Pengaruh Penggunaan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Xi Di Sma Tamansiswa Binjai

Dita Arimbi Sitorus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media poster terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan metode Quasi Eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 26 siswa kelas XI IPA 1 untuk kelas eksperimen dan 24 siswa kelas XI IPA 2 untuk kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling, instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes berbentuk pilihan berganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Adapun teknik pengumpulan data berupa tes yang berjumlah 15 soal dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa media poster yang diterapkan dikelas eksperimen dapat mempengaruhi hasil belajar siswa secara signifikan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa yang di ajarkan dengan media poster pada kelas eksperimen mendapatkan mean x= 84,08. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media poster pada kelas kontrol mendapatkan mean x= 69,50. Hasil analisis data dengan menggunakan uji t di peroleh nilai thitung = 5,55 dan ttabel = 1,67 sehingga hasil perhitungan menunjukkan bahwa thitung lebih tinggi dari ttabel ( thitung > ttabel : 5,55 > 1,67 ).

Keywords


Media Poster, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


Arikunto. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta. 2005.

Az-Zuhaili, Wahbah. Fiqih Islam Wa Adillatuhu 1: Pengantar Ilmu, diterj. Abdul Hayyie al-Kattani, dkk. Jakarta: Gema Insani. 2010

B, Chaeruddin. Metodologi Pengajaran Agama Islam Luar Sekolah . Yogyakarta: Lanarka. 2009.

Daryanto. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gaya Media. 2010.

Dimyanti dan Mujiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. 2006.

Gunawan, Imam. Pengantar Statiska Inferensial. cet.1. Jakarta: PT RajaGrafindo. 2016.

Munadi, Yudi Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Pers, 2010.

Noor, Juliansyah. Metodologi Penelitian. Jakarta: Prenadamedia Group. 2015.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. 2011.

Tanjung, E. F. (2020). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PENDEKATAN ACTIVE LEARNING DI SMP AL-MUSLIMIN PANDAN TAPANULI TENGAH (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Rezeki, T. N. (2020). Implementasi Metode Mind Mapping Berbantu Media Power Point Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Al-washliyah Damar Condong Serang Jaya Hilir. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats