Dampak Kepribadian Dan Penghasilan Nasabah Terhadap Komitmen Pengembalian Dana Pembiayaan Mudharabah Di BPRS Al-Washliyah Krakatau Medan

Cici Pebriani Rambe

Abstract


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda dan pendekatan deskriptif. Jumlah nasabah yang dijadikan sampel dengan menggunakan rumus slovin adalah 60 orang dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan regresi linear berganda, uji normalitas, uji validitas, uji realibilitas, uji multikolinearitas, uji heteroskodastisitas, uji hipotesis dan uji determinasi. Hasil penelitian ini berdasarkan hasil pengujian secara parsial dan hasil koefisien diperoleh dengan nilai t hitung -0,288 < dari 2,002 dan dengan signifikan 0,774 > 0,05. Berarti Ha ditolak (Ho diterima). Hal ini menunjukkan bahwa kepribadian secara parsial tidak berpengaruh terhadap komitmen pengembalian dana pembiayaan. Berdasarkan hasil pengujian secara parsial hasil koefisien diperoleh dengan nilai t hitung -1,076 < dari 2,002 dengan signifikan 0,287 > 0,05. Berarti Ha ditolak (Ho diterima). Hal ini bahwa pendapatan nasabah secara parsial tidak berpengaruh terhadap komitmen pengembalian dana pembiayaan. Dari uji Annova pada tabel diatas diperoleh nilai F hitung sebesar 0,605 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,00. Sedangkan F tabel adalah 3,156 dengan nilai signifikan ? = 5% adalah 3,156. Berdasarkan hal tersebut F hitung < F tabel (0,605 < 3,156) Ha ditolak (Ho diterima). Jadi dapat disimpulkan bahwa variabel kepribadian dan pendapatan nasabah secara simultan tidak berpengaruh dan signifikan terhadap komitmen pengembalian dana pembiayaan mudharabah.

Kata Kunci : Kepribadian, Pendapatan Nasabah, Komitmen Pengembalian Dana Pembiayaan


Full Text:

PDF

References


Ascarya, Akad dan Produk Bank Syariah, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008).

Bara, A. L., & Pradesyah, R. (2019). Analysis of The Management of Productive Zakat At The Muhammadiyah, City of Medan. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, pp. 617-623).

Dewi Gemala, Aspek-aspek Hukum dalan Perbankan dan Peransuransian syariah di Indonesia, (Jakarta: Kencana Prenada Media Goup, 2005).

FATWA DEWAN SYARIAH NASIONAL NO: 07/DSN-MUI/IV/2000 Tentang PEMBIAYAAN MUDHARABAH (QIRADH).

Hans Kartikahadi, DKK. Akuntansi Keuangan berdasarkan SAK berbasis IFRS. Jakarta :Salemba, 2012.

Hasanah, U., & Sihotang, M. K. (2020). Pemanfaatan Tabungan Haji Dan Umrah Bank Muamalat Oleh PT. Sabrina Al-Fikri Dalam Menjaring Nasabah Di Kota Medan. AGHNIYA: Jurnal Ekonomi Islam, 3(1).

Hendry Arrison, Perbankan Syariah, (Jakarta; Muamalah Institute, 1999).

Juliandi, A. (2014). Paramater Prestasi Kerja Dalam Perspektif Islam. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 14(01).

Juliandi, A., Manurung, S., & Satriawan, B. (2018). Mengolah data penelitian bisnis dengan SPSS. Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah AQLI.

Kasmir. Manajemen Perbankan. Jakarta: Rajawali Pers, 2010.

Kirana, Martha Analisis Pengaruh Komitmen Akad Terhadap Pengembalian Pembiayaan Pada Bank Syariah (Studi Kasus Bank Syariah Di Kota Bogor), 2018.

Muhammad, Manajemen Dana Bank Syariah (Jakarta: Graha Ilmu, 2013).

Muslih, Analisis Pembiayaan Mudharabah Terhadap Peningkatan Laba Bersih Pada PT. Bank Pengkreditan Rakyat Syariah Amanah Insan Cita William Iskandar Medan. Jurnal IlmiahManajemen & Bisnis. No.1 Vol.18. 2017

Nafan, Pembiayaan Musyarakah Dan Mudharabah, Graha Ilmu (Yogyakarta, 2014)

Pradesyah Riyan, Mudharabah Di Era New Normal. 2021

Pradesyah, R. (2017). Analisis Pengaruh Nilai Tukar Rupiah dan Laba Bersih Terhadap Kinerja Harga Saham Bank Panin Syariah. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 8(2), 101-119.

Pradesyah, R. (2017). Analisis Pengaruh Non Performing Loan, Dana Pihak Ketiga, Terhadap Pembiayaan Akad Mudharabah di Bank Syariah. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 9(1), 93-111.

Pradesyah, R. (2018). Analisis Penerapan Fatwa MUI Wisata Halal (Studi Kasus Hotel Syariah Medan). Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 10(2), 334-348.

Pradesyah, R. (2018). Analisis Perkembangan Akad-Akad Di Bank Syariah. Aghniya: Jurnal Ekonomi Islam, 1(1).

Pradita, Dandy Wahyu Bima, 2013. Analisis Karakteristik Debitur yang Mempengaruhi Tingkat Pengembalian Kredit Guna Menanggulangi Terjadinya Non Performing Loan. RajaGrafindo Persada, 2011).

QORIB, M., & JULIANDI, A. (2018). ISLAMIC ORGANIZATIONAL CULTURE MODEL DALAM PERUSAHAAN BISNIS ISLAM. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Rahmawati, R., & Rochintaniawati, D. (2021). Thinking Disposition Profile of Class XI IPA Students in a Palembang School. ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 2(2), 78-82.

Rahmayati, R. (2020). Strategi Peningkatan Portofolio Pembiayaan Melalui Syndicated Financing Di Bank Syariah Kota Medan. AGHNIYA: Jurnal Ekonomi Islam, 2(2).

Suliyanto, Ekonometrika Terapan: Teori dan Aplikasi dengan SPSS (Yogyakarta: Andi, 2011).

Sutojo, Siswanto. Strategi Manajemen Kredit Bank Umum. Jakarta: Dasar Mulia Pustaka, 2000.

Umam Khaerul, Manajemen Perbankan Syariah, (Yogyakarta: Pustaka Setia, 2016).

Wangsawidjaja. Z, Pembiayaan Bank Syariah, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,2013).

Zarniwati, Eka, Wendi Boy, ST.MM, Yulasmi, SE. MM., (2013). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi, dan Penanganan Keluhan Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Pada Nasabah PT. BNI (Persero) Tbk. Cabang Padang).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats