Kekuatan Cara Iqro Dalam Pembelajaran Al-Quran Di MTS 15 Muhammadiyah Medan
Abstract
Latar belakang penelitian yang ditemui dilapangan adalah para siswa MTs 15 Muhammadiyah Medan ditemukan sebuah permasalahan di sekolah tersebut tentang banyaknya siswa yang belum mampu membaca Al-Quran sesuai kaedah-kaedah tajuwid. sebuah permasalahan ini adalah salah satunya kurangnya perhatian orang tua terhadap anaknya dalam mengenalkan huruf-huruf AlQuran,orangtuanya kurang memikirkan anaknya untuk kedapannya sehingga anak tersebut tidak bisa membaca Al-Quran dengan sesuai dengan kaedahkaedah tajuid. ditemukan juga sebuah permasalahan yaitu kurangnya dukungan masyarakat akan pentingnya belajar Al-Quran. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan subyektif, terhadap fenomena yang ada pada seluruh populasi melalui sampel yang penulis angkat sebagai subyek penelitian. Yang dimaksud subyek penelitian disini adalah sumber tempat untuk memperoleh keterangan penelitian. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan semple populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, metode tes , metode wawancara. Hasil penelitian menunjukkan Kemampuan membaca al-Quran siswasiswi MTs Muhammadiyah 15 Medan yang menggunakan metode iqro cukup baik karena hasil tes kemampuan membaca al-Qurannya mencapai rata-rata 79.6, hal ini tergolong baik. hasil tes bacaan al-Qura metode Iqra nilai rata-rata tertinggi adalah kelancaran, yaitu 73,73, sementara nilai rata-rata makhrijul huruf adalah 68,25 dan nilai rata- rata tajwid 58,5, maka proses pembelajaran di MTs Muhammadiyah 15 Medan harus ditingkatkan lagi, lebih-lebih pada tajwid dan makhrijul hurufnya, supaya kemampuan baca al-Quran siswa-siswi lebih baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akrim, A., & Sulasmi, E. (2020). Student Perception Of Cyberbullying In Social Media. Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen.
Akrim, A., Nurzannah, N., & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru Sd Muhammadiyah Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).
Ali, A. (19980). Zuhdi Muhdlor, Kamus Kontemporer Arab Indonesia, Yogyakarta: Multi Karya Grafika.
Al-Munawwir, A.W. (2002). Kamus Al-Munawwir; Kamus Arab - Indonesia, Cet.Kedua Puluh Lima, Yogyakarta: Pustaka Progressif.
Amini, A., & Ginting, N. (2020). Otonomi Pendidikan Di Masa Krisis Pandemi Covid-19 (Analisis Peran Kepala Sekolah). Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5(2), 305-314.
Butar-Butar, A. J. R. (2017). Khazanah Peradaban Islam Di Bidang Turats Manuskrip (Telaah Karakteristik, Konstruksi Dan Problem Penelitian Naskah-Naskah Astronomi). Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam Dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 1(1).
Butar-Butar, A. J. R. (2017). Mengenal Karya-Karya Ilmu Falak Nusantara; Transmisi, Anotasi, Biografi. Lkis Pelangi Aksara.
Butar-Butar, A. J. R. (2020). Esai-Esai Astronomi Islam. Kumpulan Buku Dosen.
Chalil,M. (1985). Al-Quran Dari Masa Ke Masa 65, Cet Iv Solo: Ramadhani.
Fanreza, R. (2019, October). The Formation Of Students Akhlakul Karimah And Al-Islam And Muhammadiyah Studies At The Muhammadiyah University Of Sumatera Utara. In 6th International Conference On Community Development (Iccd 2019) (Pp. 455-457). Atlantis Press.
Ginting, N., Pradesyah, R., Amini, A., & Panggabean, H. S. (2021). Memperkuat Nalar Teologi Islam Moderat Dalam Menyikapi Pandemi Covid-19 Di Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah Bandar Pulau Pekan. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 30-40.
Hajar, I. (1996). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif Dalam Pendidikan, Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada.
Harfiani, R. (2021, January). Learning Tahfidzul Qur'an At The Extraordinary School" Sahabat Al-Qur'an" In Binjai. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 1-12).
Harfiani, R., & Fanreza, R. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Lesson Study Praktikum Wisata Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Media Dan Sumber Belajar Di Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam Umsu. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11(1), 135-154.
Harfiani, R., & Pasaribu, M. (2019, October). Implementasi Business Model Canvas Pada Cv. Media (Penerbit Dan Distributor Buku Pelajaran Paud). In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, Pp. 200-208).
Harfiani, R., Mavianti, M., & Tanjung, E. F. (2020, January). Practical Application Of Inclusive Education Programs In Raudhatul Athfal. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 333-339).
Humam, A, Dkk. (1991). Pedoman Pengololaan, Pembinaan Dan Pengembangan Tkatpa, Yogyakarta: Balai Litbang, Lptq Nasional.
Humam, A. (1991). Buku Iqra I; Cara Cepat Belajar Membaca Al-Quran, Yogyakarta: Balai Litbang, Lptq Nasional.
Humam,A. (1990). Cara Cepat Belajar Membaca Al-Quran, Yogyakarta: Team Tadarus Amm.
Juliandari, F., & Pasaribu, M. (2021, February). Inclusive Islamic Education Learning In The Time Of Covid-19 In The Sd Istana Hati Binjai. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 631-637).
Mavianti, M., & Harfiani, R. (2019). Pkm Pelatihan Kader Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah Sumatera Utara Menuju Terwujudnya Kader Nasyiah Berkemajuan Di Era Milenial. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).
Moleong, L.J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif, Remaja Rosda Karya : Bandung.
Mudhoffir, M.Sc. (1990). Teknologi Intruksional, Bandung: Pt. Rosda Karya.
Nasrudin, N., Agustina, I., Akrim, A., Ahmar, A. S., & Rahim, R. (2018). Multimedia Educational Game Approach For Psychological Conditional. Int. J. Eng. Technol, 7(2.9), 78-81.
Nurzannah, N., Ginting, N., & Setiawan, H. R. (2020, January). Implementation Of Integrated Quality Management In The Islamic Education System. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 1-9).
Pasaribu, M. (2018). Integrasi Kompetensi Spritual Dan Sosial Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Matematika Di Smp Negeri Kota Medan. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Pasaribu, M. (2020). Pembelajaran Ilmu Falak Di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam Dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 6(2), 207-222.
Pinem, R. K. B., Mavianti, M., & Harfiani, R. (2019, October). Upaya Peningkatan Kualitas Mubalighat Melalui Pelatihan Public Speaking & Styles Dakwah Pada Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumatera Utara. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, Pp. 187-193).
Qorib, M., Akrim, A., & Gunawan, G. (2018). Pluralisme Buya Syafii Marif. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).
Sabri, M.A. (2007). Psikologi Pendidikan, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.
Soetopo, H Dan Soemanto, W. (1989). Pembinaan Dan Pengembangan Kurikulum, Jakarta: Bina Aksara.
Sudijono,A. (2003). Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta : Pt Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N. (1991). Penilaian Proses Belajar Mengajar, Bandung : Pt. Remaja Rosda Karya.
Sulasmi, E., & Akrim, A. (2020). Management Construction Of Inclusion Education In Primary School. Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen.
Tanjung, E. F. (2018, July). Improving The Quality Of Religious Islamic Education Learning Through Collaborative Learning Approach In Smp Al-Muslimin Pandan District Tapanuli Tengah. In Proceedings Of The 5th International Conference On Community Development (Amca 2018) (Vol. 231, Pp. 205-7).
Tanjung, E. F., & Harfiani, R. (2020, February). The Role Of Islamic Religious Education In Overcoming The Negative Influence Of Technology On Students Smk Muhammadiyah. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 532-542).
Taufiqurrahman, H.R (2005). Metode Jibril Metode Piq-Singosari Bimbingan Khm. Bashori Alwi, Malang, Ikafiq Malang.
Usman,M.H. (1990). Metode Hattaiyah, Jilid I, Bangkiran-Riau:H 1-2 Riyani.
Zailani, Z. (2020). Peran Dan Kontribusi Oif Umsu. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen.
Zailani, Z., & Ginting, N. (2019). Pembinaan Pelaksanaan Fardu Kifayah Dan Pelatihan Imam Anggota Muhammadiyah (Studi Pimpinan Cabang Muhammadiyah Medan Deli). Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).
Zailani, Z., & Karsae, A. B. (2018). The Thinking Of Islamic Education Renewal In The Perspective Of Mr. Haji Sulong Al-Fathoni. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(2), 349-372.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera UtaraKampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats