Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Berpedoman Pada Kurikulum 2013 Di SMP Muhammadiyah 57 Medan

Anggi Vaulina Gurning

Abstract


Kurikulum merupakan salah satu faktor yang ikut menentukan pendidikan. Oleh karena itu kurikulum harus dinamis dan adaftif pada perubahan yang terjadi ditengah-tengah masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kurikulum 2013 sudah diterapkan didalam pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini berkenaan dengan pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam pada kelas VII di SMP Muhammadiyah 57 Medan, dengan fokus penelitian pada pelaksanaan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 dan faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dimana yang menjadi subyek penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam di kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan. Adapun teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian; 1). Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan sudah menerapkan kurikulum 2013 terbukti sebelum proses pembelajaran guru sudah menyusun rencana pembelajaran yang didalamnya memuat Silabus dan menyusun RPP, guru PAI pada sekolah tersebut dalam memahami teori pembuatannya sudah sesuai dengan standar acuan kurikulum 2013, walaupun terkadang RPP yang dibuat tidak sepenuhnya diterapkan didalam kelas. Selain itu dalam hal pendekatan saintifik dan penilaian otentik semuanya sudah dijalankan walaupun belum maksimal. 2). Faktor yang menjadi hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis kurikulum 2013 salah satunya adalah siswa itu sendiri, dikarenakan setiap siswa memiliki IQ dan kemampuan yang berbeda-beda. Sedangkan kurikulum 2013 sendiri menuntut agar siswa kreatif dan inovatif.


Keywords


Pembelajaran, PAI, Kurikulum 2013

Full Text:

PDF

References


Akrim, A., & Sulasmi, E. (2020). Student Perception Of Cyberbullying In Social Media. Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen.

Akrim, A., Nurzannah, N., & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru Sd Muhammadiyah Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Amini, A., & Ginting, N. (2020). Otonomi Pendidikan Di Masa Krisis Pandemi Covid-19 (Analisis Peran Kepala Sekolah). Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5(2), 305-314.

Butar-Butar, A. J. R. (2017). Khazanah Peradaban Islam Di Bidang Turats Manuskrip (Telaah Karakteristik, Konstruksi Dan Problem Penelitian Naskah-Naskah Astronomi). Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam Dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 1(1).

Darmadi. (2017). Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa, Yogyakarta : Deepublish.

Elihami Dan Syahid, A. (2018). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami, Jurnal Edumaspul, 1(2).

Fadlillah, M. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Sd/Mi, Smp/Mts, Dan Sma/Ma, Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Fauzan Dan Arafat, M. (2020). Perencanaan Pembelajaran Di Sd/Mi , Jakarta : Kencana.

Harfiani, R. (2021, January). Learning Tahfidzul Qur'an At The Extraordinary School" Sahabat Al-Qur'an" In Binjai. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 1-12).

Harfiani, R., & Fanreza, R. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Lesson Study Praktikum Wisata Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Media Dan Sumber Belajar Di Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam Umsu. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11(1), 135-154.

Harfiani, R., & Pasaribu, M. (2019, October). Implementasi Business Model Canvas Pada Cv. Media (Penerbit Dan Distributor Buku Pelajaran Paud). In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, Pp. 200-208).

Harfiani, R., Mavianti, M., & Tanjung, E. F. (2020, January). Practical Application Of Inclusive Education Programs In Raudhatul Athfal. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 333-339).

Indrianto, N. (2020). Pendidkan Agama Islam Interdisipliner Untuk Perguruan Tinggi, Yogyakarta : Deepublish.

Juliandari, F., & Pasaribu, M. (2021, February). Inclusive Islamic Education Learning In The Time Of Covid-19 In The Sd Istana Hati Binjai. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 631-637).

Mavianti, M., & Harfiani, R. (2019). Pkm Pelatihan Kader Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah Sumatera Utara Menuju Terwujudnya Kader Nasyiah Berkemajuan Di Era Milenial. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Musmuallim. (2013). Pradigma Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Integratif, Jurnal Insania, 18(2).

Nasih, A.M., Et.Al. (2013). Metode Dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung : Pt. Refikanaditama.

Nasrudin, N., Agustina, I., Akrim, A., Ahmar, A. S., & Rahim, R. (2018). Multimedia Educational Game Approach For Psychological Conditional. Int. J. Eng. Technol, 7(2.9), 78-81.

Nata, A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam, Cet. Ii, Jakarta : Kencana.

Nurjaman, A. (2020). Pendidikan Agama Islam Melalui Implementasi Desain Pembelajaran Assure, Jawa Barat : Penerbit Adab.

Nurzannah, N. (2021, February). Paradigm Of Associative Thinking Through A Scientific Approach In The 2013 Curriculum Concept. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 864-868).

Nurzannah, N., & Sitepu, J. M. (2020, February). Analysis Of Text Books Of Early Islamic Education In Primary Schools (Published By Erlangga And Yudhistira). In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 598-608).

Nurzannah, N., Ginting, N., & Setiawan, H. R. (2020, January). Implementation Of Integrated Quality Management In The Islamic Education System. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 1-9).

Pasaribu, M. (2018). Integrasi Kompetensi Spritual Dan Sosial Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Matematika Di Smp Negeri Kota Medan. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Pinem, R. K. B., Mavianti, M., & Harfiani, R. (2019, October). Upaya Peningkatan Kualitas Mubalighat Melalui Pelatihan Public Speaking & Styles Dakwah Pada Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumatera Utara. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, Pp. 187-193).

Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan, Jurnal Lontar, 6(1).

Qorib, M. (2017). Ahmad Syafii Maarif: Kajian Sosial-Intelektual Dan Model Gagasan Keislamannya. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(2), 66-92.

Qorib, M. (2019). Aspek Sosial-Intelektual Observatorium Dalam Islam. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam Dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 5(1).

Qorib, M., Akrim, A., & Gunawan, G. (2018). Pluralisme Buya Syafii Marif. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Ramayulis. (2010). Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta : Kalam Mulia.

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum Dan Pembelajaran, Jakarta: Kecana.

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013, Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20 (2).

Shobirin, M. (2016). Konsep Dan Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar, Yogyakarta : Deepublish.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Suhendra, A. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Sd/Mi, Jakarta: Kencana.

Sulasmi, E., & Akrim, A. (2020). Management Construction Of Inclusion Education In Primary School. Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen.

Suriad, M. (2018). Belajar Dan Pembelajaran, Yogyakarta : Deepublish.

Tanjung, E. F. (2018, July). Improving The Quality Of Religious Islamic Education Learning Through Collaborative Learning Approach In Smp Al-Muslimin Pandan District Tapanuli Tengah. In Proceedings Of The 5th International Conference On Community Development (Amca 2018) (Vol. 231, Pp. 205-7).

Thaib, R. M Dan Siswanto, I. (2015). Inovasi Kurikulum Dalam Pengembangan Pendidikan, Jurnal Edukasi, 1(2).

Uhbiyati, N. (1997). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung : Pustaka Setia.

Zailani, Z. (2020). Peran Dan Kontribusi Oif Umsu. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen.

Zailani, Z., & Ginting, N. (2019). Pembinaan Pelaksanaan Fardu Kifayah Dan Pelatihan Imam Anggota Muhammadiyah (Studi Pimpinan Cabang Muhammadiyah Medan Deli). Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Zailani, Z., & Karsae, A. B. (2018). The Thinking Of Islamic Education Renewal In The Perspective Of Mr. Haji Sulong Al-Fathoni. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(2), 349-372.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats