Efek Kualitas Produk Dan Penerapan Prinsip Syariah Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Aceh Syariah Cabang S. Parman Medan

Ratih Agustina

Abstract


Kepuasan nasabah merupakan aspek utama dalam memperhitungkan kuali- tas pelayanan, dimana nasabah memperhitungkan kinerja pelayanan yang diterima serta yang dialami langsung terhadap sesuatu produk. Banyak faktor yang dinilai dapat meningkatkan kepuasan nasabah antara lain keunggulan produk dan prinsip syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah Keunggulan Produk Ber- pengaruh Terhadap Kepuasan Nasabah di Bank Aceh Syariah Cabang S. Parman Medan. Apakah Penerapan Prinsip Syariah Berpengaruh Terhadap Kepuasan Na- sabah di Bank Aceh Syariah Cabang S. Parman Medan dan Apakah Keunggulan Produk dan Penerapan Prinsip Syariah Secara Simultan Mempengaruhi Kepuasan Nasabah Di Bank Aceh Syariah Cabang S. Parman Medan. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah di PT Bank Aceh Syariah Cabang S. Parman Medan. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik random sampling dengan menggunakan rumus slovin yaitu sebanyak 92 orang. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji t, uji f dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keunggulan produk secara langsung memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan Nasabah pada Kepuasan Nasabah di Bank Aceh Syariah Cabang S. Parman Medan dengan nilai thitung 3,871. Variabel Prinsip Syariah secara langsung juga memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan Nasabah pada Kepuasan Nasabah di Bank Aceh Syariah Cabang S. Parman Medan dengan nilai thitung 2.992. Dan secara simultan variabel keunggulan produk dan prinsip syariah juga memiliki pengaruh signif- ikan terhadap kepuasan nasabah Kepuasan Nasabah di Bank Aceh Syariah Cabang S. Parman Medan sebesar 26,777 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,005.


Keywords


Keunggulan Produk, Prinsip Syariah dan Kepuasan Nasabah

Full Text:

PDF

References


Almaeda, R. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Merek Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Nasabah Produk Penghimpunan Dana Bank Bni Syariah Kantor Cabang Pekanbaru). Jurnal Online Ma- Hasiswa Fisip, 4(2).

Almaeda, R. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Merek Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Nasabah Produk Penghimpunan Dana Bank Bni Syariah Kantor Cabang Pekanbaru). Jurnalonline Maha- Siswa Fisip, 4(2).

Amini, N. R., Naimi, N., & Lubis, S. A. S. (2019). Implementasi Kurikulum Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Dalam Meningkatkan Sikap Religiusitas Mahasiswa Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11(2), 359-372.

Andriani, D., & Juliandi, A. (2016). Preferensi Masyarakat Kota Medan Terhadap Bank Syariah. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 8(2).

Andriyani, M, Et.Al.(2020). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Ter- Hadap Kepuasan Nasabah Bank. Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(2).

Arifin, J. (2009). Etika Bisnis Islami. Semarang: Walisongo Press.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta :Pt Rineka Cipta.

Atmojo, A. P. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Nilai Nasabah Dan Atribut Produk Islam Terhadap Kepuasan Nasabah. Skripsi Universi- Tas Diponegoro.

Aziz, G.A,Et.Al.(2020). Pengaruh Keunggulan Produk Pembiayaan Murabahah, Rahn Dan Penerapan Nilai-Nilai Islam Dengan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt Bpr Syariah Lantabur Tebuireng Kantor Cabang Gresik. Jurnal Of Sharia Economics, 2(2).

Bakri, A. N. Et.Al. (2018). Penerapan Nilai-Nilai Islam Dalam Bank Berbasis Syariah Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal Islamic Management And Bussines. 1(1).

Bara, A. L., & Pradesyah, R. (2019). Analysis Of The Management Of Productive Zakat At The Muhammadiyah, City Of Medan. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 617-623).

Edi, S., & Amini, N. R. (2020). Pembinaan Jamaah Dengan Metode Tadabbur Al-Quran Di Perhimpunan Keluarga Besar-Pelajar Islam Indonesia Sumatera Utara. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 220-228.

Efriyanti, L. (2019). Pengaruh Pelayanan Dan Kualitas Produk Yang Menggunakan Akad Wadi?Ah Terhadap Loyalitas Nasabah Baitul Maal Wat Tamwil (Bmt) Pat Sepakat, Skripsi Iain Curup.

Galingging, A.R. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Im3 Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area. Skripsi Uniersitas Medan Area.

Hasanah, U., & Sihotang, M. K. (2020). Pemanfaatan Tabungan Haji Dan Umrah Bank Muamalat Oleh Pt. Sabrina Al-Fikri Dalam Menjaring Nasabah Di Kota Medan. Aghniya: Jurnal Ekonomi Islam, 3(1).

Hayati, I., & Fitria, S. (2018). Pengaruh Burnout Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bmt El-Munawar Medan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(1), 50-65.

Irawan, H. (2002). Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Pt Elek Media Komposindo.

Ismail, Mba. (2011). Perbankan Syariah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Jasfar, F. (2009). Manajemen Jasa. Ghalia Indonesia.

Juliandi, A. (2014). Paramater Prestasi Kerja Dalam Perspektif Islam. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 14(01).

Juliandi, A., Manurung, S., & Satriawan, B. (2018). Mengolah Data Penelitian Bisnis Dengan Spss. Lembaga Penelitian Dan Penulisan Ilmiah Aqli.

Kasmir. (2005). Pemasaran Bank. Jakarta: Kencana.

Kasmir. (2007). Manajemen Perbankan(Edisi Revisi). Jakarta: Pt. Raja Grapindo Persada.

Kotler, P., Et.Al. (1996). Dasar Dasar Pemasaran. Jakarta: Indonesia.

Lubis, A. A. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepu- Tusan Pembelian Surat Kabar Pada Pt. Suara Barisan Hijau Harian Orbit Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis. 16 (2).

Model Using The Microsoft Excel Application. Jasc (Journal Of Agribusiness Sciences), 3(2), 77-84.

Naimi, N., & Amini, N. R. (2021, February). Strengthening Muhammadiyah Ideology Through Webiner'aisyiyah, North Sumatra, Faces Covid 19 New Normal. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 700-706).

Pohan, S. (2017). Peranan Penggunaan Agunan Di Bank Islam Hubungannya Dengan Sistem Operasional Perbankan Syariah Di Medan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 8(2), 120-146.

Pohan, S. (2018). Pelatihan Fardhu Kifayah Dan Pelatihan Khatib Jumat Pada Warga Muhammadiyah Cabang Medan Denai Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Pradesyah, R. (2018). Analisis Penerapan Fatwa Mui Wisata Halal (Studi Kasus Hotel Syariah Medan). Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(2), 334-348.

Qorib, M., & Juliandi, A. (2018). Islamic Organizational Culture Model Dalam Perusahaan Bisnis Islam. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Rahmawati, R., & Rochintaniawati, D. (2021). Thinking Disposition Profile Of Class Xi Ipa Students In A Palembang School. Isej: Indonesian Science Education Journal, 2(2), 78-82.

Rahmayati, R. (2020). Strategi Peningkatan Portofolio Pembiayaan Melalui Syndicated Financing Di Bank Syariah Kota Medan. Aghniya: Jurnal Ekonomi Islam, 2(2).

Rangkuti, K. (2017). Ibm Kelompok Ternak Sapi: Pembuatan Yoghurt Dari Susu Sapi Skala Rumah Tangga. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01).

Rangkuti, K., & Harahap, M. (2020). Development Of Business Analysis Learning

Rangkuti, K., Harahap, S., Siregar, S., & Hutauruk, T. (2021). Feasibility Analysis Of Palm Sugar Business (Case Study: Buluh Awar Village, Sibolangit District, Deli Serdang Regency). Jasc (Journal Of Agribusiness Sciences), 4(1), 1-7.

Sihotang, M. K., & Hasanah, H. (2021, February). Islamic Banking Strategy In Facing The New Normal Era During The Covid 19. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 479-485).

Sihotang, M. K., & Umayya, E. (2021). Analisis Pelaksanaan Strategi Positioning Pada Toko Roti Master Bread Perdagangan. Aghniya: Jurnal Ekonomi Islam, 3(1), 33-42.

Siregar, S., Andriansyah, Y., & Rangkuti, K. (2021). The Perception Of Red Chili Farmers On The Implementation Of Pt. Inalum's Csr (Coorporate Social Responbility) Program In The Village Of Lubuk Cuik Distric Of Lima Puluh, Batu Bara Regency. Jasc (Journal Of Agribusiness Sciences), 4(2), 43-52.

Utami, C., Hayati, I., & Indrayani, I. (2019). Pemanfaatan Kaleng Bekas Menjadi Celengan Di Desa Kotasan. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, Pp. 332-336).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats