Kebijakan Fundraising Zakat, Infak, Dan Sedekah Melalui Pendekatan Business Model Canvas (Studi Kasus Baznas Provinsi Sumatera Utara)
Abstract
Penelitian ini dibuat karena masih belum optimalnya penghimpunan zakat diwilayah kota medan yang disebabkan oleh kurangnya pemahaman masyarakat mengenai pentingnya membayar zakat, dan Banyak juga kendala yang dirasakan dikarenakan masalah internal maupun eksternal baik itu proses pengimpunan secara langsung maupun tidak langsung dan masih membutuhkan sebuah perencanaan Yang baik sehingga dalam proses penghimpunan dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran.. Dalam penelitian ini dilakukan dengan penelitian kualitatif yang terdiri dari studi pustaka,wawancara,observasi dan dokumentasi yang dilakukan disebuah lembaga zakat yang berada di Kota Medan yang bertempat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Sumatera Utara yang berlokasi di Jalan Rumah Sakit Haji-Medan Estate, Deli Serdang Sumatera Utara. Hasil penelitian strategi fundraising di baznas dalam menghimpun dana ZIS yakni dengan mengadakan sosialisasi yang bersifat umum kepada masyarakat kota medan dengan menyampaikan mengenai zakat dan berusaha menyadarkan masyarakat untuk mampu membayar zakat, strategi penghimpunan zakat dibaznas meliputi dari individu dan instansi pemerintahan yang bekerjasama dengan baznas. Strategi fundraising zis dalam business model canvas dengan mencakup beberapa elemen yakni customer segment, value proposition, channels, customer relationship,revenue stream, key activity, key resources, key partnership dan cost structure. Dengan masing-masing elemen memberikan penjelasan sebuah lembaga mencari muzakki, menjaga hubungan dengan muzakki dan memberikan pelayanan kepada para muzakki.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, A. (2016). Analisis Fundraising terhadap peningkatan pengelolaan ZIS Pada Lembaga Amil Zakat Kabupaten Ponorogo, Jurnal Muamalah, 10 (1).
Al-Zuhayly, W. (2004).Zakat Kajian Berbagai Madzab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2008. Amri, Darwis. Metodologi Penelitian Pendidikan Islam;Pengembangan Ilmu Berparadigma Islami,Jakarta: Rajawali Pers.
Amsari, S., & Nasution, S. (2020, January). Benefits Of Productive Zakat In Increasing Mustahik Revenue In Lazismu Center. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, pp. 141-150).
Andriani, D., & Juliandi, A. (2016). Preferensi masyarakat kota Medan terhadap bank syariah. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 8(2).
Aprizal, (2015). Strategi Fundraising dalam Meningkatkan Penerimaan Dana Zakat pada Lembaga Amil Zakat Al-Azhar Peduli Umat, Skripsi. Jakarta: Fakultas ilmu dakwah dan ilmu komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Reneka Jaya.
Bara, A. L., & Pradesyah, R. (2019). Analysis of The Management of Productive Zakat At The Muhammadiyah, City of Medan. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, pp. 617-623).
Bunguin, B. (2011). Analisa Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2003
Gusfahmi. (2011). Pajak Menurut Syariah.Jakarta: Rajawali Pers.
Hasanah, U. (2015). Sistem Fundraising Zakat Lembaga Pemerintahan Swasta. Jurnal Penelitian Ilmiah, 3(2).
Hasanah, U., & Sihotang, M. K. (2020). Pemanfaatan Tabungan Haji Dan Umrah Bank Muamalat Oleh PT. Sabrina Al-Fikri Dalam Menjaring Nasabah Di Kota Medan. AGHNIYA: Jurnal Ekonomi Islam, 3(1).
Hasanuddin, H., & Mushlihuddin, R. (2021). Pkpm Penerapan Sistem Informasi Manajemen Database Dan Keaktifan Anggota Muhammadiyah Berbasis Web. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 38-42.
Hasanuddin, H., Irvan, I., Dachi, S. W., & Mushlihuddin, R. (2019). Pkm Pelatihan Retorika Dan Fardhu Kifayah Untuk Angkatan Muda Muhammadiyah Di Kota Binjai. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 140-145.
Iskandar, D., & Nasution, M. I. B. (2019, October). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Lazada (Studi Kasus Pada Mahasiswa/I Feb Umsu). In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, Pp. 128-137).
Juliandi, A. (2014). Paramater Prestasi Kerja Dalam Perspektif Islam. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 14(01).
Juliandi, A., Manurung, S., & Satriawan, B. (2018). Mengolah data penelitian bisnis dengan SPSS. Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah AQLI.
Kartika, E.S. (2006). Pengantar Hukum Zakat dan Wakaf. Jakarta: Grasindo.
Nashiruddin, Al-Albani, Ringkasan Shahih Muslim. Depok: Gema Insani. 2006
Nasution, S., Silalahi, P. R., & Hafiz, M. (2021, February). The Visual Investor: How Are Novice Investors Transacting Sharia Stock. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 324-336).
Pohan, S. (2017). Peranan Penggunaan Agunan Di Bank Islam Hubungannya Dengan Sistem Operasional Perbankan Syariah Di Medan. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 8(2), 120-146.
Pohan, S. (2018). Pelatihan Fardhu Kifayah dan Pelatihan Khatib Jumat Pada Warga Muhammadiyah Cabang Medan Denai di Kota Medan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).
Pohan, S., & Sirait, F. Y. (2020, February). Analysis Management Of Mosque Taqwa Contribution In Assisting Revenue Jamaah To Members Muhammadiyah In Medan. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, pp. 740-745).
Pradesyah, R. (2017). Analisis Pengaruh Non Performing Loan, Dana Pihak Ketiga, Terhadap Pembiayaan Akad Mudharabah di Bank Syariah. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 9(1), 93-111.
Purwanto, A. (2009). Manajemen Fundraising Bagi Organisasi Zakat. Yogakarta: Teras.
Purwanto, A. Manajemen Fundraising Bagi Organisasi Zakat. Yogakarta: Teras. 2009.
Qorib, M., & Juliandi, A. (2018). Islamic Organizational Culture Model Dalam Perusahaan Bisnis Islam. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Rahmayati, R. (2020). Strategi Peningkatan Portofolio Pembiayaan Melalui Syndicated Financing Di Bank Syariah Kota Medan. Aghniya: Jurnal Ekonomi Islam, 2(2).
Sihotang, M. K., & Umayya, E. (2021). Analisis Pelaksanaan Strategi Positioning Pada Toko Roti Master Bread Perdagangan. AGHNIYA: Jurnal Ekonomi Islam, 3(1), 33-42.
Syuaibun. (2017). Mengenal Baznas Provinsi Sumatera Utara, Medan: Perdana Publishing.
Zuhro, E. (2019). Strategi Fundraising Zakat, Infak, Dan Sedekah Dalam Business Model Canvas.,Skripsi, Tulungagung: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam Institut Islam Negeri Tulungagung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera UtaraKampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats