Pelaksanaan Metode Tikrar Pada Program Tahfidzul Quran Di Pondok Pesantren Tahfidz Ad-Deen Teluk Mega

Prili Estiawani

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana perencanaan implementasi metode tikrar pada program tahfidzul Quran di pondok pesantren tahfidz Ad-Deen Teluk Mega, bagaimana implementasi metode tikrar pada program tahfidzul Quran di pondok pesantren tahfidz Ad-Deen Teluk Mega, bagaimana evaluasi dari implementasi metode tikrar pada program tahfidzul Quran di pondok pesantren tahfidz Ad-Deen Teluk Mega. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perencanaan implementasi metode tikrar pada program tahfidzul Quran di pondok pesantren tahfidz Ad-Deen Teluk Mega, untuk mengetahui implementasi metode tikrar serta untuk mengetahui evaluasi dari implementasi metode tikrar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa perencanaan implementasi metode tikrar pada program tahfidzul Quran di pondok pesantren tahfidz Ad-Deen Teluk Mega tidak sesuai dengan apa yang telah direncanakan oleh guru-guru tahfidz sebelumnya. Implementasi Metode Tikrar Pada Program Tahfidzul Quran di Pondok Pesantren Tahfidz Ad-Deen Teluk Mega dilakukan dengan dua cara yaitu dengan mentikrarkan hafalan sendiri di rumah masing-masing dan mentikrarkan hafalannya dihadapan guru tahfidz. Evaluasi implementasi metode tikrar pada program tahfidzul Quran di pondok pesantren tahfidz Ad-Deen Teluk Mega dilakukan setiap santri selesai menyetorkan hafalannya kepada guru tahfidz.


Keywords


Perencanaan, Implementasi, Evaluasi Metode Tikrar

Full Text:

PDF

References


Abdulwaly. (2017). 40 Alasan Anda Menghafal Al-Quran, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar 2017.

Akrim, Nurzannah, dan Ginting N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru SD Muhammadiyah di Kota Medan. Jurnal Prodikmas: Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(2).

ALAMSYAH, K. S. PERCERAIAN AKIBAT KETIDAKHARMONISAN DALAM RUMAH TANGGA KARENA SUAMI MENDERITA KELAINAN SEKSUAL.

Amini, A., & Ginting, N. (2020). Otonomi Pendidikan di Masa Krisis Pandemi Covid-19 (Analisis Peran Kepala Sekolah). Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 5(2), 305-314.

Anggito, A, dan Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif, Jawa Barat: CV. Jejak.

Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

Aziz, Abd. (2020). Cerdas Bersama Metode Tikrar, Malang: Literasi Nusantara.

Darwis, A. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Fathurrahman, M. M. (2012). Cara Mudah Menghafal Al-Quran dalam 1 Tahun, Yogyakarta: Penerbit Elmatera.

Fatihudin, D, dan Holisin, L. (2011). Kapita Selekta Metodologi Penelitian, Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media 2020. Fikri, Mumtazul. Konsep Pendidikan Islam; Pendidikan Metode Pengajaran. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1).

Gade, F. (2014). Implementasi Metode Tikrar dalam Pembelajaran Menghafal AlQuran. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 14(2).

Ginting, N.et.al. (2021). Memperkuat Nalar Teologi Islam Moderat dalam Menyikapi Pandemi Covid-19 di Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah Bandar Pulau Pekan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1).

Hanifah, H. Kenali, Dekat dan Akhirnya Jatuh Cinta, Jakarta: PT. Elex Media.

Hayati, I. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Aspek Kognitif dan Aspek Afektif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Akuntansi Keuangan Semester III Kelas A Pagi Program Studi Perbankan Syariah Universitas Muhammadiyah Sumatera Ut. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 8(2), 52-72.

Hayati, I., & Fitria, S. (2018). Pengaruh Burnout Terhadap Kinerja Karyawan Pada BMT El-Munawar Medan. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 10(1), 50-65.

Hayati, I., & Siregar, Y. Y. Y. (2019). Pengaruh Dimensi Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Padang Bulan Medan). AGHNIYA: Jurnal Ekonomi Islam, 1(2).

Juliandari, F., & Pasaribu, M. (2021, February). INCLUSIVE ISLAMIC EDUCATION LEARNING IN THE TIME OF COVID-19 IN THE SD ISTANA HATI BINJAI. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, pp. 631-637).

Kerubun, A. (2016). Menghafal Al-Quran Dengan Menyenangkan, Yogyakarta: Absolute Media.

Komputindo, dan Hitami, M.(2012). Pengantar Studi Al-Quran, Yogyakarta: LkiS Printing Cemerlang.

Maimun, L. et.al. (2016). Islamic Studies & Character Building. Jawa Tengah: Penerbit Nem.

Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif, Jawa Timur: Zifatama Publisher.

Mardawani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Masudah, L. (2019). Epistimologi Tadabbur dalam Al-Quran. Jurnal Studi Islam, 15(1).

Masduki, Y. (2018). Implikasi Psikologis Bagi Penghafal Al-Quran. Jurnal Medina-Te, 18(1).

Muazzir, A.A, dan Al-Hamat A. (2019). Penanaman Adab Penghafal AlQuran di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Islamisasi Ilmu Pengetahuan di Era Revolusi Industri 4.0, 1(1).

Murdiono, M. D. (2019). Implementasi Metode Takrir dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi Al-Quran di Pondok Pesantren Al-Izzah Kota Batu. BAKTIMAS Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(4).

Nurzannah, N., Ginting, N., & Setiawan, H. R. (2020, January). Implementation Of Integrated Quality Management In The Islamic Education System. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, pp. 1-9).

Pasaribu, M. (2020). Pembelajaran Ilmu Falak Di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam Dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 6(2), 207-222.

Pasaribu, M., & Tanjung, R. R. (2021, August). Islamic Education At Mtsn 1 Tapanuli Tengah In The Covid 19 Era. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 945-952).

Pinem, R. K. B. (2019). Metode Pembelajaran Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11(2), 373-395.

Pinem, R. K. B., Mavianti, M., & Harfiani, R. (2019, October). Upaya Peningkatan Kualitas Mubalighat Melalui Pelatihan Public Speaking & Styles Dakwah Pada Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumatera Utara. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, Pp. 187-193).

Pohan, S. (2017). Peranan Penggunaan Agunan Di Bank Islam Hubungannya Dengan Sistem Operasional Perbankan Syariah Di Medan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 8(2), 120-146.

Pohan, S. (2018). Pelatihan Fardhu Kifayah Dan Pelatihan Khatib Jumat Pada Warga Muhammadiyah Cabang Medan Denai Di Kota Medan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Pohan, S., & Lubis, F. (2019). Metode ASII Sebagai Pembinaan Jamaah Manis Di Prm Seroja Cabang Muhammadiyah Medan Denai. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 203-2014.

Pohan, S., & Sirait, F. Y. (2020, February). Analysis Management Of Mosque Taqwa Contribution In Assisting Revenue Jamaah To Members Muhammadiyah In Medan. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 740-745).

Pohan, S., & Sirait, F. Y. (2021, February). The Strategy Of Principal In The Implementation Of Character Education In SMP Muhammadiyah 1 Medan. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 242-248).

Qorib, M., & Harfiani, R. (2021, January). Independent Campus Policy In The New Normal Era. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 13-20).

Sadullah. (2008). 9 Cara Praktis Menghafal Al-Quran, Bandung: Gema Insani.

Sarmanu. (2017). Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Statistika. Surabaya: Airlangga University Press.

Shihab, M. Q. (2007). Wawasan Al-Quran: Tafsir Tematik Atas Pelbagai Persoalan Umat, Bandung: Mizan.

Shobari, R. (2018). Mengintip Lagi Iman Kita, Jakarta Pusat: Elex Media Komputindo.

Sucipto. (2020). Tahfidz Al-Quran Melejutkan Prestasi, Jawa Barat: Guepedia.

Utama, P. (2018). Membangun Pendidikan Bermartabat, Bandung: CV. Rasi.

Utami, C., Hayati, I., & Indrayani, I. (2019). Pemanfaatan Kaleng Bekas Menjadi Celengan di Desa Kotasan. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 332-336).

Zailani, Z. (2020). Peran dan Kontribusi Oif UMSU. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Zailani, Z., & Karsae, A. B. (2018). The Thinking Of Islamic Education Renewal In The Perspective Of Mr. Haji Sulong Al-Fathoni. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 10(2), 349-372.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats