Peran Guru Dalam Membantu Anak Berbicara Di RA Ruhul Jadid Labuhan Batu Selatan

Riska Sukisma Jayanti

Abstract


Penelitian yang dilakukan di RA Ruhul Jadid Labuhan Batu Selatan bertujuan untuk mengetahui apa saja peran yang dilakukan guru dalam membantu anak untuk dapat berbicara dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh staf RA Ruhul jadid dengan sampel 4 orang yang dipilih karena sampel tersebut adalah guru wali kelas. Dengan cara observasi dan wawancara secara sistematis. Dan dibantu sejumlah wali murid sebagai data sekunder.Dengan tekhnik pengumpulan data yaitu mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah cara guru membantu anak berbicara dengan melakukan proses melatih anak berbicara senantiasa dilakukan dalam belajar, artinya perlu proses menciptakan hubungan antara sesuatu yang dipahami sebelum proses belajar baru dilakukan dan pengetahuan baru diperoleh setelah proses belajar dilakukan. Selanjutnya guru melatih anak berbicara dengan memanfaatkan permainan sebagai media pembelajaran, salah satunya yang lazim digunakan adalah bermain tebak kata. Proses lainnya dengan menggunakan media gambar. Cara lain yang dapat digunakan dalam melatih anak berbicara sangat efektif dengan menerapkan permainan tradisional. Pada permainan tradisional biasanya terdapat unsur untuk berbicara sangat banyak. Salah satu permainan tradisional yang digunakan adalah permainan kotak pos. Guru melakukan kegiatan penyampaian pesan (komunikasi) dengan menggunakan bahasa dan tulisan sebagai medianya. Hal ini dilakukan oleh guru RA Ruhul Jadid Labuhan Batu Selatan dengan anak menulis, kemudian bercerita tentang tulisannya. Kegiatan lain dalam melatih anak berbicara melalui interaksi aktif kepada anak dilakukan secara klasikal didalam kelas. Kegiatan pembelajaran lainnya adalah karya wisata.Bahwa saat berkarya wisata kemanapun anak terlihat seluruhnya aktif baik gerak maupun berbicara.Setiap anak yang satu dengan yang lainnya saling berinteraksi.


Full Text:

PDF

References


Ali,Muhammad.Guru Dalam Proses Belajar Mengajar.Bandung: Sinar Baru Algensindo. 2010.

Azies dan A. Qadir, Alwasilah.Pengajaran Bahasa Komunikatif Teori dan Praktik . Bandung. Rosdakarya. 2011.

Darmaningtiyas.Pendidikan Pada Masa Krisis. Evaluasi Pendidikan Pada Masa Krisis. Jogjakarta: Pustaka Pelajar. 2011.

Hendrikus,Dori Wuwur.Retorika.Yogyakarta.Kanisius. 2011.

Muzni, R ,Soemarjadi.Pendidikan Keterampilan. Jakarta. Kemendiknas. 2013.

Sudjana, Nana dan Rivai,Ahmad.Media Pengajaran.Bandung: Sinar Baru Algresindo. 2010.

Thoifuri.Menjadi Guru Inisiator.Semarang: Media Campus. 2013.

Uno,Hamzah B. Teori Motivasi dan Pengukurannya.Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats