Manajemen Pembelajaran Tahfizul Quran Berbasis Teknik Talaqqi Di Smp-It Al-Jawahir Kecamatansunggal

Indri Lestari

Abstract


Latar belakang peneliti akan mengupas mengenai manajemen pembelajaran tahfizul quran yang berbasis metode talaqqi di SMP-IT Al- Jawahir kecamatan sunggal, yang berlokasi di jalan Medan-Binjai kecamatan sunggal km11,5. Sekolah yang tingkat SMP yang berbasis islam terpadu menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat sekitar. Kemudian tujuan peneliti adalah Untuk mengetahui bagaimana Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, dan Evaluasi pembelajaran Tahfizul Quran yang Berbasis Metode Talaqqi di SMP-IT Al-Jawahir kecamatan sunggal.Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif focused interview, dimana data yang dihasilkan nanti berupa data dari hasil penelitian yang menjukkan sebuah fakta di lapangan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan (focused interview) wawancara terpusat. Hasil yang di peeroleh adalah, SMP-IT Al-Jawahir kecamatan sunggal, dalam melaksanakan Manajemen Pembelajaran Tahfizul Quran melakukan sebuah perencanaan sebelum melangsungkan pembelajaran, kemudian Pengorganisasian perangkat sekolah dalam perannya pada mata pelajaran tahfizul quran, kemudian Pelaksanaan pembelajaran tahfizul quran yang telah di persiapkan oleh guru mata pelajaran tahfizul quran, dan Evaluasi untuk meningkatkan kualitas hafalan murid.

Kata Kunci: Manajemen, Tahfizul Quran, Metode Talaqqi


Full Text:

PDF

References


Abdussyukur, Konsep dan Praktik Sekolah Islam Terpadu dan Implikasinya Dalam Pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia, Tesis. Surabaya:

Ahsan, Muhammad dan Sumiyati, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017

Akrim, A., & Sulasmi, E. (2020). Student perception of cyberbullying in social media. Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen.

Akrim, A., Nurzannah, N., & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru SD Muhammadiyah Di Kota Medan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Amini, A., & Ginting, N. (2020). Otonomi Pendidikan di Masa Krisis Pandemi Covid-19 (Analisis Peran Kepala Sekolah). Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 5(2), 305-314.

Butar-Butar, A. J. R. (2017). Khazanah Peradaban Islam di Bidang Turats Manuskrip (Telaah Karakteristik, Konstruksi dan Problem Penelitian Naskah-naskah Astronomi). Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 1(1).

Butar-Butar, A. J. R. (2017). Mengenal Karya-Karya Ilmu Falak Nusantara; Transmisi, Anotasi, Biografi. LKIS PELANGI AKSARA.

Butar-Butar, A. J. R. (2020). Esai-Esai Astronomi Islam. KUMPULAN BUKU DOSEN.

Butar-Butar, A. J. R., & Setiawan, H. R. (2018). Pengakurasian Arah Kiblat Di Lingkungan Cabang Muhammadiyah Medan Denai. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 4(1).

Dahlan,Ahmad, Definisi Dan Pengertian Metode Pembelajaran Menurut Para Ahli, didapat di http://eurekapendidikan.com. (diakses Februari 2021).

Fakultas Agama Islam UINSA. 2018.

Fanreza, R. (2017). Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga Dosen Tetap Al-Islam Kemuhammadiyahan di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 9(2), 141-161.

Fanreza, R. (2019, October). The Formation of Students Akhlakul Karimah and Al-Islam and Muhammadiyah Studies at The Muhammadiyah University of Sumatera Utara. In 6th International Conference on Community Development (ICCD 2019) (pp. 455-457). Atlantis Press.

Fanreza, R., & Kasduri, M. (2021, February). MUHAMMADIYAH STRATEGIC STEPS IN OVERCOMING THE COVID PANDEMIC 19. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, pp. 898-905).

Fitrah dan Lutfiyah, Metodologi Penelitian ( Kualitatif, Tindakan Kelas, dan Studi kasus. (Jawa barat: CV jejak, 2017).

Gemnafle, M dan Batholana, JR Manajemen Pembelajaran , dalam Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia, No. 1, Vol. 1, 2021.

Ginting, N., Pradesyah, R., Amini, A., & Panggabean, H. S. (2021). MEMPERKUAT NALAR TEOLOGI ISLAM MODERAT DALAM MENYIKAPI PANDEMI COVID-19 DI PIMPINAN RANTING PEMUDA MUHAMMADIYAH BANDAR PULAU PEKAN. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 30-40.

Harfiani, R. (2021, January). LEARNING TAHFIDZUL QUR'AN AT THE EXTRAORDINARY SCHOOL" SAHABAT AL-QUR'AN" IN BINJAI. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, pp. 1-12).

Harfiani, R., & Fanreza, R. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Lesson Study Praktikum Wisata Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Media dan Sumber Belajar Di Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam UMSU. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 11(1), 135-154.

Harfiani, R., & Pasaribu, M. (2019, October). Implementasi Business Model Canvas Pada CV. Media (Penerbit dan Distributor Buku Pelajaran PAUD). In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 200-208).

Harfiani, R., Mavianti, M., & Tanjung, E. F. (2020, January). Practical Application Of Inclusive Education Programs In Raudhatul Athfal. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, pp. 333-339).

Hermawan, Ajib, Pendidikan Islam Kontemporer, didapat dari gadis gig ikelinci.blogspot.com. [ home page on-line ] internet (diakses tanggal 04 maret 2021). http://digilib.uinsg.ac.id/24444/4/4_bab1.pdf [home page on-line] internet.

Implikasinya dalam Pendidikan Islam Kontemporer, dalam Didaktika, Vol.17.

Kartika, Tika. Manajeman pembelajaran Tahfizhul Quran Berbasis Metode Talaqqi, Dalam Isema,Vol.IV.2019.

Kasman, Adi, Pendidikan Madrasah Menjadi Sub Sistensi Pendidikan Nasional, (Banda Aceh).

Khusus di Madrasah Aliyah Negeri Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/2019, Institut Agama Islam Negeri Surakarta . 2019.

Mavianti, M., & Harfiani, R. (2019). PKM Pelatihan Kader Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah Sumatera Utara Menuju Terwujudnya Kader Nasyiah Berkemajuan di Era Milenial. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Isam di Sekolah Madrasah dan Perguruan Tinggi, Depok: Rajawali Pers, 2019.

Munir, Abdul, "Dilema Pendidikan Islam Dan Guru Agama,".dalam pendidikan islam, vol.XIII.

Munirah, Petunjuk Al-Quran Tentang Belajar dan Pembelajaran, Lentera Pendidikan,No.1, Vol. 19.

Munirah, pengantar, pendiikan Islam di Indonesia Antara Keinginan dan Realita(Makassar).

Nasrudin, N., Agustina, I., Akrim, A., Ahmar, A. S., & Rahim, R. (2018). Multimedia educational game approach for psychological conditional. Int. J. Eng. Technol, 7(2.9), 78-81.

Nurkarima, R, landasan teoritis tentang pengelolaan pembelajaran tahsin dan tahfizh Al-Quran dengan metode talaqqi, didapat dari repository.unisba.ac.id (diakses pada 2021).

Nurzannah, N., Ginting, N., & Setiawan, H. R. (2020, January). Implementation Of Integrated Quality Management In The Islamic Education System. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, pp. 1-9).

Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Proses Pembelajaran , dalam Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol.1, No.2. 2013.

Pinem, R. K. B., Mavianti, M., & Harfiani, R. (2019, October). Upaya Peningkatan Kualitas Mubalighat Melalui Pelatihan Public Speaking & Styles Dakwah Pada Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumatera Utara. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 187-193).

Pransiska, Ton, Konsepsi Fitrah Manusia Dalam Sperfektif Islam dan

Purnama, Sari Dewi, Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran , dalam Islamic Counseling,No.1, Vol.1.

Qorib, M. (2017). Ahmad Syafii Maarif: Kajian Sosial-intelektual dan Model Gagasan Keislamannya. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 9(2), 66-92.

Qorib, M. (2018). Dakwah Di Tengah Pluralitas Masyarakat. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 10(2), 315-333.

Qorib, M. (2018). TEOLOGI CINTA [Implementasi Doktrin ISlam di Ruang Publik]. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Qorib, M. (2019). Aspek Sosial-Intelektual Observatorium dalam Islam. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 5(1).

Qorib, M., & Harfiani, R. (2021, January). INDEPENDENT CAMPUS POLICY IN THE NEW NORMAL ERA. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, pp. 13-20).

QORIB, M., & JULIANDI, A. (2018). ISLAMIC ORGANIZATIONAL CULTURE MODEL DALAM PERUSAHAAN BISNIS ISLAM. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Qorib, M., Akrim, A., & Gunawan, G. (2018). Pluralisme Buya Syafii Marif. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Qorib, M., Akrim, A., & Gunawan, G. (2018). Pluralisme Buya Syafii Marif. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Rudiansyah, Firman, Pengaruh Pembelajaran Tahfizhul Quran dan Minat Menghafal Al-Quran Terhadap Hasil Belajar Pendidikann Agama Islam (PAI) Peserta Didik kelas IV-VI di SD-IT Al-Banna Natar Lampung Selatan, Tesis. Lampung: Fakultas Agama Islam. 2018.

Rusliwa, Gumilar, Memahami Metode Kualitatif , dalam Makara, Vol.9.

Sitepu, J. M., & Fanreza, R. (2020, February). Relationship Between Organizational Culture To Lecturer Performance Professionalism In Islamic Religion Faculty University Of Muhammadiyah Sumatera Utara. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, pp. 658-663).

Sujiantari, Ni Kadek Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips ( Studi Pada Smp Negeri 1 Singaraja Kelas VIII Tahun Ajaran 2015/2016 ) dalam Jurnal Pendidikan Jurusan Ekonomi, No. 2,Vol. 7, 2016.

Sulasmi, E., & Akrim, A. (2020). Management construction of inclusion education in primary school. Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen.

Susianti, Cucu, Efektifitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Quran Anak Usia Dini, dalam Tunas Siliwangi, Vol,2.2016.

Tanjung, E. F. (2018, July). Improving the Quality of Religious Islamic Education Learning through Collaborative Learning Approach in Smp Al-Muslimin Pandan District Tapanuli Tengah. In Proceedings of the 5th International Conference on Community Development (AMCA 2018) (Vol. 231, pp. 205-7).

Tanjung, E. F., & Harfiani, R. (2020, February). The Role Of Islamic Religious Education In Overcoming The Negative Influence Of Technology On Students SMK Muhammadiyah. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, pp. 532-542).

Taufik, Bekti, Efek Metode Pembelajaran Tahfizul Quran Terhadap Prestasi Belajar Tahfizul Quran, dalam Attarbiyah, Vol. 1, hal. 220.

Trianto, Eko, et al, Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Memanfaatkan Media

Wicakson, usilo, Manajemen Pembelajaran Tahfizh Al-Quran pada Program

Yacob, M Konsep Manajemen Dalam Perspektif Al-Qur,an , dalam Jurnal Ilmiah, No. 1, Vol. 14.

Zailani, Z., & Ginting, N. (2019). Pembinaan Pelaksanaan Fardu Kifayah dan Pelatihan Imam Anggota Muhammadiyah (Studi Pimpinan Cabang Muhammadiyah Medan Deli). IHSAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats