Etika Murid Dalam Interaksi Edukatif Menurut Ibnu Jam?ah

Andro Prayogi

Abstract


Riset ini dibuat untuk mengetahui adab murid dalam interaksi edukatif menurut Ibnu Jam?ah dalam kitab Ta?kirah as-Sami wa al-Mutakallim f? Adab al-?lim wa al-Mutaallim serta relevansinya dengan nilai utama dalam penguatan pendidikan karakter pada satuan pendidikan formal yang tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 20 Tahun 2018. Metode yang digunakan pada riset ini adalah metode kualitatif dengan jenis riset studi tokoh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dari data utama yang diperoleh dari kitab Ta?kirah as-Sami wa al-Mutakallim f? Adab al-?lim wa al-Mutaallim karya Ibnu Jam?ah. Adapun teknik yang digunakan dalam menganalisis data dalam riset ini adalah content analysis (analisis isi). Bentuk riset ini jika ditinjau dari pespektif sumber data riset, maka riset ini menggunakan library research (studi kepustakaan). Hasil dari riset ini adalah terdapat tiga belas adab murid dalam interaksi edukatif dan relevansinya dengan nilai utama dalam penguatan pendidikan karakter pada satuan pendidikan formal yang tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 20 Tahun 2018, yaitu: kemandirian, gotong dan integritas.


Keywords



Full Text:

PDF

References


Afifuddin dan Ahmad, S.B. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Akrim, A., Nurzannah, N., & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru Sd Muhammadiyah Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Akrim, A., Nurzannah, N., & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru Sd Muhammadiyah Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Akrim, M., & Harfiani, R. (2019). Daily Learning Flow Of Inclusive Education For Early Childhood. Utopia Y Praxis Latinoamericana, 24(6), 132-141.

Akrim, M., & Harfiani, R. (2019). Daily Learning Flow Of Inclusive Education For Early Childhood. Utopia Y Praxis Latinoamericana, 24(6), 132-141.

Al-Bukhori, Muhammad bin Ismail. (1989). Adab al-Mufrad. Beirut: D?r al-Basyair al-Islamiyyah.

al-Usairy, A. (2016). Sejarah Islam: Sejak Zaman Nabi hingga Abad XX, terj. Samson Rahman. Jakarta: Akbar Media, 2016.

Amini, N. R., Naimi, N., & Lubis, S. A. S. (2019). Implementasi Kurikulum Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Dalam Meningkatkan Sikap Religiusitas Mahasiswa Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11(2), 359-372.

Anhar, H. (2013). Interaksi Edukatif Menurut Pemikiran Al-Ghazali." Jurnal Ilmiah Islam Futura, Program Pascasarjana IAIN Ar-Raniry. Banda Aceh, 13 (1).

An-Nawaw?, Mahyuddin Yahya bin Syaraf. At-Tiby?n f? ?d?bi Hamalah al-Qur?n. Damaskus: Muassasah ar-Risal?h, 2019.

Asari, H. (2008). Etika Akademis dalam Islam: Studi Tentang Kitab Ta?kirah as-Sami wa al-Mutakallim f? Adab al-Alim wa al-Mutaallim . Yogyakarta: Tiara Wacana.

Asikin, I. (2015). Konsep Pendidikan Perspektif Ibnu Jamaah: Telaah Terhadap Etika Guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar." Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam , STAI Al-Hidayah. Bogor. 4(7).

As-Subk?, T. (1964). ?ab?qat Sy?fiiyyah al-Kubro. Jil. IX. Kairo: Faisal Isa al-Babi al-Halabi.

Dianto, D., & Amsari, S. (2021). Pembinaan Koperasi Di Ranting Muhammadiyah Desa Sukasari Dalam Membangun Perekomonian Umat Pasca Pandemi Covid 19. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 223-228.

Fanreza, R. (2017). Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dosen Tetap Al-Islam Kemuhammadiyahan Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(2), 141-161.

Harfiani, R., & Pasaribu, M. (2019, October). Implementasi Business Model Canvas Pada Cv. Media (Penerbit Dan Distributor Buku Pelajaran Paud). In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, Pp. 200-208).

Hasanah, U., Naimi, N., Sihotang, M. K., Munardi, B., & Hisan, K. (2020). Pkm Pembinaan Taman Baca Al Quran Dalam Pembelajaran Tahsin Tilawah Di Kelurahan Sari Rejo Medan Polonia. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 101-111.

Kasduri, M., & Daulay, M. Y. (2019). Pkpmpembinaan Sikap Religiusitas Dalam Penanggulangan Bahaya Narkoba Di Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah Kecamatan Percut Sei Tuan. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Machsun, T. (2016). Pendidikan Adab, Kunci Sukses Pendidikan." El-Banat: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam YPBWI. Surabaya., 6(2).

Makmun, A.S. (2005). Psikologi Kependidikan: Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: Remaja Rosdakaraya.

Masud, A. (2012). Akhlak Tasawuf. Sidoarjo: Dwiputra Pustaka Jaya.

Miswanto, A. (2012). Seri Studi Islam Agama, Keyakinan, dan Etika. Magelang: P3SI UMM.

Naimi, N., & Amini, N. R. (2021, February). Strengthening Muhammadiyah Ideology Through Webiner'aisyiyah, North Sumatra, Faces Covid 19 New Normal. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 700-706).

Nasrudin, N., Agustina, I., Akrim, A., Ahmar, A. S., & Rahim, R. (2018). Multimedia Educational Game Approach For Psychological Conditional. Int. J. Eng. Technol, 7(2.9), 78-81.

Nurzannah, N., Ginting, N., & Setiawan, H. R. (2020, January). Implementation Of Integrated Quality Management In The Islamic Education System. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 1-9).

Pinem, R. K. B., Mavianti, M., & Harfiani, R. (2019, October). Upaya Peningkatan Kualitas Mubalighat Melalui Pelatihan Public Speaking & Styles Dakwah Pada Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumatera Utara. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, Pp. 187-193).

Sulasmi, E., & Akrim, A. (2019). Management Construction Of Inclusion Education In Primary School. Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen, 1(1).

Tanjung, E. F. (2018, July). Improving The Quality Of Religious Islamic Education Learning Through Collaborative Learning Approach In Smp Al-Muslimin Pandan District Tapanuli Tengah. In Proceedings Of The 5th International Conference On Community Development (Amca 2018) (Vol. 231, Pp. 205-7).

Tanjung, E. F., & Harfiani, R. (2020, February). The Role Of Islamic Religious Education In Overcoming The Negative Influence Of Technology On Students Smk Muhammadiyah. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 532-542).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats