Dampak Sistem Layanan Jemput Zakat Dan Transfer Rekening Terhadap Tingkat Kepuasan Donatur Lazismu Kota Medan

Feza Loy Gumanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem layanan jemput zakat dan transfer rekening terhadap kepuasan donatur Lazismu Kota Medan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Metode dalam penelitian ini, sampel yang diambil sebanyak 85 responden akan tetapi hanya didapat sebanyak 60 responden. Teknik yang digunakan yaitu Probability Sampling dengan menggunakan metode Simple Random Sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data adalah deskriptif responden, analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, dan uji hipotesis diolah dengan program SPSS V 24.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa diketahui nilai Koefisien Determinasi (R2) adalah sebesar 0,169 atau 16,9% sedangkan 83,1% ditentukan oleh faktor lain. Diperoleh thitung 3,069 dengan Sig. lebih kecil dari nilai t nilai 0,003<0,05 untuk variabel X1, maka diperoleh ttabel dengan Df = 56 (2,003) maka diperoleh nilai thitung sebesar 3,069 > 2,003, sehingga disimpulkan: Pengaruh Variabel X1 terhadap Variabel Y adalah signifikan. Untuk Variabel X2 Diperoleh thitung 1,100 dengan Sig. lebih besar dari nilai t nilai 0,276>0,05 untuk variabel X2, maka diperoleh ttabel dengan Df = 56 (2,003) maka diperoleh nilai thitung sebesar 1,100 < 2,003, sehingga disimpulkan: Pengaruh Variabel X1 terhadap Variabel Y adalah tidak signifikan. Diperoleh fhitung 6,996 dengan Sig. lebih kecil dari nilai f nilai 0,002<0,05 untuk variabel X, maka diperoleh ftabel dengan Dk = 57 dalam taraf persentase 0,05 yaitu ftabel 2,77, maka diperoleh nilai fhitung sebesar 6,996 > 2,77, sehingga disimpulkan: Pengaruh Variabel X1 dan X2 secara Simultan terhadap Variabel Y adalah signifikan.


Keywords


Sistem Layanan Jemput Zakat, Layanan Transfer Rekening, Kepuasan Donatur

Full Text:

PDF

References


Amalia dan Mahali, K. (2012). Potensi dan Peranan Zakat dalam Mengentaskan Kemiskinan di Kota Medan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 1(1).

Amini, N. R., Naimi, N., & Lubis, S. A. S. (2019). Implementasi Kurikulum Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Dalam Meningkatkan Sikap Religiusitas Mahasiswa Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11(2), 359-372.

Andriani, D., & Juliandi, A. (2016). Preferensi Masyarakat Kota Medan Terhadap Bank Syariah. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 8(2).

Arnita. (2013). Pengantar Statistika. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Assauri, S. (2004). Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Bara, A. L., & Pradesyah, R. (2019). Analysis Of The Management Of Productive Zakat At The Muhammadiyah, City Of Medan. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 617-623).

Daulay, M. Y., & Amini, N. R. (2019). Pkpmpembinaan Kader Mubaligh/Mubalighat Muhammadiyah Aisyiyah Dalam Kemajuan Dakwah Muhammadiyah Di Ranting Muhammadiyah Desa Sukasari Kec. Pegajahan. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Edi, S., & Amini, N. R. (2020). Pembinaan Jamaah Dengan Metode Tadabbur Al-Quran Di Perhimpunan Keluarga Besar-Pelajar Islam Indonesia Sumatera Utara. IHSAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 220-228.

Erliana, N dan Suryaningsih, S.A. (2008). Pengaruh Persepsi Layanan Jemput Zakat Terhadap Kepuasan Muzaki Di Lembaga Amil Zakat Yatim Mandiri Cabang Jombang. Jurnal Ekonomi Islam, 1 (2).

Gaspersz, V. (1997). Manajemen Kualitas, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hafidhuddin, D. (2002). Zakat Dalam Perekonomian Modern, Jakarta: Gema Insani Press.

Hakim, R. (2020). Manajemen Zakat Histori, Konsepsi, dan Implementasi, Jakarta:

Hasanah, U., & Sihotang, M. K. (2020). Pemanfaatan Tabungan Haji Dan Umrah Bank Muamalat Oleh PT. Sabrina Al-Fikri Dalam Menjaring Nasabah Di Kota Medan. AGHNIYA: Jurnal Ekonomi Islam, 3(1).

Hasanuddin, H., & Mushlihuddin, R. (2021). Pkpm Penerapan Sistem Informasi Manajemen Database Dan Keaktifan Anggota Muhammadiyah Berbasis Web. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 38-42.

Hasanuddin, H., Irvan, I., Dachi, S. W., & Mushlihuddin, R. (2019). Pkm Pelatihan Retorika Dan Fardhu Kifayah Untuk Angkatan Muda Muhammadiyah Di Kota Binjai. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 140-145.

Hayati, I., & Fitria, S. (2018). Pengaruh Burnout Terhadap Kinerja Karyawan Pada BMT El-Munawar Medan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(1), 50-65.

Hendrianto. (2016). Kepuasan Muzakki Terhadap Kualitas Pelayanan Zakat Pada BAZ (Badan Amil Zakat) Kabupaten Kerinci. Al-Falah:Jounal Of Islamic Economics, 1(2).

Iskandar, D., & Nasution, M. I. B. (2019, October). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Lazada (Studi Kasus Pada Mahasiswa/I FEB UMSU). In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, Pp. 128-137).

Ismail. (2011). Manajemen Perbankan: Dari Teori ke Aplikasi, Jakarta: Kencana.

Juliandi, A., Manurung, S., & Satriawan, B. (2018). Mengolah Data Penelitian Bisnis Dengan SPSS. Lembaga Penelitian Dan Penulisan Ilmiah AQLI.

Jusuf, J. (2004). Panduan Dasar Untuk Account Officer Edisi 3, Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Akademi Managemen Perusahaan YKPN.

Kasmir. (2005). Etika Customer Service. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Kasmir. (2011). Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Komarudin. (1993). Manajemen Kantor Teori dan Praktek. Bandung: Triyenda Karya.

Lukman, S dan Sugiyanto. (2001). Pengembangan Pelaksanaan Pelayanan Prima, Jakarta: STIA LAN Press.

Mahmudi. (2007). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta : UPP STIM YKPN.

Moenir. (2005). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Mufraini, M. A.(2006). Akuntansi dan Manajemen Zakat Mengomunikasikan Kesadaran dan Membangun Jaringan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Naimi, N., & Amini, N. R. (2021, February). Strengthening Muhammadiyah Ideology Through Webiner'aisyiyah, North Sumatra, Faces Covid 19 New Normal. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 700-706).

Noor, J. (2012). Metodologi Penelitian, Jakarta: Penertbit Kencana.

Pohan, S. (2017). Peranan Penggunaan Agunan Di Bank Islam Hubungannya Dengan Sistem Operasional Perbankan Syariah Di Medan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 8(2), 120-146.

Pohan, S. (2018). Pelatihan Fardhu Kifayah Dan Pelatihan Khatib Jumat Pada Warga Muhammadiyah Cabang Medan Denai Di Kota Medan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Pradesyah, R. (2017). Analisis Pengaruh Non Performing Loan, Dana Pihak Ketiga, Terhadap Pembiayaan Akad Mudharabah Di Bank Syariah. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 93-111.

Pradesyah, R. (2018). Analisis Perkembangan Akad-Akad Di Bank Syariah. Aghniya: Jurnal Ekonomi Islam, 1(1).

Rahmawati, R., & Rochintaniawati, D. (2021). Thinking Disposition Profile Of Class XI IPA Students In A Palembang School. ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 2(2), 78-82.

Rahmayati, R. (2020). Strategi Peningkatan Portofolio Pembiayaan Melalui Syndicated Financing Di Bank Syariah Kota Medan. AGHNIYA: Jurnal Ekonomi Islam, 2(2).

Rangkuti, K. (2017). Ibm Kelompok Ternak Sapi: Pembuatan Yoghurt Dari Susu Sapi Skala Rumah Tangga. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01).

Rangkuti, K., & Harahap, M. (2020). Development Of Business Analysis Learning Model Using The Microsoft Excel Application. Jasc (Journal Of Agribusiness Sciences), 3(2), 77-84.

Rangkuti, K., Harahap, S., Siregar, S., & Hutauruk, T. (2021). Feasibility Analysis Of Palm Sugar Business (Case Study: Buluh Awar Village, Sibolangit District, Deli Serdang Regency). Jasc (Journal Of Agribusiness Sciences), 4(1), 1-7.

Rumengan, J, et al. (2013). Statistik Penelitian, Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Said, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Muzakki Melalui Kepuasan Muzakki Sebagai Variabel Intervening Pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Serang. Journal of Islamic Economics, Finance and Banking, 4(1).

Sihotang, M. K., & Umayya, E. (2021). Analisis Pelaksanaan Strategi Positioning Pada Toko Roti Master Bread Perdagangan. AGHNIYA: Jurnal Ekonomi Islam, 3(1), 33-42.

Sinambela dan Poltak, L. (2006). Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan, dan Implementasi, Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Siregar, S., Andriansyah, Y., & Rangkuti, K. (2021). The Perception Of Red Chili Farmers On The Implementation Of Pt. Inalum's Csr (Coorporate Social Responbility) Program In The Village Of Lubuk Cuik Distric Of Lima Puluh, Batu Bara Regency. Jasc (Journal Of Agribusiness Sciences), 4(2), 43-52.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta,CV.

Utami, C., Hayati, I., & Indrayani, I. (2019). Pemanfaatan Kaleng Bekas Menjadi Celengan Di Desa Kotasan. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, Pp. 332-336).

Yusuf, A.M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats