Model Pembelajaran Cooperative Jigsaw-Lesson Traveller Untuk Meningkatkan Semangat Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam

Ulva Nur Intan

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran cooperative jigsaw - lesson traveller untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam agar mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R and D). Prosuder penelitian R & D ini mengikuti konsep R&D Borg and Gall. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, dan tes. Penelitian ini dilakukan melalui lima tahap, yaitu 1) tahap persiapan dan pengumpulan data, 2) pengembangan produk, 3) validasi ahli, 4) uji coba produk dan revisi, 5) tahap pelaporan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan dua uji coba lapangan. Sampel dalam penelitian ini adalah 28 orang siswa kelas VIII-A dan 25 orang siswa kelas VIII-B Smp Muhammadiyah 56 Binjai. Hasil uji coba skala kecil (VIII-B, 25 orang) menunjukkan bahwa pengembangan model pembelajaran memperoleh hasil sebesar 80,25%. Hasil uji coba skala besar (VIII-A, 28 orang) menunjukkan bahwa pengembangan model pembelajaran memperoleh hasil sebesar 89,82%. secara keseluruhan hasil dari implementasi model cooperative jigsaw - lesson traveller lebih baik dari pada model pembelajaran yang sudah pernah diterapkan di sekolah selama ini. Hal itu berdasarkan data hasil motivasi belajar yang dianalisis memperoleh nilai sebesar 91,67% diikuti dengan hasil belajar siswa sebesar 88,42%. Oleh karena itu, model cooperative jigsaw - lesson traveller yang sudah diimplementasikan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dipandang layak dan sesuai untuk diterapkan dalam pembelajaran dikelas.


Keywords


Model Pembelajaran, Motivasi, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran Kimia di Madrasah Aliyah . Lantanida Journal, 5(1).

Agustine, Y dan Insany, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada mata Pelajaran Fisika SMK. Wacana Didaktika, 4 (1).

Alfaris, A. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperative Jigsaw terhadap Prestasi Belajar Menggambar Bentuk di SMA Negeri 3 Tuban. Jurnal Pendidikan

Amijoyo, P. S dan Chuningham, K. R. (2014). Kamus Lengkap Inggris Indonesia, Semarang: Widya Karya.

Amini, N. R., & Fanreza, R. (2021, February). THE EFFECTIVENESS OF ONLINE KAJIAN AL-ISLAM AND KEMUHAMMADIYAHAN ASSESSMENT IN THE TIME OF COVID-19 UNIVERSITY OF MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, pp. 859-863).

Amini, N. R., Naimi, N., & Lubis, S. A. S. (2019). Implementasi Kurikulum Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam Meningkatkan Sikap Religiusitas Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11(2), 359-372.

Amsari, S., & Nasution, S. (2020, January). Benefits Of Productive Zakat In Increasing Mustahik Revenue In Lazismu Center. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, pp. 141-150).

Arsa, I. P. S. (2015). Belajar dan Pembelajaran: Strategi Belajar yang Menyenangkan, Yogyakarta: Media Akademi.

belajaran, Yogyakarta : Graha Ilmu.

Darmadi, H. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi, Tangerang : An1MAGE.

Daulay, M. Y., & Amini, N. R. (2019). PKPMPembinaan Kader Mubaligh/Mubalighat Muhammadiyah Aisyiyah Dalam Kemajuan Dakwah Muhammadiyah Di Ranting Muhammadiyah Desa Sukasari Kec. Pegajahan. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 1(1).

Edi, S., & Amini, N. R. (2020). Pembinaan Jamaah Dengan Metode Tadabbur Al-Quran Di Perhimpunan Keluarga Besar-Pelajar Islam Indonesia Sumatera Utara. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 220-228.

Ertikanto, C. (2016). Teori Belajar Dan Pembelajaran, Yogyakarta: Media Akademi.

Giyono. (20159. Bimbingan Konseling , Yogyakarta : Media Akademi.

Harsoyo, Y. T, Dkk. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Learn On Delivery (Leader) Sebagai Model Pembelajaran Alternatif Dan Inovatif Untuk Pembelajaran Biologi Di Sma. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 10 (1).

Hasanuddin, H., & Mushlihuddin, R. (2021). Pkpm Penerapan Sistem Informasi Manajemen Database Dan Keaktifan Anggota Muhammadiyah Berbasis Web. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 38-42.

Hasanuddin, H., Irvan, I., Dachi, S. W., & Mushlihuddin, R. (2019). Pkm Pelatihan Retorika Dan Fardhu Kifayah Untuk Angkatan Muda Muhammadiyah Di Kota Binjai. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 140-145.

Hasnunidah, N. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : Media Akademi.

Hasyim, A. (2015). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial: Berbasis Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Media Akademi.

Hasyim, A. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan di Sekolah, Bandung: Media Akademi.

Ibrahim. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Iskandar, D., & Nasution, M. I. B. (2019, October). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Lazada (Studi Kasus Pada Mahasiswa/i FEB UMSU). In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 128-137).

Kertih, I. W. (2015). Perangkat Pembelajaran PPKn Perencanaan dan Pengembangan. Yogyakarta: Media Akademi.

Kompri. (2017). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi.

Martha, I. N. (2014). Pengantar Pendidikan, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Model Using The Microsoft Excel Application. JASc (Journal of Agribusiness Sciences), 3(2), 77-84.

Naimi, N., & Amini, N. R. (2021, February). Strengthening Muhammadiyah Ideology Through Webiner'aisyiyah, North Sumatra, Faces Covid 19 New Normal. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 700-706).

Nasution, A. T. (2016). Filsafat Ilmu: Hakikat Mencari Pengetahuan, Yogyakarta: Deepublish.

NASUTION, I. Peran Penyidik Polri Dalam Penanganan Tindak Pidana Penguasaan Tanah Diatas Tanah Milik Orang Lain.

Nasution, S., & Mujiatun, S. (2020, February). Influences Of Collective Action And Communication On Welfare Of Muhammadiyah Members (A Case Study Of Muhammadiyah Charity Institutions Leaders In Medan). In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, pp. 446-452).

Nasution, S., Silalahi, P. R., & Hafiz, M. (2021, February). THE VISUAL INVESTOR: HOW ARE NOVICE INVESTORS TRANSACTING SHARIA STOCK. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, pp. 324-336).

Noor, I. (2013). Desain Inovasi Pemerintah Daerah, Malang: Universitas Brawijaya Press.

Nurzannah. (2021). Paradigma Berpikir Asosiatif Melalui Pendekatan Ilmiah Dalam Kurikulum 2013. INSIS International Seminar Of Islamic Studies, 2 (1).

Parnawi, A. (2019). Psikologi Belajar, Yogyakarta: Deepublish.

Pasaribu, M. et.al. (2016). Model Integratif Pendidikan Seks, Yogyakarta: CV. Bildung Nusantara.

Rahman, F, et.al. (2017). Prilaku Organisasi, Yogyakarta: expert.

Rangkuti, K. (2017). IbM Kelompok Ternak Sapi: Pembuatan Yoghurt dari Susu Sapi Skala Rumah Tangga. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01).

Rangkuti, K., & Harahap, M. (2020). Development Of Business Analysis Learning

Rangkuti, K., Harahap, S., Siregar, S., & Hutauruk, T. (2021). Feasibility Analysis Of Palm Sugar Business (Case Study: Buluh Awar Village, Sibolangit District, Deli Serdang Regency). JASc (Journal of Agribusiness Sciences), 4(1), 1-7.

Rofaah. (2016). Pentingnya Kompetensi Guru dalam kegiatan pembelajaran dalam prespektif islam Yogyakarta: Deepublish.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Seni Rupa, 2(3).

Setiaji, C.A. (2018). Pertumbuhan dan Perkembangan: Peserta Didik dan Anak Berkebutuhan Khusus, Yogyakarta:Media Akademi.

Siregar, S., Andriansyah, Y., & Rangkuti, K. (2021). The Perception Of Red Chili Farmers On The Implementation Of Pt. Inalum's Csr (Coorporate Social Responbility) Program In The Village Of Lubuk Cuik Distric Of Lima Puluh, Batu Bara Regency. JASc (Journal of Agribusiness Sciences), 4(2), 43-52.

Sitoyo, S dan Ali, M. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian, Yogyakarta : Literasi Media Publishing.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta.

Terang,Viktor .dkk. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw, Minat terhadap Hasil Belajar IPS Ekonomi Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3 (5).

Trisianawati, E, Dkk. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Vektor Di Kelas X Sma Negeri 1 Sanggau Ledo. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (Jpfa), 6 (2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats