Permasalahan Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MTSPN4 Medan

Dhea Syafitri

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah mengetahui problematika pembelajaran pendidikan agama islam di masa pandemi covid-19 di MTSPN 4 Medan, menghadapi kendala saat melaksanakan proses pembelajaran pendidikan agama islam di masa pandemi covid-19 di MTSPN 4 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika pembelajaran pendidikan agama islam di masa pandemi covid-19 di MTSPN 4 Medan, untuk mendeskripsikan kendala yang di hadapi saat melaksanakan proses pembelajaran pendidikan agama islam di masa pandemi covid-19 di MTSPN 4 Medan. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif. Penelitian ini di lakukan dengan pengumpulan data yaitu: observasi,wawancara,angket. Subjek penelitian kelas VII-2 MTSPN 4 Medan. Hasil penelitian yang di peroleh yaitu problematika pembelajaran pendidikan agama islam khususnya pada mata pelajaran AL-Quran Hadist di MTSPN 4 Medan. Memberikan semangat kepada siswa siswi dalam pembelajaran walaupun di masa pandemi saat ini dan memberikan mereka motivasi agar lebih giat lagi dalam belajar.

Kata kunci: Problematika Pembelajaran, pendidikan agama islam,covid-19


Full Text:

PDF

References


Akrim, A., & Sulasmi, E. (2020). Student perception of cyberbullying in social media. Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen.

Akrim, A., Nurzannah, N., & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru SD Muhammadiyah Di Kota Medan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Amini, A., & Ginting, N. (2020). Otonomi Pendidikan di Masa Krisis Pandemi Covid-19 (Analisis Peran Kepala Sekolah). Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 5(2), 305-314.

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Butar-Butar, A. J. R. (2017). Khazanah Peradaban Islam di Bidang Turats Manuskrip (Telaah Karakteristik, Konstruksi dan Problem Penelitian Naskah-naskah Astronomi). Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 1(1).

Butar-Butar, A. J. R. (2017). Mengenal Karya-Karya Ilmu Falak Nusantara; Transmisi, Anotasi, Biografi. LKIS PELANGI AKSARA.

Butar-Butar, A. J. R. (2020). Esai-Esai Astronomi Islam. KUMPULAN BUKU DOSEN.

Butar-Butar, A. J. R., & Raisal, A. Y. ASTRONOMI ISLAM.

Butar-Butar, A. J. R., & Setiawan, H. R. (2018). Pengakurasian Arah Kiblat Di Lingkungan Cabang Muhammadiyah Medan Denai. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 4(1).

Damayanti, R. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Menyelesaikan Skripsi Pada Situasi Pandemi Covid-19 Tesis. Medan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.UMSU.

Fanreza, R. (2019, October). The Formation of Students Akhlakul Karimah and Al-Islam and Muhammadiyah Studies at The Muhammadiyah University of Sumatera Utara. In 6th International Conference on Community Development (ICCD 2019) (pp. 455-457). Atlantis Press.

Fanreza, R., & Kasduri, M. (2021, February). MUHAMMADIYAH STRATEGIC STEPS IN OVERCOMING THE COVID PANDEMIC 19. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, pp. 898-905).

Ginting, N., Pradesyah, R., Amini, A., & Panggabean, H. S. (2021). MEMPERKUAT NALAR TEOLOGI ISLAM MODERAT DALAM MENYIKAPI PANDEMI COVID-19 DI PIMPINAN RANTING PEMUDA MUHAMMADIYAH BANDAR PULAU PEKAN. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 30-40.

Harfiani, R. (2021, January). LEARNING TAHFIDZUL QUR'AN AT THE EXTRAORDINARY SCHOOL" SAHABAT AL-QUR'AN" IN BINJAI. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, pp. 1-12).

Harfiani, R., & Fanreza, R. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Lesson Study Praktikum Wisata Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Media dan Sumber Belajar Di Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam UMSU. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 11(1), 135-154.

Harfiani, R., & Pasaribu, M. (2019, October). Implementasi Business Model Canvas Pada CV. Media (Penerbit dan Distributor Buku Pelajaran PAUD). In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 200-208).

Harfiani, R., Mavianti, M., & Tanjung, E. F. (2020, January). Practical Application Of Inclusive Education Programs In Raudhatul Athfal. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, pp. 333-339).

Hidayah, S.N. (2020). Peranan Guru PAI Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Muhammadiyah Plud Salatiga. Tesis.Salatiga: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Salatiga.

Juliani, & Pasaribu, M. (2021). Learning In The Covid Era And The Changes In Teaching And Learning Methods At Mts NII Medan. Dalam jurnal proceeding international seminar on islamic studies, 2(1).

Lubis,S.A., & Nasution, W.N. (2018). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negri 064025 Kecamatan Medan Tuntungan. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan UINSU, 2(1)

Lumaksono, S. (2011). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Neger II Kandangwangi Kecamatan Wanadadi Kabupaten Banjarnegara. Tesis. Purwokerto. Fakultas Pendidikan Agama Islam.UI.

Majid, A., & Adayani, D. (2004). Pendidikan Islam Berbasis Kompetensi Konsep Dan Implementasi Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Posdakarya.

Mavianti, M., & Harfiani, R. (2019). PKM Pelatihan Kader Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah Sumatera Utara Menuju Terwujudnya Kader Nasyiah Berkemajuan di Era Milenial. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Nasrudin, N., Agustina, I., Akrim, A., Ahmar, A. S., & Rahim, R. (2018). Multimedia educational game approach for psychological conditional. Int. J. Eng. Technol, 7(2.9), 78-81.

Nurzannah, N., Ginting, N., & Setiawan, H. R. (2020, January). Implementation Of Integrated Quality Management In The Islamic Education System. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, pp. 1-9).

Pinem, R. K. B., Mavianti, M., & Harfiani, R. (2019, October). Upaya Peningkatan Kualitas Mubalighat Melalui Pelatihan Public Speaking & Styles Dakwah Pada Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumatera Utara. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 187-193).

Qorib, M. (2017). Ahmad Syafii Maarif: Kajian Sosial-intelektual dan Model Gagasan Keislamannya. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 9(2), 66-92.

Qorib, M. (2018). Dakwah Di Tengah Pluralitas Masyarakat. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 10(2), 315-333.

Qorib, M. (2018). TEOLOGI CINTA [Implementasi Doktrin ISlam di Ruang Publik]. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Qorib, M. (2019). Aspek Sosial-Intelektual Observatorium dalam Islam. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 5(1).

Qorib, M., & Harfiani, R. (2021, January). INDEPENDENT CAMPUS POLICY IN THE NEW NORMAL ERA. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, pp. 13-20).

QORIB, M., & JULIANDI, A. (2018). ISLAMIC ORGANIZATIONAL CULTURE MODEL DALAM PERUSAHAAN BISNIS ISLAM. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Qorib, M., Akrim, A., & Gunawan, G. (2018). Pluralisme Buya Syafii Marif. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Qorib, M., Akrim, A., & Gunawan, G. (2018). Pluralisme Buya Syafii Marif. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Sitepu, J. M., & Fanreza, R. (2020, February). Relationship Between Organizational Culture To Lecturer Performance Professionalism In Islamic Religion Faculty University Of Muhammadiyah Sumatera Utara. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 1, No 1,pp. 658-6).

Sulasmi, E., & Akrim, A. (2020). Management construction of inclusion education in primary school. Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen.

Tanjung, E. F. (2018, July). Improving the Quality of Religious Islamic Education Learning through Collaborative Learning Approach in Smp Al-Muslimin Pandan District Tapanuli Tengah. In Proceedings of the 5th International Conference on Community Development (AMCA 2018) (Vol. 231, pp. 205-7).

Tanjung, E. F., & Harfiani, R. (2020, February). The Role Of Islamic Religious Education In Overcoming The Negative Influence Of Technology On Students SMK Muhammadiyah. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, pp. 532-542).

Zailani, Z. (2020). [HAKI] Mendidik ANak Dengan Akhlak. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Zailani, Z. (2020). [HAKI] The Thinking Of Islamic Education. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Zailani, Z. (2020). HAKI (Egoisme Beragama_Egoisme beragama ok (1) _2IN1 (1)). Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Zailani, Z. (2020). HAKI (Tradisi Sufi di Sekolah_TRADISI SUFI DI SEKOLAH ok (1) _2IN1). Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Zailani, Z. (2020). HAKI (Tradisi Sufi di Sekolah_TRADISI SUFI DI SEKOLAH ok (1) _2IN1). Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Zailani, Z. (2020). Peran dan Kontribusi Oif UMSU. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Zailani, Z., & Ginting, N. (2019). Pembinaan Pelaksanaan Fardu Kifayah dan Pelatihan Imam Anggota Muhammadiyah (Studi Pimpinan Cabang Muhammadiyah Medan Deli). IHSAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Zailani, Z., & Karsae, A. B. (2018). The Thinking Of Islamic Education Renewal In The Perspective Of Mr. Haji Sulong Al-Fathoni. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 10(2), 349-372.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats