Dampak Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Semangat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTS PAB -1 Helvetia

Rizka Lathifah Husna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan multimedia interakif terhadap motivasi belajar peserta didik, rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MTs PAB -1 Helvetia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan multimedia interaktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen, subjek dari penelitian ini adalah peserta didik pada kelas VII A MTs PAB-1 helvetia. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara,observasi dan dokumentasi adapun analisis data yang digunakan adalah adalah analisis data kuantitatif dan teknik analisi data kuantitatif dengan mempergunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian yang didapatkan adalah (1) motivasi belajar peserta didik sebelum menggunakan multimedia interaktif memiliki nilai rata-rata 62,90(2) motivasi belajar peserta didik setelah menggunakan multimedia interaktif memiliki rata-rata 69,96 (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan multimedia interaktif terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MTs PAB-1 Helvetia.


Keywords


Multimedia Interaktif, Motivasi Belajar,SKI

Full Text:

PDF

References


Akrim, A., & Sulasmi, E. (2020). Student Perception Of Cyberbullying In Social Media. Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen.

Akrim, A., Nurzannah, N., & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru Sd Muhammadiyah Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Ali,M. (2007). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Amini, A., & Ginting, N. (2020). Otonomi Pendidikan Di Masa Krisis Pandemi Covid-19 (Analisis Peran Kepala Sekolah). Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5(2), 305-314.

Butar-Butar, A. J. R. (2017). Khazanah Peradaban Islam Di Bidang Turats Manuskrip (Telaah Karakteristik, Konstruksi Dan Problem Penelitian Naskah-Naskah Astronomi). Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam Dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 1(1).

Darwis,A. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Islam. Rajawali Pers: Jakarta.

Elnanda, D. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Ski Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Perguruan Thawalib Putri Padang Panjang,Al-Fikrah, 6(1).

Fanreza, R. (2019, October). The Formation Of Students Akhlakul Karimah And Al-Islam And Muhammadiyah Studies At The Muhammadiyah University Of Sumatera Utara. In 6th International Conference On Community Development (Iccd 2019) (Pp. 455-457). Atlantis Press.

Ginting, N., Pradesyah, R., Amini, A., & Panggabean, H. S. (2021). Memperkuat Nalar Teologi Islam Moderat Dalam Menyikapi Pandemi Covid-19 Di Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah Bandar Pulau Pekan. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 30-40.

Harfiani, R. (2021, January). Learning Tahfidzul Qur'an At The Extraordinary School" Sahabat Al-Qur'an" In Binjai. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 1-12).

Harfiani, R., & Fanreza, R. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Lesson Study Praktikum Wisata Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Media Dan Sumber Belajar Di Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam Umsu. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11(1), 135-154.

Harfiani, R., & Pasaribu, M. (2019, October). Implementasi Business Model Canvas Pada Cv. Media (Penerbit Dan Distributor Buku Pelajaran Paud). In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, Pp. 200-208).

Harfiani, R., Mavianti, M., & Tanjung, E. F. (2020, January). Practical Application Of Inclusive Education Programs In Raudhatul Athfal. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 333-339).

Hasan,I. (2004). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Pt Bumi Aksara: Jakart.

Indayani,R. (2002). Kreatifitas Guru Dalam Proses Pembelajaran,Stain Tulungangung.

Juliandari, F., & Pasaribu, M. (2021, February). Inclusive Islamic Education Learning In The Time Of Covid-19 In The Sd Istana Hati Binjai. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 631-637).

Karwat, E. Dan Priansa, D.J. (2015). Manajemen Kelas, Guru Profesional Yang Inspiratif, Kreatif,Menyenangkan, Dan Berprestasi. Bandung: Alfabeta.

Mavianti, M., & Harfiani, R. (2019). Pkm Pelatihan Kader Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah Sumatera Utara Menuju Terwujudnya Kader Nasyiah Berkemajuan Di Era Milenial. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Munir. (2013). Multimedia Konsep Dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media Dan Sumber Pembelajran. Jakarta: Pt Prestasi Pustakaraya,2012.

Nasrudin, N., Agustina, I., Akrim, A., Ahmar, A. S., & Rahim, R. (2018). Multimedia Educational Game Approach For Psychological Conditional. Int. J. Eng. Technol, 7(2.9), 78-81.

Nasution,S. (2018). Sejarah Kebudayaan Islam. Depok : Rajawali Pers.

Nurzannah, N., Ginting, N., & Setiawan, H. R. (2020, January). Implementation Of Integrated Quality Management In The Islamic Education System. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 1-9).

Oktiani,I. (2017). Kreativitas Guru Dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik, Jurnal Kependidikan, 5(2).

Pasaribu, M. (2018). Integrasi Kompetensi Spritual Dan Sosial Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Matematika Di Smp Negeri Kota Medan. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Pasaribu, M. (2020). Pembelajaran Ilmu Falak Di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam Dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 6(2), 207-222.

Pelangi Aksara.

Pinem, R. K. B., Mavianti, M., & Harfiani, R. (2019, October). Upaya Peningkatan Kualitas Mubalighat Melalui Pelatihan Public Speaking & Styles Dakwah Pada Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumatera Utara. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, Pp. 187-193).

Qorib, M. (2017). Ahmad Syafii Maarif: Kajian Sosial-Intelektual Dan Model Gagasan Keislamannya. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(2), 66-92.

Qorib, M. (2018). Teologi Cinta [Implementasi Doktrin Islam Di Ruang Publik]. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Qorib, M., & Harfiani, R. (2021, January). Independent Campus Policy In The New Normal Era. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 13-20).

Qorib, M., Akrim, A., & Gunawan, G. (2018). Pluralisme Buya Syafii Marif. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Sanjaya,W. (2006).Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempenngaruh. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta: Bandung. .

Sulasmi, E., & Akrim, A. (2020). Management Construction Of Inclusion Education In Primary School. Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen.

Tanjung, E. F. (2018, July). Improving The Quality Of Religious Islamic Education Learning Through Collaborative Learning Approach In Smp Al-Muslimin Pandan District Tapanuli Tengah. In Proceedings Of The 5th International Conference On Community Development (Amca 2018) (Vol. 231, Pp. 205-7).

Usman,B. (2002). Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta, Ciputat Pers.

Zailani, Z. (2020). [Haki] The Thinking Of Islamic Education. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen.

Zailani, Z. (2020). Peran Dan Kontribusi Oif Umsu. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen.

Zailani, Z., & Ginting, N. (2019). Pembinaan Pelaksanaan Fardu Kifayah Dan Pelatihan Imam Anggota Muhammadiyah (Studi Pimpinan Cabang Muhammadiyah Medan Deli). Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Zailani, Z., & Karsae, A. B. (2018). The Thinking Of Islamic Education Renewal In The Perspective Of Mr. Haji Sulong Al-Fathoni. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(2), 349-372.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats