Cara Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Arab Anak Melalui Pemberian Lagu Islami Di PAUD Keluarga Sejahtera Kelurahan Glugur Darat II Kota Medan

Cut Kumala Sari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kosa kata bahasa Arab anak melalui pemberian lagu islami di PAUD Keluarga Sejahtera Klurahan Glugur Darat II Kecamatan Medan Timur Kota Medan. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan jumlah anak 14 yang merupakan anak murid dari PAUD Keluarga Sejahtera Klurahan Glugur Darat II Kecamatan Medan Timur Kota Medan. Teknik pengumpulan data dalam penenlitian ini menggunakan lembar observasi dan hasil karya anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan penugasan. Kemudian untuk mengolah data digunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil observasi pada tahap pra siklus menunjukan bahwa sedidikit sekali anak yang mulai berkembang. Hasil analisis pada pra siklus persentase secara keseluruhan hanya mencapai 16%. Setelah adanya tindakan siklus 1 persentase kreativitas anak dengan kriteria mulai berkembang secara keseluruhan meningkat menjadi 56,5%, selanjutnya pada siklus ll terjadi peningkatan secara keseluruhan dengan persentase peningkatan mencapai rata-rata mencapai 81,5, selanjutnya pada siklus lllterjadi peningkatan secara keseluruhan sehingga hasil rata-rata pada siklus lll adalah 92% yang menjadi isyarat bahwa penelitian ini telah berhasil dengan standar minimal keberhasilan secara menyeluruh adalah 60%.


Keywords


Kosa Kata Bahasa Arab ,lagu islami

Full Text:

PDF

References


Abdul, M.W. (2019). Pemikiran Linguistik Tammam Hassan dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: UIN Jakarta Press.

Al-Ghulayani, M. (2017). Jamiu Ad-Durusu Al-Arabiyah. Beirut: Maida.

Arikunto, S. (2016) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Awwad, J. M. (2011). Mendidik Anak Secara Islami. Jakarta : Gema Insani Press.

Bukhori. (2013). Teknik-Teknik Data Evaluasi Pendidikan. Bandung- Jemars.

Dahidi, A & Sudjianto.(2014). Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta: Kesaint Black.

Departemen Pendidikan Nasional. (2012). Ensiklopedi Islam, Jilid 5. Jakarta : PT. Ichatiar Baru Van Hoeve.

Depdikbud. (2011). Pedoman Guru Bidang Pengembangan Pengetahuan di Taman kanak-kanak. Jakarta : Proyek Pembinaan Taman Kanak-kanak.

Dinas Pembelaaran Nasional. (2012). Acuan Menu Pembelajaran pada Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Hamalik, O. (2012). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Hamid, dkk. (2018). Pembelajaran Bahasa Arab (Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, dan Media). Malang: UIN-Malang Prees ( Anggota IKAPI).

Handayu T. (2011). Memaknai Ceritera Mengasah Jiwa. Solo : Intermedia.

Jf, N. I. M. N. Z. (2020). Mengkonstruksikan Konsep Identitas Dan Peran Gender Pada Anak Melalui Pembelajaran Di Ranah Paud. Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 4(1), 11-26.

Jf, N. Z. (2017). Upaya Meningkatkan Karakter Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita Dengan Menggunakan Media Audio-Visual Di Tk It Zia Salsabila Kecamatan Percut Sei Tuan (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Jf, N. Z., & Latif, M. A. (2020). Peningkatan Kualitas Manajemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di Paud. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(1), 1-16.

Jf, N. Z., & Rahmayani, C. (2021). Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Audio Visual Di Ra. Raudatul Ilmi Kecamatan Medan Denai. Aud Cendekia, 1(1), 30-48.

Jf, N. Z., & Sukiman, S. (2020). Pengembangan Media Flipchart Bertemakan Kelestarian Alam Untuk Mengoptimalkan Kecerdasan Naturalis Anak Di Tkit Zia Salsabila Medan. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 88-109.

Khadijah, M. A., & Jf, N. Z. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Teori Dan Strateginya. Merdeka Kreasi Group.

Limbong, I. E. (2021). Aspek Finansial Pendidikan Islam. Jurnal Kajian Islam Kontemporer (Jurkam), 1(3), 147-154.

Limbong, I. E., & Ginting, N. (2021). Pengaruh Kemampuan Baca Alquran Terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Alquran Hadis Di Madrasah Aliyah Negeri Barus Kab. Tapanuli Tengah. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 6(1), 35-44.

Lubis, Z., Fanreza, R., & Sitepu, J. M. (2020, February). Human And Multi Freedom In The Quran. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 851-860).

Masitah, W. (2018). Impact Of Habituation Methods On Children Moral And Social Emotional Development. 5374, 3033.

Masitah, W. (2020, February). Morality In Islam. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 914-922).

Masitah, W. (2021, January). Parenting Is A Form Of Children's Moral. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 156-165).

Masitah, W., & Hastuti, J. (2017). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Kelompok B Ra Saidi Turi Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 8(2), 147-177.

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2017). Peran Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Daarul Istiqlal Deli Serdang Tahun Ajaran 2016-2017. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 134-155.

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2018). Pembuatan Media Pembelajaran Melalui Seni Decaupage Pada Guru Raudhatul Athfal Kecamatan Medan Area. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2018). Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral Dan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Pembiasaan Di Ra. Al-Hikmah. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(1), 174-187.

Masitah, W., & Sitepu, J. M. (2021). Development Of Parenting Models In Improving Children's Moral Development. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 769-776.

Masitah, W., & Wahyuni, N. Application Of 2013 Curriculum In Improving Children's Partnership Through Montessori Method In Al Falah Rhaudatul Athfal Tapanuli Utara.

Masitah, W., Fadilatul, F., & Lubis, A. (2021, June). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi. In Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora (Vol. 1, No. 1, Pp. 428-433).

Nasution, M. (2017). Upaya Meningkatkan Moral Pada Anak Melalui Pembiasaan Berbagi Di Ra Nurul Huda Karang Rejo Kecamatan Stabat. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 8(2), 84-100.

Nasution, M. (2020, February). Rahmah Based Education. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 395-400).

Nasution, M. (2021, January). Factors Affecting Smartphone Addiction In Children. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 108-115).

Nasution, M. Sharpen Naturalistic Intelligence Through Environmental Education In Childhood.

Nasution, M., & Sitepu, J. M. (2017). Perbedaan Sikap Terhadap Aksi Pornografi Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Mahasiswa Fai Umsu. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 84-92.

Nasution, M., & Sitepu, J. M. (2018). Dampak Pola Asuh Terhadap Perilaku Agresif Remaja Di Lingkungan X Kel Suka Maju Kec Medan Johor. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(1), 117-140.

Nasution, M., & Sitepu, J. M. (2018). Penerapan Pola Asuh Yang Tepat Di Lingkungan X Kelurahan Suka Maju Kecamatan Medan Johor. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Nurul Zahriani, J. F., & Wahyuni, N. S. (2021). Upaya Kepala Sekolah Dalam Peningkatkan Kinerja Guru Dan Partisipasi Orangtua Terhadap Pelaksanaan Aktivitas Pembelajaran Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Tk Swasta Tunas Bangsa Medan Timur. Pendalas: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 92-109.

Nurzannah, N., & Sitepu, J. M. (2020, February). Analysis Of Text Books Of Early Islamic Education In Primary Schools (Published By Erlangga And Yudhistira). In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 598-608).

Primanisa, R., & Jf, N. Z. (2020). Tindak Lanjut Hasil Asesmen Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak (Tk). Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 3(1).

Raniyah, Q. (2016). Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Pada Anak Usia Dini Kelompok B Di Tk Salsa Ta 2015/2016 (Doctoral Dissertation, Unimed).

Raniyah, Q., & Syamsudin, A. (2019, April). Centerred Concentration For Adhd Children Via Educational Game. In International Conference On Special And Inclusive Education (Icsie 2018) (Pp. 422-426). Atlantis Press.

Sanjaya, W. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Setiawan, H. R., & Masitah, W. (2017). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan Di Program Studi Pendidikan Agama Islam Fai Umsu 2016-2017. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 47-67.

Setiawan, H. R., & Masitah, W. (2017). Pengaruh Konsep Diri, Minat Dan Inteligensi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Metode Pengembangan Kemampuan Bahasa Anak. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(2), 20-34.

Shaleh, A.R, (2014). Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta, Kencana.

Sitepu, J. M., & Fanreza, R. (2020, February). Relationship Between Organizational Culture To Lecturer Performance Professionalism In Islamic Religion Faculty University Of Muhammadiyah Sumatera Utara. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 658-663).

Sitepu, J. M., & Hutasuhut, S. N. H. (2017). Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Anak Melalui Media Permainan Bounch Magic Ball Pada Kelompok A Di Ra Al-Fathin Kecamatan Medan Belawan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(2), 35-49.

Sitepu, J. M., & Janita, S. R. (2017). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Teknik Mozaik Di Raudhatul Athfal Nurul Huda Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 8(2), 73-83.

Sitepu, J. M., & Nasution, M. (2017). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Coping Stress Pada Mahasiswa Fai Umsu. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 68-83.

Sitepu, J. M., & Nasution, M. (2018). Kreativitas Pembuatan Media Pembelajaran Big Book Pada Guru-Guru Ra Di Kecamatan Medan Maimun. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).

Sitepu, J. M., Nasution, M., & Masitah, W. (2021). The Development Of Islamic Big Book Learning Media For Early Children's Languages. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 735-743.

Sitepu, J. M., Nasution, M., & Masitah, W. (2021). The Development Of Islamic Big Book Learning Media For Early Children's Languages. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 735-743.

Sitepu, M. S., Sitepu, J. M., & Pratiwi, D. (2021, June). Penerapan Metode Talking Stick Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Peserta Didik Kelas V Sd Negeri 1 Ngambakrejo Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan. In Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora (Vol. 1, No. 1, Pp. 410-413).

Sitepu, M. S., Sitepu, J. M., & Wicaksono, S. (2021). Effect Of Scouting Extracurricular Toward Character Values Of Students At Sdn Gedanganak 01 District East Ungaran, Semarang Regency. Tadulako Social Science And Humaniora Journal, 2(1), 01-07.

Slameto. (2014). Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Soedarsono FX. (2014). Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Soelaiman, D.A., (2011). Pengantar Kepada Teori dan Praktek Pengajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Sundhari, A. Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Pemanfaatan Pelepah Pisang Di Tk Syawal Kecamatan Medan Helvetia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats