kegiatan Kiam Dalam Membentuk Akhlak Mulia Mahasiswa Umsu. Seminar Nasional Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan.

Pinem, R. K. B. (2018). Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Al-Islam Pada Mahasiswa Di Rusunawa Umsu. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, 4(1), 789-801.

Pinem, R. K. B. (2019). Metode Pembelajaran Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11(2), 373-395.

Pinem, R. K. B., Mavianti, M., & Harfiani, R. (2019). Pkpm Pelatihan Public Speaking Dan Styles Dakwah Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Mubalighat Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumatera Utara. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 176-195.

Pinem, R. K. B., Mavianti, M., & Harfiani, R. (2019, October). Upaya Peningkatan Kualitas Mubalighat Melalui Pelatihan Public Speaking & Styles Dakwah Pada Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumatera Utara. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, Pp. 187-193).

Pohan, S. (2017). Peranan Penggunaan Agunan Di Bank Islam Hubungannya Dengan Sistem Operasional Perbankan Syariah Di Medan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 8(2), 120-146.

Pohan, S. (2018). Pelatihan Fardhu Kifayah Dan Pelatihan Khatib Jumat Pada Warga Muhammadiyah Cabang Medan Denai Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Pohan, S., & Sirait, F. Y. (2020, February). Analysis Management Of Mosque Taqwa Contribution In Assisting Revenue Jamaah To Members Muhammadiyah In Medan. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 740-745).

Pradesyah, R. (2017). Analisis Pengaruh Non Performing Loan, Dana Pihak Ketiga, Terhadap Pembiayaan Akad Mudharabah Di Bank Syariah. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 93-111.

Pradesyah, R. (2018). Analisis Perkembangan Akad-Akad Di Bank Syariah. Aghniya: Jurnal Ekonomi Islam, 1(1).

Rahmayati, R. (2020). Strategi Peningkatan Portofolio Pembiayaan Melalui Syndicated Financing Di Bank Syariah Kota Medan. Aghniya: Jurnal Ekonomi Islam, 2(2).

Sihotang, M. K., & Hasanah, H. (2021, February). Islamic Banking Strategy In Facing The New Normal Era During The Covid 19. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 479-485).

Sihotang, M. K., & Umayya, E. (2021). Analisis Pelaksanaan Strategi Positioning Pada Toko Roti Master Bread Perdagangan. Aghniya: Jurnal Ekonomi Islam, 3(2), 33-42.

Utami, C., Hayati, I., & Indrayani, I. (2019). Pemanfaatan Kaleng Bekas Menjadi Celengan Di Desa Kotasan. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, Pp. 332-336).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats