Analisis Akibat Penggunaan Media Comic Strip Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MAS Aisyiyah Binjai
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengunaan media pembelqjqrqn comic strip di MAS Aisyiyah Binjai? Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MAS Aisyiyah Binjai? Apakah ada Pengaruh penggunaan media pembelajaran comic strip dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MAS Aisyiyah Binjai?. Instrument pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik angket dantes sebagai instrument pengumpulan data primer. Dan teknik dokumentasi sebagai instrument pengumpulan data sekunder. Sedangkan analisis data menggunakan teknik prosentase untuk data yang bersifat deskriptif dan teknik uji t independent grup data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran comic strip di MAS Aisyiyah Binjai termasuk kategori baik, hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas X dalam kategori sangat baik, dan Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dan dibuktikan dengan teknik analisis uji-t independent group diperoleh hasil t-hitung > t-tabel (5,944826>1,994437) yang berarti H0 ditolak dan artinya ada perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran comic strip dan kelas kontrol yang tanpa menggunakan media pembelajaran comic strip. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media pembelajaran comic strip efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MAS Aisyiyah Binjai.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amini, A., & Ginting, N. (2020). Otonomi Pendidikan Di Masa Krisis Pandemi Covid-19 (Analisis Peran Kepala Sekolah). Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5(2), 305-314.
Aris. (2016). 68 Model Pembelajaran, Yogyakarta : Ar-Ruuz Media
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011. Burhan Nurgiyantoro, Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak ,Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Fiqih Madrasah Aliyah Kelas X , Jakarta : Kementrian Agama, 2014.
Fiqih Madrasah Tsanawiyah Kelas Viii, Jakarta : Kementrian Agama, 2015.
Ginting, N., Pradesyah, R., Amini, A., & Panggabean, H. S. (2021). Memperkuat Nalar Teologi Islam Moderat Dalam Menyikapi Pandemi Covid-19 Di Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah Bandar Pulau Pekan. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 30-40.
Harfiani, R. (2021, January). Learning Tahfidzul Qur'an At The Extraordinary School" Sahabat Al-Qur'an" In Binjai. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 1-12).
Hermawan Warsito, Pengantar Metodologi Penelitian, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Ismawati,L. (2014). Perencanaan Pembelajaran Paud, 2014 Pt Remaja Rosdakarya Offset, Bandung.
Juliandari, F., & Pasaribu, M. (2021, February). Inclusive Islamic Education Learning In The Time Of Covid-19 In The Sd Istana Hati Binjai. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 631-637).
Majid,A. (2013). Strategi Pembelajaran, Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Margono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: Pt Asdi Mahasetya.
Mc. Cloud. Scott, Memahami Komik, Jakarta: Gramedia Keputakaan Populer,2008.
Nurlatipah,N dan Dkk. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Sains Yang Disertai Foto Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Smp N 2 Sumber Pada Pokok Bahasan Ekosistem, Jawa Barat: Jurnal Scientiae Educatia, 5(2).
Nurzannah, N., Ginting, N., & Setiawan, H. R. (2020, January). Implementation Of Integrated Quality Management In The Islamic Education System. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 1-9).
Nurzannah, N., Ginting, N., & Setiawan, H. R. (2020, January). Implementation Of Integrated Quality Management In The Islamic Education System. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 1-9).
Pasaribu, M, Pengembangan Model Pendidikan Seks Melalui Pendekatan Integratif Dalam Mata Pelajaran Pai Dan Biologi Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Medan (Doctoral Thesis, Umm)
Pasaribu, M. (2018). Integrasi Kompetensi Spritual Dan Sosial Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Matematika Di Smp Negeri Kota Medan. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Pinem, R. K. B., Mavianti, M., & Harfiani, R. (2019, October). Upaya Peningkatan Kualitas Mubalighat Melalui Pelatihan Public Speaking & Styles Dakwah Pada Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumatera Utara. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, Pp. 187-193).
Qorib, M. (2017). Ahmad Syafii Maarif: Kajian Sosial-Intelektual Dan Model Gagasan Keislamannya. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(2), 66-92.
Qorib, M. (2019). Aspek Sosial-Intelektual Observatorium Dalam Islam. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam Dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 5(1).
Saputro, A.D. (2015). Aplikasi Komik Sebagai Media Pembelajaran Muaddib 5, No.1, Januari-Juni.
Septy,L, Dkk. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Pada Materi Peluang Di Kelas Viii, Sumatera Selatan: Jurnal Didaktik Matematika, Vol. 2 No. 2, Issn: 2355-4185.
Setiawan, H. R., & Masitah, W. (2017). Pengaruh Konsep Diri, Minat Dan Inteligensi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Metode Pengembangan Kemampuan Bahasa Anak. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(2), 20-34.
Setiawan, H. R., & Putraga, H. (2020). Stellarium & Google Earth (Simulasi Waktu Salat Dan Arah Kiblat). Kumpulan Buku Dosen.
Setiawan, H.R, (2005). Guru Manfaatkan Media Pembelajaran, Diakses Dari Http://Pai.Umsu.Ac.Id/2019/07/03/Mahasiswa Pai, Pada Tanggal 27 July 2019
Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikkulum 2013,, Yogyakarta : Ar-Ruuz Media.
Sinaga,A.I. (2011). Taharah,Ibadah,Muamalah, Bandung: Citapustaka Media Perintis.
Sudjono, A.(1995). Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta : Raja Grafindon Persada.
Sujana,N. (2009). Penilaian Hasil Belajar, Bandung: Rossda Karya, 2009.
Tanjung, E. F. (2018, July). Improving The Quality Of Religious Islamic Education Learning Through Collaborative Learning Approach In Smp Al-Muslimin Pandan District Tapanuli Tengah. In Proceedings Of The 5th International Conference On Community Development (Amca 2018) (Vol. 231, Pp. 205-7).
Tanjung, E. F., & Harfiani, R. (2020, February). The Role Of Islamic Religious Education In Overcoming The Negative Influence Of Technology On Students Smk Muhammadiyah. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 532-542).
Thoha, H. (1998). Pbm-Pai Di Sekolah. Cet Ke 1, Fakultas Ilmu Tarbiyah Iain Walisongo Semarang Dengan Pustaka Pelajar Offset.
Utariyanti, I.F.Z. Dkk, (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Dalam Materi Sistem Pernapasan Pada Siswa Kelas Viii Mts Muhammadiyah 1 Malang, Malang: Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1(3).
Zailani, Z. (2020). Peran Dan Kontribusi Oif Umsu. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen.
Zailani, Z., & Ginting, N. (2019). Pembinaan Pelaksanaan Fardu Kifayah Dan Pelatihan Imam Anggota Muhammadiyah (Studi Pimpinan Cabang Muhammadiyah Medan Deli). Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).
Zailani, Z., & Karsae, A. B. (2018). The Thinking Of Islamic Education Renewal In The Perspective Of Mr. Haji Sulong Al-Fathoni. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(2), 349-372.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera UtaraKampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats